Cara Ubah SMS Token ke Mobile Token Bank Permata

Cara Ubah SMS Token ke Mobile Token Bank Permata PermataNet
PermataNet

Teknologi autentikasi melalui jalur short messenger (SMS) masih digunakan beberapa perusahaan perbankan dalam memverifikasi setiap transaksi sebut saja Bank BRI dan Bank Permata saat nasabah transaksi finansial contohnya transfer saldo. Metode ini bisa dibilang sudah lawas ditambah lagi biayanya relatif mahal.

Saya katakan mahal karena masih berlaku biaya SMS di mana tarifnya tidak jauh beda dengan SMS banking rata-rata oporator telekomunikasi membebankan biaya Rp550 untuk sekali SMS yang dikirim dan diterima. Metode ini kadang juga menimbulkan masalah transaksi terhambat oleh sebab SMS respon berisi kode autentikasi tidak diterima bahkan tidak jarang mengakibatkan transaksi harus diulang.

Inilah kemudian perusahaan perbankan secara bertahap mulai meninggalkan metode autentikasi melalui layanan SMS Token termasuk Bank Permata menyediakan metode melalui aplikasi Mobile Token Bank Permata. Sayangnya saat postingan ini dipublish smartphone dengan sistem operasi iOS yang cukup populer belum didukung namun tersedia untuk sistem operasi Android.

Kita bisa ubah dari SMS Token ke Mobile Token Bank Permata melalui layanan internet banking PermataNet. Berikut ini langkah-langkah cara ubah SMS Token ke Mobile Token Bank Permata:

Pertama, kita bisa akses website resmi internet banking PermataNet Bank Permata baik menggunakan perangkat komputer atau web browser di smartphone https://new.permatanet.com.


Kedua, di halaman PermataNet perhatikan pada formulir login di bagian bawahnya ada keterangan "Register di sini" silakan klik.


Kita akan ditampilkan pilihan registrasi permata e-banking centang pada kotak "PermataNet" kemudian klik "Registrasi Permata E-banking"

Kita akan ditampilkan informasi pop up silahkan klik "Ok"


Berikutnya silahkan isi formulir registrasi Permata e-banking pendaftaran baru di internet banking PermataNet masukkan nomor rekening dan PIN kartu debit atau kartu ATM kemudian masukkan kode keamanan yang ditampilkan pada halaman lalu klik "Lanjutkan"


Halaman berikutnya pilih nomor HP yang akan digunakan sebagai autentikasi di layanan internet banking PermataNet, tekan "Lanjutkan"

Lalu kita harus menyetujui syarat dan ketentuan dengan cara centang pada kotak "Saya telah membaca, memahami, dan menyetujui syarat dan ketentuan PermataNet". Lalu klik "Setuju"


Di halaman berikutnya kita diminta memasukkan kode registrasi atau kode respon dikirim ke nomor telepon yang tadi dipilih silakan diinput jika belum menerima kode klik tombol "Kirim ulang kode registrasi" setelah berhasil di infus tekan tombol "Lanjutkan"


Dan di halaman terakhir disinilah kita memilih tipe otentikasi silakan pilih Mobile Token dan pilih tipe handphone yang kita gunakan tersedia untuk BlackBerry, Android, dan Java MIDP. Kemudian klik tombol "Lanjutkan"


Sampai disini kita sudah berhasil ubah SMS Token ke Mobile Token di layanan Bank Permata khususnya untuk transaksi internet banking PermataNet baik melalui website atau aplikasi Permata Mobile X.

Dan ketiga, kita masih harus melakukan beberapa langkah lagi untuk aktivasi aplikasi Mobile Token Bank Permata. Setelah berhasil ubah di internet banking kita akan menerima sebuah SMS yang berisi link download aplikasi Mobile Token Bank Permata silakan klik link tersebut secara otomatis web browser melakukan download. Kita tinggal install hasil download aplikasi tersebut lalu buka aplikasi Mobile Token Bank Permata.

Pertama kali aplikasi langsung menampilkan tombol registrasi silahkan tekan tombol "Registration" biasanya smartphone akan meminta izin untuk akses mengirim SMS ke 3399 silahkan izinkan. Selanjutnya sebuah SMS berisi kode aktivasi masuk ke inbox.

Input kode activation key yang ada di dalam SMS di aplikasi Mobile Token Bank Permata selanjutnya tekan "Ok" jika kode sesuai kita akan diminta membuat PIN baru untuk akses ke aplikasi Mobile Token Bank Permata silakan buat kemudian tekan "Ok"

Sampai disini kita sudah berhasil melakukan aktivasi aplikasi Mobile Token Bank Permata dengan keterangan "Activation successful" ditampilkan oleh aplikasi dan siap digunakan untuk transaksi.

Baca juga: Penyebab Internet Banking BRI Sering Terblokir

Jadi seperti itu cara ubah SMS Token ke Mobile Token Bank Permata di layanan internet banking PermataNet tentu saja ini bisa menghemat banyak pulsa apalagi nasabah dengan frekuensi transaksi finansial relatif banyak. Jika ada yang merasa kurang jelas membaca dalam bentuk artikel bisa lihat versi video di bawah.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Ubah SMS Token ke Mobile Token Bank Permata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel