Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Internet Banking BRI Sering Terblokir

Penyebab Internet Banking BRI Sering Terblokir
Penyebab Internet Banking BRI Sering Terblokir

Penyebab Internet Banking BRI Sering Terblokir - Sejak tahun 2012 menggunakan layanan Internet Banking BRI belum pernah mengalami kendala serius, paling hanya gangguan sistem dan kadang juga SMS Mobile Token BRI terlambat diterima khususnya untuk autentikasi transaksi finansial.

Namun di akhir tahun 2018 User ID Internet Banking BRI sering terblokir dengan keterangan salah memasukkan password meski baru satu kali yang biasanya lebih dari 3 kali barulah kemudian User ID terblokir.

Dalam satu bulan sempat tiga kali terblokir karena alasan yang sama ditampilkan oleh aplikasi BRI Mobile Banking. Tiga kali pula mesti ke kantor cabang BRI, syukur jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah untuk buka blokir

Awalnya sempat curiga mungkin ada yang coba akses layanan Internet Banking BRI yang saya miliki, tapi nyatanya tidak ada email notifikasi biasanya diterima ketika ada aktivitas baik ketika login, transaksi, maupun logout.

Saya kemudian baru kepikiran mungkin ini karena User ID Internet Banking BRI yang saya gunakan sudah terlalu lawas jadi perlu diperbaharui. Selama ini hanya rutin ganti password untuk menjaga keamanan rekening.

Tebakan saya ternyata tidak keliru setelah login Internet Banking BRI menggunakan web browser di komputer yang memang jarang akhir-akhir ini akses menggunakan perangkat komputer. Begitu saya masuk ke halaman manajemen pengguna dibagian ubah User ID di sana muncul notifikasi keterangannya seperti dibawah ini:

Informasi Bantuan
Pastikan User ID Baru yang Anda masukkan benar.
User ID terdiri dari 12 s/d 23 digit, harus berupa karakter alfanumerik, dan tidak boleh mengandung spasi.

Kadang muncul juga pesan peringatan password yang Anda masukkan salah meskipun sudah sesuai hingga akhirnya 3x keterangan yang sama muncul dan akhirnya Internet Banking BRI terblokir.

Dan User ID Internet Banking BRI yang selama ini saya gunakan hanya berjumlah 10 digit karena kebijakan ini masih diizinkan ketika registrasi di tahun 2012 belum pernah ganti User ID sekalipun.

Dengan mengetahui kebijakan baru ini User ID Internet Banking BRI saya ganti menjadi 12 digit. Untuk penggantian User ID sangat mudah di menu utama pilih "Manajemen Pengguna" selanjutnya pilih menu ubah "User ID" berikutnya masukkan User ID baru pada kolom kemudian dibawahnya masukkan password dan kode m-Token, jika belum memiliki kode m-Token silahkan klik "Permintaan m-Token" setelah di input terakhir tekan tombol "Kirim"

Video: Cara Ubah User ID, Password, Email BRImo & Internet Banking



Sampai disini kita telah berhasil ubah User ID Internet Banking BRI. Kita pun akan menerima email notifikasi terkait aktivitas ganti User ID.

Baca juga: Cara Instal BRI Mobile Banking di HP Baru Agar Bisa Digunakan

Bagi nasabah yang masih menggunakan User ID Internet Banking BRI di bawah 12 digit sebaiknya segera ganti karena bisa saja ini menjadi salah satu faktor mengapa User ID tersebut sering terblokir.

28 komentar untuk "Penyebab Internet Banking BRI Sering Terblokir"

  1. Makasih infonya. User id ku jg masih 10 digit ni aoalnya.

    BalasHapus
  2. Setelah ganti user id, apakah sudah gak pernah terblokir gan? Sy juga sering terblokir sejak 2018. Juga curiga ada yg niat bobol akun sy. Tak tanyakan ke CS apa sebabnya kok sering terblokir, padahal gak pernah salah input pass. Eh, dia bilang gak tau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak pernah keblokir lagi mas Agus, lancar jaya. :)

      Hapus
  3. saya merasa ini cuma akal2an bri untuk meningkatkan sms bangking yang bertarif, masa iya di email tidak ada ativitas apa2, hanya salah masukan kode validasi sekali ujug2 di blokir, padahal baru 2 hari buka blokir, udah diblokir lagi. secara nuduh2 ada org lain yang buka, nyatanya tidak ada sesuai email yang masuk

    BalasHapus
  4. Pusiing baru 3 hari yg lalu buka blokir, hari ini blokir lagi... Manq harus ke kantor bri langsung, ko ya gak ada perbaikan2 ,pdhal saya jg adh alami hampir 10 kali keblokir tiba2

    BalasHapus
  5. Ke blokir tanpa sebab, telpon call center malah ngeyel katanya salah masukkan pssword. Padahal udah 6x seperti ini, ribet ganti2 psswordnya. Ini ke blokir lagi malah gak bisa reset password. Payah memang

    BalasHapus
  6. Pantesan punya ku sering terblokir user IDnya masih 10 digit maksih infonya

    BalasHapus
  7. Punya saya sering bngt trblokir knp ya user id masih 10 mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya ganti user ID menjadi 12 digit.

      Hapus
    2. Punyaq 12 digit juga sama kalo HBS d pakai transaksi 2 kali gitu keblokir

      Hapus
    3. Mungkin sistem di Bank BRI mendeteksi adanya akses login mencurigakan. Jika login menggunakan web browser coba hapus cache.

      Hapus
  8. Mulai tahun 2020 ini dalam sebulan sudah 5 kali terblokir,padahal user id 12 digit.tahun2 sebelumnya sama sekali tidak pernah terblokir.
    Apakah system servernya BRI yang error yah,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ganti lagi user ID yang sekarang begitu juga dengan password.

      Hapus
  9. Akun ku 2 hari ini terblokir.. sudah di riset tapi tetap ke blokir...
    Mmg masih user id 10 digit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya segera ganti user ID menjadi 12 digit.

      Hapus
  10. Intinya payah BRI,saya make BCA udh 5th jg gk prnh keblokir ky gini padahal br aja 5 hr ke kntr BRI eh udh keblokir lg.Tolong di perbaiki d didengar ulasan kami smua jgn jd orang budek,kalian digaji besar tp ngurusin gini aja tdk becus!!!

    BalasHapus
  11. Bri tdk jelas . Bikin repot nasabahnya aja . Apa mksud dan rencananya coba maen blokir mbanking .sy jd bolakbalik k kcp bri . Gangguwktu krja. Eh ama cs dikasih panduan dftar lg mbanking. Eh pas aktivasi mtoken nya susah gk ada sms notifikasi.gak muncul. Puyeng saya . Kecewa

    BalasHapus
  12. BRI punya BUMN harusnya sistem nya yg no.1.. Pelayanan teller payah.. Pelayanan CS payah.. Mesin ATM sering eror.. Apalagi internet banking dobel payah.. Tahun ini punya laba paling besar di Indonesia.. Uangnya buat apa.. Masak iya kalah sama bank swasta..

    BalasHapus
  13. Pagi tadi Saya baru saja daftar akun BRI Mobile, ketika sudah selesai bikin akunnya CS mengarahkan ke saya untuk Login, dan saya pun menurutinya dan akhirnya bisa juga. Tapi pas siangnya saya mau Login lagi tiba2 ada notif User anda sedang dalam keadaan terblokir.
    Padahal itu kedua kalinya saya mau Login, tpi malah ujug2 terblokir user nya.. Masa iya sih baru bikin akun langsung di blokir sama pihak BRI nya.. Edan teu ari kitu..?

    BalasHapus
  14. Hallo kak, setelah memperbaiki password BRI mobile yang terblokir apakah tetap menggunakan user id yang pertama?

    BalasHapus
  15. User ID tetap yang berubah hanya password setelah diganti.

    BalasHapus
  16. Punya sy sdh 12 digit tp masih sj keblokir gak jelas ,setiap mau transaksi harus reset pasword dulu pyaaaaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,, punya saya tiap hari keblokir,, memang BRI Payah,,

      Hapus
  17. Jadi aku kudu piye..?? User id 12 digit, masih saja ke blokir. Masa tiap hari harus reset password
    Lieur uing....

    BalasHapus
  18. Coba hapus data aplikasi terlebih dahulu kemudian uninstall. Selanjutnya instal ulang aplikasi versi terbaru bagi pengguna BRImo.

    BalasHapus
  19. Lah gw , Baru Buat BRI lalu Aktifkan Mbanking ! MALAH Ga Jelas Lgsg Ke Blok , reset , blok lagi... Sampe 7x Ga Pernah Masuk....

    Pulsa Mah Tekor , 1x Aktivasi 760rupiah

    BalasHapus
  20. Bank paling sering trouble 😥

    BalasHapus