Kartu Debit GPN BNI Tidak Bisa Request VCN

Kartu Debit GPN BNI Tidak Bisa Request VCN
Kartu Debit GPN BNI Tidak Bisa Request VCN

Di kesempatan sebelumnya beberapa kali saya telah membahas terkait VCN (Virtual Card Number) BNI a.k.a BNI Debit Online. Ini adalah layanan yang dihadirkan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk kerjasama dengan MasterCard memungkinkan nasabah BNI memiliki nomor virtual akun berupa debit online yang bisa diisi saldo dan digunakan transaksi di berbagai negara yang support dengan MasterCard.

Seperti cerita di postingan sebelumnya oleh karena kartu debit BNI terblokir akhirnya saya putuskan untuk buat kartu baru kali ini saya pilih kartu debit GPN BNI. Artinya kartu debit atau kartu ATM yang baru ini memiliki logo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional), beberapa bulan terakhir digembar-gemborkan perusahaan perbankan agar nasabah memiliki setidaknya 1 kartu debit berlogo GPN.

Yang menarik kemudian adalah setelah saya berhasil buat kartu debit GPN BNI saya pikir tidak akan ada masalah jika ingin request VCN BNI Debit Online. Nyatanya saya tidak bisa request VCN BNI karena kartu debit saat ini tidak berlogo MasterCard melaikan GPN.


Dan untuk bisa kembali melakukan permintaan VCN BNI Debit Online harus mengajukan pembuatan kartu dengan logo MasterCard seperti yang saya miliki sebelumnya. Dan Saya kurang tahu pasti namun sepertinya kita bisa memiliki satu buah kartu debit GPN dan satunya lagi adalah kartu debit berlogo MasterCard atau Visa dari satu rekening BNI.

Hanya saja belum begitu berminat memiliki dua kartu debit karena ada biaya admin kartu bulanan yang harus ditanggung, memiliki dua kartu artinya ada 2 biaya admin kartu yang harus dibayar setiap bulannya.

Lalu bagaimana dengan VCN?

Syukurnya fitur debit online atau VCN tidak hanya dimiliki oleh Bank BNI namun ada juga di Bank CIMB Niaga dan kebetulan saya punya rekening di perusahaan perbankan tersebut. Di postingan sebelumnya saya juga sudah sempat bahas bagaimana cara request VCN melalui layanan internet banking Bank CIMB Niaga yaitu CIMB Clicks.

Menariknya lagi VCN dari Bank CIMB Niaga kemarin coba saya gunakan untuk transaksi e-commerce luar negeri rate mata uang US Dollar terhadap Rupiah yang saya dapatkan tidaklah terlalu tinggi. Hanya saja proses request VCN di CIMB Clicks lebih ribet dibandingkan dengan VCN BNI Debit Online.

Saat request VCN di CIMB Clicks pertama kita dikirimi kode autentikasi ke nomor telepon dalam bentuk SMS dan ini dikenakan tarif atau biaya SMS selanjutnya kode tersebut kita input di halaman CIMB Clicks. Setelah VCN berhasil diproses tahapan kedua kita akan dikirim kode keamanan CVC2 yang juga melalui SMS dan ini kembali dikenakan potongan pulsa.

Artinya kita dibebankan dua kali biaya SMS banking untuk request VCN di CIMB Clicks sedangkan di Bank BNI kita bisa melakukan request VCN BNI Debit Online melalui akses dial-up *141# nantinya kita hanya akan menerima 1 buah SMS berisi detail debit online BNI yang kita minta.

Baca juga: Kartu Kredit CIMB Niaga Tidak Bisa Digunakan Belanja Online Sebelum 3 Bulan

Jadi, bagi Anda yang mungkin telah mengganti kartu debit BNI sebelumnya berlogo MasterCard ke kartu debit GPN BNI jangan kaget jika akhirnya tidak bisa melakukan request VCN BNI Debit Online karena layanan ini terkoneksi dengan kartu debit rekening nasabah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kartu Debit GPN BNI Tidak Bisa Request VCN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel