Selasa, 16 Januari 2018

Kartu Kredit CIMB Niaga Tidak Bisa Digunakan Belanja Online Sebelum 3 Bulan

Kartu Kredit CIMB Niaga Tidak Bisa Digunakan Belanja Online Sebelum 3 Bulan
Kartu Kredit CIMB Niaga

Selayaknya pengangguran yang ingin mendapatkan pekerjaan begitu juga saya ketika ingin memiliki kartu kredit, beberapa bank telah dihampiri bawa bekas pengajuan aplikasi namun nyatanya ditolak meskipun menjadi nasabah dengan mutasi rekening sangat aktif.

Hingga akhirnya coba peruntungan mengajukan aplikasi kartu kredit di Bank CIMB Niaga yang kebetulan posisi saya sebagai nasabah meskipun belum begitu lama tetapi arus dana mutasi rekening cukup baik. Meskipun harus menunggu hingga dua bulan karena masalah dokumen kurang lengkap pengajuan di approve notifikasi saya terima melalui SMS. Tetapi, setelah kembali menunggu 1 bulan ternyata kartu tidak kunjung tiba. Usut punya usut akibat alamat tidak ditemukan, saya pun menghubungi call center CIMB Niaga untuk memberikan detail alamat lengkap sesuai dengan domisili di kartu identitas diri.

Singkat cerita begitu kartu kredit CIMB Niaga diterima langsung saya aktivasi dan request PIN. Untuk langkah-langkahnya sudah saya bahas di postingan "Cara Aktivasi & Request PIN Kartu Kredit CIMB Niaga"

Hanya saja sebelum aktivasi saya sempat menghubungi customer service CIMB Niaga melalui call center menanyakan beberapa hal terkait penggunaan kartu kredit yang baru saja diterima. Dari sana disampaikan bahwa kartu kredit CIMB Niaga tersebut belum bisa digunakan untuk transaksi belanja online, harus menunggu minimal usia kartu 3 bulan atau 90 hari. Saya sempat kaget tetapi customer service menjelaskan ini adalah aturan dari pihak bank CIMB Niaga selaku penerbit.

Rasanya begitu aneh dimana di zaman sekarang transaksi lebih didominasi oleh pembayaran dan pembelian online. Tetapi, kartu kredit CIMB Niaga tidak memungkinkan hal ini khususnya pengguna baru. Apalagi posisi saya berada di desa jadi keberadaan mesin EDC untuk transaksi offline sangat sulit ditemukan. Tidak mau menunggu terlalu lama sampai 3 bulan kembali customer service saya hubungi dan menyampaikan agar kartu kredit CIMB tersebut bisa digunakan untuk transaksi online, permintaan tersebut disetujui hanya saja perlu diproses setidaknya 1 hari kerja.

Tanpa ada notifikasi keesokan harinya saya coba untuk melakukan pembayaran pesanan yang memang wajib menggunakan kartu kredit karena sebelumnya sudah coba menggunakan VCN tetapi gagal. Begitu data kartu kredit CIMB Niaga saya isi lengkap dan melanjutkan proses pembayaran akhirnya muncul kolom kode keamanan 3D Secure dan pembayaran pun berhasil.

Beberapa teman mengatakan tidak bisa digunakan untuk belanja online mungkin karena proses aktivasi kartu kredit CIMB Niaga membutuhkan waktu terbaca oleh sistem setidaknya 1 x 24 jam tapi nyatanya 3 hari setelah aktivasi saya gunakan juga tidak berhasil. Barulah setelah menghubungi customer service kartu kredit bisa digunakan untuk pembayaran transaksi online. Jadi bagi Anda penggunaan lalu kartu kredit CIMB Niaga yang mungkin juga mengalami masalah serupa bisa menggunakan metode di atas yaitu dengan menghubungi customer service.

Dan kebetulan yang saya pegang ini adalah jenis kartu kredit CIMB Niaga dengan logo MasterCard benefit yang benar-benar menguntungkan bagi saya bukan karena banyaknya promo maupun diskon yang ditawarkan ketika menggunakannya sebagai metode pembayaran. Tetapi, gratis iuran tahunan atau free annual fee seumur hidup. Ya, tidak perlu pusing-pusing memikirkan tagihan biaya administrasi apalagi jika nanti kartu kredit CIMB Niaga ini jarang digunakan.

Memang nanti ke depannya kartu kredit yang saya pegang hanya dimanfaatkan untuk transaksi online ketika dia memberikan keuntungan promo diskon baik itu metode pembayaran secara cash maupun cicilan kredit dengan bunga 0%. Tentu sangat beresiko apabila kartu kredit kita gunakan selayaknya kartu debit ujung-ujungnya adalah bunga cicilan apalagi tidak mampu membayar tagihan sampai dengan tanggal jatuh tempo.

Kartu Kredit CIMB Niaga Tidak Bisa Digunakan Belanja Online Sebelum 3 Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra