Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Mengapa Meter PLN Diblokir Tidak Bisa Beli Token Pulsa Listrik

Penyebab Mengapa Meter PLN Diblokir Tidak Bisa Beli Token Pulsa Listrik - Akhir-akhir ini banyak masyarakat pelanggan listrik PLN khususnya pelanggaran prabayar yang biasa disebut dengan penggunaan listrik pintar mengeluhkan tidak bisa melakukan pembelian token pulsa listrik baik itu di konter pulsa maupun jaringan PPOB.

Tidak sedikit dari mereka yang mempertanyakan mengapa tidak bisa melakukan pengisian pulsa listrik PLN dan ketika diproses oleh penjual token data tidak muncul dimana biasanya tertera nama pemilik, kategori, dan daya pada meteran PLN tersebut.

Penyebab Mengapa Meter PLN Diblokir Tidak Bisa Beli Token Pulsa Listrik
Penyebab Mengapa Meter PLN Diblokir Tidak Bisa Beli Token Pulsa Listrik

Lalu pertanyaannya "Mengapa id atau nomor meter PLN tersebut diblokir sehingga tidak bisa melakukan pembelian token pulsa listrik, Apa penyebabnya?"

Dari informasi yang saya peroleh ketika menghubungi call center PLN di nomor 123 terkait nomor meter yang terblokir dan tidak bisa melakukan pembelian token pulsa kebanyakan terjadi karena adanya tunggakan pembayaran tagihan di masa lampau.

Kenapa bisa terjadi tunggakan padahal menggunakan listrik prabayar?

Mungkin pelanggan PLN prabayar masih ingat khususnya yang dulu menggunakan sistem pasca bayar kemudian melakukan migrasi menjadi prabayar ditawarkan oleh pemerintah ketika itu bahkan ada iming-iming jika dayanya dinaikkan dari 900 maupun 450 VA ke daya yang lebih tinggi seperti 1300 VA tidak akan dikenakan biaya administrasi alias gratis.

Nah... ketika masa migrasi tersebutlah terjadi miss counting oleh pihak PLN dan baru saat ini hal tersebut terungkap sehingga dijadikan tunggakan dan tagihan kepada pelanggan yang sudah melakukan migrasi ke prabayar.

Jika saya perhatikan dari para tetangga jumlah tunggakan tersebut nominalnya bervariasi mulai dari Rp7.500 sampai Rp17.000. Tidak tahu pasti bagaimana angka tersebut dikalkulasi perkiraan mungkin berdasarkan berapa hari dulu proses migrasi dari pascabayar ke prabayar.

Jika ini merupakan miss counting atau kesalahan kalkulasi oleh pihak PLN lalu mengapa pelanggan yang menanggung beban atau ganti rugi biaya listrik tersebut?

Inilah yang masih belum saya temukan jawabannya apa lagi sebagian besar pelanggan PLN yang dulu melakukan migrasi sudah lupa bahkan tidak tahu menahu mengapa mereka harus membayar kekurangan biaya tagihan listrik terdahulu. Belum lagi beberapa di antara mereka merasa biaya tersebut cukup besar bersamaan dengan naiknya tarif listrik khususnya golongan rumah tangga daya 900 VA.

Bagaimana solusi jika nomor meter PLN terblokir dan tidak bisa beli pulsa?

Silahkan hubungi call center PLN di nomor 123 atau (kode area) 123. Jelaskan bahwa Anda tidak bisa membeli token pulsa listrik untuk PLN prabayar lalu sebutkan ID pelanggan atau nomor PLN beserta nama lengkap pemilik meteran.

Petugas akan melakukan pengecekan pada sistem apakah ID atau nomor meteran diblokir karena melakukan pelanggaran atau terjadi kekurangan biaya listrik sebelumnya seperti yang kita bahas di atas tadi.

Jika memang terjadi tunggakan tagihan biaya listrik yang belum terbayar anda akan diberikan nomor tagihan biasanya berjumlah 13 digit angka. Pelanggan juga diinformasikan tempat yang bisa dilakukan untuk melakukan pembayaran di antaranya kantor Pos dan mitra jaringan PPOB seperti minimarket Indomart dan Alfamart. Segera lakukan pembayaran agar Anda bisa melakukan pembelian token pulsa listrik.

Baca juga: Tarif Listrik Golongan R1M Daya 900 VA di Badung

Butuh waktu sekitar 1 jam setelah pelanggan melakukan pembayaran untuk bisa membeli token pulsa listrik karena sistem secara online membutuhkan waktu agar terbaca oleh server bahwa pelanggan telah melunasi tunggakan.

Jadi itulah penyebab mengapa meter PLN diblokir tidak bisa beli token pulsa listrik.

36 komentar untuk "Penyebab Mengapa Meter PLN Diblokir Tidak Bisa Beli Token Pulsa Listrik"

  1. yang salah siapa yg bayar siapa ,oh indonesiaku yg tercinta ,kalau pegawai pln seperti itu buata apa di gaji mahal2 samapa 8jt ,sudah suruh migrasi mbayar lagi migasinya trus di blokir katanya ada tunggakan gobolok-goloblok sekali pegawai pln

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa mas, buat gantikan uang yg di korupsi sama atasannya PLN...

      Hapus
    2. Betul....ini aq baru ngalamin tunggakan ditanyakan pln cm 4rb'an....trus skr bingung byr transfer nominal segitu gak bisa.....aneh org2 pln ini knp kok ndak pas migrasi diseleseikan semua...udh jln 2bln tiba2 diblokir

      Hapus
    3. Bisa bayar menggunakan aplikasi Mobile Banking atau di minimarket terdekat. Katakan bayar PLN non tagihan.

      Hapus
    4. AQ PX masalh yg sama.sbnrx BKN Krn nunggak.keamrin tu ada ganti meteran.krn ada slh satu tombol yg rusak yaitu angka 5 of meteran sblmx.

      Hapus
  2. Saya gk ngerti, ada tunggakan bagaimana...kan beli pakai pulsa,gk ada jatuh tempo atau masa tenggang..

    BalasHapus
  3. Dasar PLN mw cari duit nya ini, gk masuk di akal harus bayar tunggaan, sementara kan pulsa gk ada masa tenggang nya.. Kcuali tadi meteran biasa gk di bayar bulanan ny kenak denda.. 🤔🤔

    BalasHapus
  4. Saya GK merasa punya tunggakan... Kok di blokir... Plsa nya kan gak da masa tenggang, klo habis pulsa nya lampu nya langsung mati.... Kecuali plsa habis lampu ttep nyala.... Aneh2 aja orang ngerti sayah🤦🙅

    BalasHapus
  5. Yg salah pegawai2 pln yg harus nanggung yg punya rmh kalau memang masih ada tunggakan dari meter sebelumnya jgn diperbolehkan untuk migrasi ketoken

    BalasHapus
  6. Saya Baru pasang kok ad tunggakan? Listrik yg mana? Knpa kok d blok

    BalasHapus
  7. pln harus evaluasi diri/ngeunteung

    BalasHapus
  8. Ini yang namanya jebakan utk rakyat jelata agar tambah miskin

    BalasHapus
    Balasan
    1. mgkin itu salah satu strategi ,,,,,,,

      Hapus
  9. Saya tidak pernah punya tunggakan soal pengisian pulsa pln saya saja baru 2 tahun pakai pln prabayar knp ada tunggakan?aneh y petugas pln cara cari uang ny knp token milik kita yg di blokir

    BalasHapus
  10. Saya tidak pernah punya tunggakan soal pengisian pulsa pln saya saja baru 2 tahun pakai pln prabayar knp ada tunggakan?aneh y petugas pln cara cari uang ny knp token milik kita yg di blokir

    BalasHapus
  11. Aturan yg membuat sy bingung ini tejdi di rumah org tua sy. Bpk" yg terhormat tolong dong klw buat aturan yg bsa di pahami oleh masarkat awam seperti kmi tks

    BalasHapus
  12. Tagihan 2017 kenapa baru 2021 diblokir gak masuk akal kenapa gak ada pihak yg datang atau surat kalo saya punya tunggakan,tiba tiba diblokir suruh bayar 17 juta gila aja ni PLN ga jelasssssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagai mana cara memviralkan kecurangan pihak PLN seperti ini yg selalu merugikan rakyatnya

      Hapus
  13. Ko sama ada tagihan tunggakan

    BalasHapus
  14. PLN bermasalah.
    Jawaban dr 123 juga ga ada pertanggung jawabannya

    BalasHapus
  15. timana duit sagede kitu kudu mayar tunggakan

    BalasHapus
  16. Dan hari ini terjadi juga dengan kami...pihak PLN bilang ada tunggakan hampir 300 blm dibayar...
    Hallo PLN....tunggakan apa ??????
    Klo blm bayar ngg' mungkin token Prabayar dipasang n selama 1bln bisa ngisis Pulsa .....

    BalasHapus
  17. Waduh parah nih sampe di blok gini

    BalasHapus
  18. Mohon maaf, seharusnya kalau misal emang ada tagihan susulan itu konfirmasi ke kita atau ke pihak yang suka ngecek token listrik nya sehingga tidak terjadi yang namanya blokir, ini mis komunikasi antara perusahaan dan pekerjanya sehingga ada keterlambatan pembayaran buat pelanggan.

    BalasHapus
  19. Knpa selalu menyusahkan terus sih.. mau bayar tagihan sebelumnya aja ga bisa dicari lewat Tokopedia ataupun Shopee (biasa bayar dari sana) knpa ga muncul tagihannya.. boro" mau datang ke kantor PLN, saya tidak ada waktu buat dtg ksna karna waktu kerja

    BalasHapus
  20. Kok aneh ya saya sudah bayar migrasi dan pelunasan 2bln sblm gnti meteran token malah sekarang katanya ada tunggakan 190k dan diblokir gk bisa isi tokennn 🤭🤭

    BalasHapus
  21. Token saya di blokir gr2 tidak pernah beli token apa salah saya knp pln tdk kasih tahu pelanggan slm setahun harus dpt bli token

    BalasHapus
  22. PLN BOBROK PARA PEJABATNYA, KOLUSI, KORUPSI... PIKIR PAKAI OTAAAAAAK. TODAY SEPT 2022 TOKEN DIBLOKIR. SAAT MIGRASI DI 2013 SUDAH TIDAK ADA TUNGGAKAN APAPUN, DAN LOGIKANYA MANA BISA MIGRASI KE TOKEN KALO MASIH ADA TUNGGAKAN SEBELUMNYA DI PASCABAYAR!!! MANAGEMENT BOBROK.. RAKYAT YG BAYAR GAJI ANDA HEIII PEJABAT PLN SEMUA. SUDAH 9 TAHUN DARI MIGRASI. PAK JOKOWI tolong bereskan pekerja anda model bobrok management seperti ini. KAMI rakyar yg dirugikan. Kami rakyat yang bayar gaji pejabat pemerintahan. Tapi begini hasil kerjanya !!!!

    BalasHapus
  23. Saya juga sama....kenapa tidak dari awal ngasih taunya....inimah pemalakan

    BalasHapus
  24. memang seperti itu,,, saya baru saja ngalamin juga,,, hari ini beli token listrik,, keterangan id di blokir <<<<<<< Sungguh memalukan kebijakan yg seperti ini sungguh tdk membantu masyarakat sama sekali ...

    semua petugas yg bersangkutan apakah "masih bisa tidur nyenyak dan merasakan makanan enak kah ,,,,,," jika masih brarti ,,,,,segera konsultasikan diri anda ke psykiater terdekat..... demi kebaikan bersama. :) salam waras

    BalasHapus