Selasa, 10 Juli 2018

Nomor Mencurigakan SMS Paycode Kartu Kredit CIMB Niaga

Nomor Mencurigakan SMS Paycode Kartu Kredit CIMB Niaga
Kartu Kredit CIMB Niaga

Keamanan transaksi ketika menggunakan kartu kredit terus ditingkatkan oleh pihak penerbit sebut saja kartu kredit MasterCard di mana nanti kita akan mendapatkan sebuah pesan berisi kode verifikasi (Paycode) sebagai autentikasi 3D secure yang memang menjadi standar keamanan transaksi kartu kredit di seluruh dunia.

Sebagai pengguna kartu kredit Bank CIMB Niaga biasanya kode verifikasi tersebut saya terima dalam bentuk pesan pop up atau SMS flash ke nomor telepon terdaftar. Metode pesan SMS flash seperti ini lebih hemat karena saya tidak dikenakan tarif SMS hanya saja pesan tersebut tidak akan muncul lagi setelah dibaca.

Untuk pemegang kartu kredit Bank CIMB Niaga ketika transaksi kode verifikasi dikirim langsung oleh server Bank CIMB Niaga, di mana pesan tersebut tercantum nomor pengirim yaitu contact center Bank CIMB 14041. Ini berlaku untuk pemegang kartu kredit yang berada di Indonesia, ketika nasabah berada di luar negeri ada kemungkinan bukan nomor tersebut yang akan mengirim kode verifikasi 3D secure kartu kredit CIMB Niaga.

Ada nomor alternatif bagi nasabah yang sedang berada di luar negeri di mana SMS Paycode dikirim dari nomor +62 89626214041. Jika diperhatikan sekilas dari urutan kombinasi nomor tersebut merupakan milik operator telekomunikasi 3, tidak sedikit nasabah yang mencurigainya. Namun, nomor ini adalah nomor resmi sesuai yang tercantum pada halaman verifikasi 3D secure ketika kita transaksi menggunakan kartu kredit CIMB Niaga seperti pada gambar dibawah.

3D Secure CIMB Niaga
3D Secure CIMB Niaga

Untuk itu bagi nasabah pemegang kartu kredit CIMB Niaga yang sedang berada di luar negeri tidak perlu khawatir dengan nomor pengirim Paycode di atas tidak seperti biasanya. Kita perlu waspada apabila ada yang meminta kode verifikasi tersebut harap tidak memberikannya kepada siapapun termasuk pihak yang mengatasnamakan diri sebagai Bank CIMB Niaga.

Jika Paycode tidak diterima lebih dari 1 menit nasabah bisa meminta ulang atau request kembali dengan menekan tombol "Kirim Ulang Paycode". Untuk metode ini kode verifikasi akan dikirim dalam bentuk SMS maka dikenakan tarif pulsa, maka dari itu pastikan nomor telepon terdaftar memiliki cukup pulsa setidaknya Rp5.000. Jika saldo pulsa 0 sudah barang tentu kode tidak akan diterima sampai dengan batas waktu pembayaran maka transaksi dinyatakan gagal.

Selama menggunakan kartu kredit CIMB Niaga sebagai metode pembayaran tidak semua website e-commerce memiliki fitur keamanan 3D secure. Contohnya ketika saya coba tambah saldo akun Facebook saat memasukkan kode keamanan 3 digit dibelakang kartu kredit transaksi langsung diproses tanpa melalui halaman 3D secure. Sebenarnya ini cukup meresahkan membuat saya was-was, untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan setiap selesai transaksi tambah saldo akun Facebook menggunakan kartu kredit langsung saya hapus nomor kartu yang secara otomatis disimpan di bagian metode pembayaran akun Facebook.

Sedikit tips keamanan menggunakan kartu kredit, saya selalu menghindari gesek langsung di mesin EDC contohnya ketika belanja di minimarket biasanya saya order secara online karena kebanyakan minimarket sekarang sudah memiliki website untuk pemesanan. Bayar di sana menggunakan kartu kredit kemudian tinggal ambil barangnya di kasir. Begitu juga ketika transaksi di website jual beli atau e-commerce saya lebih selektif, meskipun toko jual beli online tersebut memiliki nama besar tapi ternyata sistem keamanannya sering bocor khususnya bagi pengguna kartu kredit maka saya tidak akan menggunakannya ketika transaksi di sana.

Baca juga: Jadikan Deposito Sebagai Jaminan Untuk Mendapatkan Kartu Kredit

Jadi seperti itu, sesuai dengan keterangan di website resmi 3D secure ketika transaksi menggunakan kartu kredit CIMB Niaga kode verifikasi atau Paycode akan dikirim melalui nomor contact center CIMB yaitu 14041 atau +62 89626214041 bagi nasabah yang sedang berada di luar negeri. Tidak perlu curiga!

Nomor Mencurigakan SMS Paycode Kartu Kredit CIMB Niaga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra