Hitung Biaya Pemasangan Baru Listrik PLN

Hitung Biaya Pemasangan Baru Listrik PLN
Meteran Listrik PLN

Hitung Biaya Pemasangan Baru Listrik PLN - Bagi Anda yang sering mondar-mandir di layanan video streaming YouTube beberapa hari terakhir mungkin pernah melihat film pendek terkait bagaimana listrik bisa sampai ke rumah kita. Disana ditampilkan lapisan bumi dikupas untuk ambil batubara kemudian diolah oleh PLTU hingga akhirnya bisa memproduksi listrik yang didistribusikan ke pelanggan PLN.

Jika kita kaitkan selama masa kampanye pemilihan umum yang sudah berlangsung beberapa minggu yang lalu tarif listrik selalu jadi topik menarik apalagi salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden menjanjikan penurunan tarif listrik sampai dengan 50%. Pihak PLN juga langsung merespon pernyataan ini dengan mengatakan hal itu mungkin saja tapi negara akan dibebankan lebih banyak untuk subsidi listrik.

Memang sejauh yang kita ketahui untuk biaya atau listrik PLN di Indonesia saat ini bisa dibilang sudah sangat murah apalagi adanya subsidi untuk beberapa jenis golongan pelanggan listrik PLN. Namun kita sebagai masyarakat yang juga adalah konsumen tentu akan menuntut harga semurah mungkin tanpa disadari ini akan menambah beban keuangan negara untuk terus bisa memberi harga diskon.

Terkait aliran listrik PLN seperti postingan sebelumnya saya baru saja melakukan pemasangan baru listrik PLN. Kali ini yang saya pilih adalah golongan Sosial karena memang ditempatkan di tempat ibadah, tentunya jenis pelanggan listrik PLN ini mendapatkan harga khusus yang jauh lebih murah dibandingkan dengan golongan rumah tangga. Setidaknya itulah skema tarif listrik PLN saat ini.

Sampai kemudian ada yang menanyakan "Berapa biaya pemasangan baru listrik PLN?"

Karena katagori pelanggan listrik PLN cukup banyak begitu juga dengan pilihan daya yang bisa kita gunakan nantinya maka tidak bisa dikalkulasi secara pasti berapa biaya yang harus kita keluarkan sebagai pelanggan. Tapi demikian untuk pengecekannya saya sarankan untuk melihat langsung di website resmi PLN yaitu www.pln.co.id


Dari sana kita bisa pilih menu "Pelanggan" kemudian pilih menu "Sambungan Baru" kemudian isi seluruh data dari sana kita akan menemukan tombol cek biaya. Halaman akan menampilkan seluruh biaya untuk pemasangan baru listrik PLN. Untuk detailnya silakan baca di postingan "Cara Pengajuan Sambungan Baru Listrik PLN Online".

Sebagai contoh sambungan listrik PLN kategori golongan Sosial dengan daya 450 yang saya minta dan sudah terpasang itu dikenakan biaya instalasi dan biaya SLO termasuk pajak total nominalnya sebesar Rp484.000.

Beda regional atau wilayah tempat tinggal tentu akan dikenakan biaya berbeda pula. Contohnya untuk calon pelanggan PLN di kota Jakarta biaya pemasangan sambungan baru listrik akan berbeda dibanding dengan calon pelanggan yang berada di Provinsi Jawa Timur.

Ketika mengisi formulir pasang sambungan baru silakan pilih sesuai dengan kebutuhan mulai dari daya yang diinginkan, katagori pelelangan apakah Rumah Tangga atau untuk Industri dan Bisnis, termasuk jenis PLN prabayar atau pascabayar.

Biaya yang ditampilkan tersebut merupakan biaya fix sudah termasuk potongan pajak dan calon pelanggan PLN tidak perlu membayar biaya tambahan lainnya apalagi memberikan tips pada petugas yang kemudian datang untuk melakukan survei dan pemasangan sambungan listrik PLN ke alamat rumah. Ini adalah himbauan langsung dari PLN untuk menuju Indonesia bersih sekaligus menghindari tindakan pungutan liar.

Sekadar informasi tambahan seluruh biaya yang telah kita terkait pemasangan baru listrik PLN itu dibayar melalui metode transfer bank bukan di kantor PLN atau secara individu yang ditagih oleh petugas saat pemasangan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hitung Biaya Pemasangan Baru Listrik PLN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel