Sabtu, 28 Juli 2018

Cara Buka Rekening Bank Permata Melalui Aplikasi Permata Mobile

Cara Buka Rekening Bank Permata Melalui Aplikasi Permata Mobile
Permata Bank

Berawal dari kesulitan ketika ingin buka rekening di salah satu perusahaan perbankan swasta karena memang di kota domisili tempat saya tinggal belum memungkinkan sistem buka rekening melalui layanan digital untuk itu harus datang langsung ke kantor cabang Bank bersangkutan.

Karena terkendala jarak cukup jauh maka niat saya urungkan meskipun masih ada keinginan besar untuk bisa buka rekening tabungan di bank tersebut, sebab fiturnya cukup menarik. Untuk mendapatkan alternatif saya pun mencoba researching ke beberapa website perbankan sampai menemukan salah satu produk simpanan milik Bank Permata.

Baca jua: Nomor Mencurigakan SMS Paycode Kartu Kredit CIMB Niaga

Sebenarnya kantor cabang milik Bank Permata di daerah sini juga lumayan jauh tidak kalah jauhnya dari posisi bank yang sebelumnya saya minati untuk buka rekening. Hanya saja menariknya Bank Permata juga memungkinkan kita buka rekening tabungan melalui sistem digital dengan memanfaatkan aplikasi Permata Mobile di smartphone. Kebetulan sekali fitur ini sudah bisa digunakan di seluruh regional Indonesia.

Tanpa menunggu lama aplikasi Permata Mobile saya download dan instal melalui toko aplikasi. Berikut ini adalah langkah-langkah cara buka rekening Permata Melalui aplikasi Permata Mobile sesuai dengan tahapan yang telah saya lalui:

Buka Rekening
Buka Rekening

Saat pertama aplikasi Permata Mobile kita buka di halaman depan sudah ditampilkan beberapa pilihan menu diantaranya login dan registrasi. Karena disini saya adalah pengguna baru dan ingin buka rekening tabungan bukan menu registrasi tapi pilih menu di bagian bawahnya yaitu "Buka Rekening".

Pilih Produk
Pilih Produk

Pada tampilan berikutnya terdapat pilihan produk simpanan dari Bank Permata, kita bisa menentukan jenis rekening tabungan yang ingin dibuka. Untuk informasi detail dari masing-masing produk simpanan bisa baca di website resmi permata Bank. Silahkan pilih salah satu lalu tekan "lanjut"

Berikutnya adalah halaman produk pilihan, bagi yang memiliki kode promo dalam bentuk voucher silakan masukkan di dalam kolom kemudian tekan "Lanjut".

Data Diri
Data Diri

Sekarang waktunya mengisi formulir registrasi. Pertama-tama kita ditanya apakah merupakan nasabah dari Bank Permata atau bukan, disini saya pilih "Saya belum menjadi nasabah".

Lanjut untuk konfirmasi bahwa kita memiliki kartu identitas diri berupa e-KTP. Oh ya.. buka rekening tabungan di Permata Bank melalui aplikasi Permata Mobile wajib memiliki e-KTP. Berikutnya isi alamat email pada kolom, nomor handphone aktif yang selanjutnya mendapat kode verifikasi isi kode tersebut di dalam kolom lalu tekan "Lanjut".

Langkah berikutnya kita wajib upload foto e-KTP bisa dengan metode foto manual lalu ambil dari galeri di ponsel atau mengambil gambar secara langsung menggunakan kamera. Berikutnya kita masukkan kelurahan atau kode POS untuk menentukan alamat domisili. Halaman selanjutnya adalah informasi tujuan penggunaan dana rekening yang akan dibuka, silakan ikuti pengisian formulir mulai dari sumber dana, pendapatan perbulan, sampai perkiraan transaksi yang akan dilakukan.

Hingga ketahap pendaftaran layanan mobile banking Bank Permata. Silakan buat User ID minimal 8 karakter gabungan huruf dengan angka. Berikutnya kita diminta untuk membuat password dengan syarat 8 sampai 32 karakter.

Selanjutnya adalah memastikan kembali bahwa nama di dalam e-KTP sudah benar seperti yang ditampilkan pada layar ponsel serta domisili sesuai dengan lokasi saat ini ketika buka rekening tabungan Bank Permata. Di halaman berikutnya adalah formulir terkait profil dari calon nasabah silakan dipilih mulai dari pekerjaan dan sumber penghasilan.

Syarat & Kebijakan
Syarat & Kebijakan

Sampai di halaman pernyataan dan persetujuan kebijakan dari Bank Permata. Baca dengan detail kemudian centang kotaK dengan keterangan "Saya menyatakan telah setuju, mengerti dan memahami, serta akan tunduk dan terikat pada ketentuan yang berlaku" centang juga pada kotak "Saya menyatakan bahwa saya bukan warga negara dan wajib pajak Amerika Serikat".

Metode Verifikasi Data
Metode Verifikasi Data

Lanjut ke halaman berikutnya di mana kita telah mendapatkan nomor referensi buka rekening tabungan baru kemudian ada beberapa cara untuk aktivasi diantaranya whatsApp video call, datang ke kantor cabang, atau janjian ketemu di booth maupun event terdekat. Disini saya pilih verifikasi melalui WhatsApp video call.

Masukkan nomor WhatsApp kemudian verifikasi dalam bentuk kode yang dikirim melalui SMS. Sampai disini tinggal menunggu customer service Bank Permata menghubungi melalui WhatsApp video call.

Tidak sampai menunggu setengah hari pihak Bank Permata menghubungi saya di layanan WhatsApp video call untuk verifikasi data dan aktivasi rekening bank Permata. Seperti biasa beberapa data ditanyakan mulai dari nama lengkap, nama ibu kandung, domisili tempat tinggal, sampai pengambilan gambar kita sebagai calon nasabah.

Begitu berhasil verifikasi data beberapa menit kemudian email konfirmasi terkait rekening tabungan bank Permata Saya telah aktif bisa digunakan untuk transaksi.

Yang Terhormat Bapak / Ibu I NYOMAN ADIANA PUTRA,

Terima kasih atas kepercayaan Bapak / Ibu kepada PermataBank.

Kami informasikan bahwa permohonan rekening PermataME IDR telah berhasil kami proses pembukaannya, dengan Nomor Rekening 41xxxxx72 pada tanggal 27/07/2018, dan telah kami tambahkan ke PermataKartuDebit Bapak / Ibu nomor [@NoKartuProduk].

Setoran awal dapat Anda lakukan melalui seluruh Cabang Permata Bank atau melalui layanan e-Banking (PermataATM, PermataMobile, PermataNet dan Permata Tel) paling lambat 31 (tiga puluh satu) hari kalender setelah tanggal pembukaan rekening di atas.
Dalam hal lewatnya jangka waktu tersebut, maka PermataBank berhak menutup rekening Bapak/ Ibu.

Proses pembukaan rekening Anda tersebut diatas kami proses berdasarkan data Bapak/Ibu yang terdapat di PermataBank.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Cabang PermataBank atau PermataTel 1500111.

Selamat bergabung, dan segera manfaatkan layanan-layanan kami!

Terima kasih,
PermataBank.

Namun sebelumnya wajib untuk setoran awal, isi saldo bisa di kantor cabang Bank Permata terdekat. Ini yang mungkin nantinya cukup sulit untuk saya lakukan karena kantornya berada lumayan jauh. Mudah-mudahan saja kedepannya Bank Permata menyediakan layanan ATM autodebet yang disebar secara massal agar memudahkan nasabah bertransaksi baik setor tunai termasuk transfer.

Jadi seperti itu cara buka rekening tabungan Bank Permata melalui aplikasi Permata Mobile sangat mudah tidak perlu antri di kantor cabang. Yang terpenting kita memiliki smartphone serta akses data internet.

Cara Buka Rekening Bank Permata Melalui Aplikasi Permata Mobile Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra