Penyebab Internet Banking BRI Sering Terblokir

Penyebab Internet Banking BRI Sering Terblokir
Penyebab Internet Banking BRI Sering Terblokir

Penyebab Internet Banking BRI Sering Terblokir - Sejak tahun 2012 menggunakan layanan Internet Banking BRI belum pernah mengalami kendala serius, paling hanya gangguan sistem dan kadang juga SMS Mobile Token BRI terlambat diterima khususnya untuk autentikasi transaksi finansial.

Namun di akhir tahun 2018 User ID Internet Banking BRI sering terblokir dengan keterangan salah memasukkan password meski baru satu kali yang biasanya lebih dari 3 kali barulah kemudian User ID terblokir.

Dalam satu bulan sempat tiga kali terblokir karena alasan yang sama ditampilkan oleh aplikasi BRI Mobile Banking. Tiga kali pula mesti ke kantor cabang BRI, syukur jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah untuk buka blokir

Awalnya sempat curiga mungkin ada yang coba akses layanan Internet Banking BRI yang saya miliki, tapi nyatanya tidak ada email notifikasi biasanya diterima ketika ada aktivitas baik ketika login, transaksi, maupun logout.

Saya kemudian baru kepikiran mungkin ini karena User ID Internet Banking BRI yang saya gunakan sudah terlalu lawas jadi perlu diperbaharui. Selama ini hanya rutin ganti password untuk menjaga keamanan rekening.

Tebakan saya ternyata tidak keliru setelah login Internet Banking BRI menggunakan web browser di komputer yang memang jarang akhir-akhir ini akses menggunakan perangkat komputer. Begitu saya masuk ke halaman manajemen pengguna dibagian ubah User ID di sana muncul notifikasi keterangannya seperti dibawah ini:

Informasi Bantuan
Pastikan User ID Baru yang Anda masukkan benar.
User ID terdiri dari 12 s/d 23 digit, harus berupa karakter alfanumerik, dan tidak boleh mengandung spasi.

Kadang muncul juga pesan peringatan password yang Anda masukkan salah meskipun sudah sesuai hingga akhirnya 3x keterangan yang sama muncul dan akhirnya Internet Banking BRI terblokir.

Dan User ID Internet Banking BRI yang selama ini saya gunakan hanya berjumlah 10 digit karena kebijakan ini masih diizinkan ketika registrasi di tahun 2012 belum pernah ganti User ID sekalipun.

Dengan mengetahui kebijakan baru ini User ID Internet Banking BRI saya ganti menjadi 12 digit. Untuk penggantian User ID sangat mudah di menu utama pilih "Manajemen Pengguna" selanjutnya pilih menu ubah "User ID" berikutnya masukkan User ID baru pada kolom kemudian dibawahnya masukkan password dan kode m-Token, jika belum memiliki kode m-Token silahkan klik "Permintaan m-Token" setelah di input terakhir tekan tombol "Kirim"

Sampai disini kita telah berhasil ubah User ID Internet Banking BRI. Kita pun akan menerima email notifikasi terkait aktivitas ganti User ID.

Baca juga: Cara Instal BRI Mobile Banking di HP Baru Agar Bisa Digunakan

Bagi nasabah yang masih menggunakan User ID Internet Banking BRI di bawah 12 digit sebaiknya segera ganti karena bisa saja ini menjadi salah satu faktor mengapa User ID tersebut sering terblokir.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Penyebab Internet Banking BRI Sering Terblokir"

  1. Makasih infonya. User id ku jg masih 10 digit ni aoalnya.

    BalasHapus
  2. Setelah ganti user id, apakah sudah gak pernah terblokir gan? Sy juga sering terblokir sejak 2018. Juga curiga ada yg niat bobol akun sy. Tak tanyakan ke CS apa sebabnya kok sering terblokir, padahal gak pernah salah input pass. Eh, dia bilang gak tau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak pernah keblokir lagi mas Agus, lancar jaya. :)

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel