Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebih Murah Tarif Listrik Golongan R1 R1T R1M atau B1?

Lebih Murah Tarif Listrik Golongan R1 R1T R1M atau B1? - PT Perusahaan Listrik Negara atau yang lebih akrab disebut dengan PLN sebagai perusahaan terbesar penyuplai listrik bagi masyarakat Indonesia baik dengan sistem pasca bayar maupun prabayar memberlakukan biaya tagihan maupun tarif berbeda sesuai dengan kategori pelanggan.

Ada beberapa kategori yang ditetapkan seperti golongan sosial ditandai dengan huruf S, golongan rumah tangga R, dan golongan bisnis B.

Lebih Murah Tarif Listrik Golongan R1 R1T R1M atau B1?
Lebih Murah Tarif Listrik Golongan R1 R1T R1M atau B1?

Yang paling banyak digunakan oleh masyarakat tentu saja golongan rumah tangga R. Dari sini tidak jarang pelanggan bertanya-tanya dari 3 golongan tersebut mana yang memiliki tarif paling hemat?

Perlu kita ketahui golongan rumah tanngga dibagi lagi dalam beberapa kategori yaitu rumah tangga reguler atau biasa ditulis R1, listrik PLN golongan rumah tangga tidak mampu ditandai dengan R1T, dan golongan listrik PLN rumah tangga mampu ditulis R1M.

Dari tiga golongan di atas tentu saja tarif listrik yang paling murah diberikan kepada rumah tangga tidak mampu R1T. Sebagai contoh pelanggan yang menggunakan daya 900 VA gol R1T ketika membeli token pulsa listrik PLN akan mendapatkan KWH lebih banyak dibandingkan dengan daya 900 VA gol R1M.

Saya sendiri adalah penggunaan listrik PLN pasca bayar daya 900 VA gol R1M sejak 3 bulan terakhir dimulai dari awal tahun 2017 terus terjadi peningkatan tarif dimana tahun 2016 rata-rata penggunaan listrik per bulan sebesar Rp85.000 dan terakhir bayar tagihan Pada bulan April 2017 jumlahnya sebesar Rp280.000. Sangat jauh sekali kenaikan tarif mencapai 300%.

Kebijakan penggolongan pelanggaran mampu dan tidak mampu baru diterapkan oleh pemerintah Indonesia sejak tahun 2017 karena disinyalir banyak masyarakat mampu mendapatkan subsidi listrik PLN sehingga dinilai tidak tepat sasaran.

Tapi pada beberapa pelanggan pernah saya temui di mana tergolong rumah tangga mampu R1M tetapi mendapatkan jumlah KWH cukup banyak atau bisa dibilang lebih banyak dibandingkan dengan R1 biasa ketika membeli token pulsa listrik PLN prabayar.

Lebih Murah Tarif Listrik Golongan R1 R1T R1M atau B1?
Contoh Harga per KWH gol R1M Rp200.000 (Beda Wilayah Beda Tarif)

Saya belum memahami bagaimana PLN mengkalkulasi tarif listrik di atas atau harga per KWH. Bebas setiap daerah berbeda tarif ditentukan dari besaran pajak yaitu pajak penerangan dan jalan dimana setiap daerah persentasenya bervariasi.

Selalu Bagaimana jika golongan rumah tangga dibandingkan dengan golongan bisnis?

Pelanggan listrik PLN golongan bisnis biasanya ditandai dengan huruf B1 atau B2. Jika ingin masuk ke golongan bisnis pelanggan wajib menggunakan daya di atas 1300 VA yaitu mulai dari 2200 VA. Dan sesuai dengan kebijakan pemerintahan bagi pelanggan yang masuk golongan bisnis akan mendapatkan subsidi dan itu artinya tarif listrik atau harga per KWH yang didapatkan lebih murah.

Mengapa demikian? Sedikit sudah saya ulas di postingan sebelumnya silahkan baca Cara Migrasi Listrik PLN Golongan R1 ke B1 Lebih Hemat.

Jadi untuk golongan listrik rumah tangga tarif yang paling murah adalah golongan rumah tangga tidak mampu atau R1T. Tetapi jika dibandingkan dengan golongan bisnis harga per KWH lebih murah golongan bisnis.

22 komentar untuk "Lebih Murah Tarif Listrik Golongan R1 R1T R1M atau B1?"

  1. Kalo mau pindah golongan caranya gimana ya??? Saya termasuk r1m yg rata2 bayar 50-70rb/bln tapi semenjak ada kenaikkan tarif menjadi 200-270rb/bln dan ini sangat memberatkan... padahal listrik rumah dipake malam untuk istirahat... siang meteran saya matikan tapi tetap saja tagihan bengkak...

    BalasHapus
  2. Mw turunin daya dr 1300 R1T ke 900....eh kodenya malah R1M....nurunin daya kan Krn ga mampu lagi dg yg besar eh malah di kasih RumahTangga MAMPU....
    Bgmnanihpln....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masuk ke golongan tidak mampu saat ini dibutuhkan surat keterangan tidak mampu dari kepala daerah setempat lalu diteruskan ke dinas sosial baru diproses oleh PN.

      Hapus
    2. Emank tak acongi jempol bwt PLN, udh jelas2 kta sbg pelanggan hampir terseok seok byr tiap bulan. Mau nurunin daya az smpi minta surat keterangan. Nunggak 2 bulan d cabut kwh., emang dasar loouuu

      Hapus
  3. saya mau pindah golongan dari R1M menjadi tidak mampu cz sangat berat buat saya apalgi kondisi skrg

    BalasHapus
  4. Aqu ngajuin ke kelurahan untuk non subsidi kok sulit banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi dari non subsidi menjadi subsidi salah satunya surat keterangan tidak mampu yang diteruskan ke dinas sosial lalu lanjut ke pihak PLN.

      Hapus
    2. Apa bila tinggal jauh dari kota (dinas soosial) apakah srt keterangan cukup dari kelurahan dan kecamatan ato apakah tetap harus ke Dinas Sosial.

      Hapus
    3. Tetap harus diteruskan ke Dinas Sosial. Data yang diambil Pemerintah adalah data yang sudah ada sebelumnya jika pun ubah data sekarang kecil kemungkinan bisa menerima subsidi.

      Hapus
  5. Maaf mau nanya,rumah saya pake daya 1300,kemaren beli alat buat motong kayu,listrik jadi turun kalo dipake alatnya,kalo misalkan daya saya rubah ke 2200,tanpa memakai alat td ,apakah tagihan saya sama atau lebih mahal ya?mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu informasi update terbaru tarif listrik. Jika sebelumnya tarif 1300 itu sama dengan tarif daya diatasnya.

      Hapus
  6. tp masalah nya banyak data orang yg bersubsidi di pakai ke orang lain. saya aja baru saja pasang baru. coba saya ceck kok : NIK Anda telah terdaftar sebagai penerima Subsidi pada Sambungan Listrik (IDPEL) orang lain. kan aneh pd hal saya baru pertama pasang baru dgn nik saya. kan apakah oknum (bahasa yg sering di pakai)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkait masalah tersebut saya sarankan langsung lapor ke kantor PLN terdekat agar ditindak dan kita sebagai masyarakat bisa mendapat hak sebagai penerima subsidi.

      Hapus
    2. Min.. B1T itu trmsuk listrik dpet subsidi gk?

      Hapus
    3. Sepertinya itu dapat subsidi katagori Bisnis, harga per KWH lebih murah dibanding yang gol. Bisnis konvensional.

      Hapus
  7. Saya memakai listrik R1M 900v, tiap bulan tagihannya 200-300rb.. bagi kami pedagang sayur keliling sangat berat.

    Kalopun harus pindah ke R1 biasa prosesnya dr kelurahan sampai ke kab paten.

    Apakah prosedurnya bisa dipersingkat lagi.. karna yg tahu kita kondisi mampu apa tidak adalah Perangkat RTsampai desa dan kecamatan.

    Mohon dikaji ulang/ diadakan pembaharuan data pelanggan PLN.
    Sehingga bisa update datanya.

    Selama ini malah kebalik.. yg pegawai dapat subsidi dan yg pedagang kecil justru tidak dapat subsidi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelanggan bisa mengajukan migrasi melalui website resmi PLN. Pernah saya buatkan postingannya di sini https://www.emingko.com/2016/11/cara-migrasi-listrik-pln-golongan-r1-ke-b1-lebih-murah.html

      Hapus
  8. Listrik saya kemarin punya daya R1 /450VA terus ngk kuat jeglek terus. Dan saya menambah daya 900 RIM tapi subsidi saya jadi hilang koq bisa begitu ya..

    BalasHapus
  9. Mungkin suatu menaikkan daya masuk katagori mampu sehingga tidak lagi mendapat subsidi.

    BalasHapus
  10. Saya rumah ngontrak.di masukan katagori R1M,tiap bulan nya naik terus sampai 341,624.sya mohon penjelasannya dari pihak PLN.di sini tertera stand meter:00011403-00011636..
    Untuk pemakaian bulan 11 tahun 2021 saya memakai beban
    00011403
    00011636
    Jdi saya pakai
    233 meter PLN.
    233 x 1352=315,016+3000=318,016
    Kenapa di struk pembayarannya
    Rp.341,642.
    mohon penjelasannya bpak/atau ibu.


    BalasHapus
  11. Siang.....saya pakai 900rm...dahulu saya beli pulsa 50 dapat sekitar 72_73 kok sekarang cuma 33_34....knapa ?bisa kah balik spt dahulu....sehubungan sekarang pekerjaan saya ta tentu

    BalasHapus