Rabu, 25 Juli 2018

Cara Buka Blokir kartu ATM BCA Karena Salah PIN

Cara Buka Blokir kartu ATM BCA Karena Salah PIN
Cara Buka Blokir kartu ATM BCA Karena Salah PIN

Keberadaan kartu debit atau kartu ATM bagi setiap nasabah perbankan saat ini sangatlah penting, oleh sebab hampir seluruh transaksi bisa kita lakukan di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Tentu ini berlaku juga bagi nasabah bank BCA yang memang memiliki layanan kualitas mesin ATM cukup baik.

Saat ini setiap nasabah yang buka rekening tabungan baru BCA akan langsung ditawari pembuatan kartu debit. Nasabah bisa memilih jenis kartu yang akan digunakan di mana masing-masing memiliki fitur contohnya kemampuan untuk melakukan transaksi tarik tunai saldo setiap kartu memiliki limit.

Manfaat lain dari kartu ATM BCA selain digunakan untuk transaksi baik tarik tunai saldo ataupun sekadar cek saldo di dalam rekening tabungan dia juga diperlukan ketika nasabah ingin registrasi di layanan internet banking KlikBCA termasuk layanan e-channel lainnya seperti SMS banking. Untuk registrasi KlikBCA hanya bisa dilakukan di mesin ATM BCA berbeda dengan tarik tunai bisa di semua mesin ATM yang telah bekerjasama dengan BCA.

Pada satu situasi entah karena jarang digunakan atau memang sedang terburu-buru tidak sedikit nasabah salah memasukkan nomor PIN kartu ATM BCA. Sesuai dengan kebijakan dan sistem keamanan jika 3 kali PIN dari kartu debit salah maka secara otomatis diblokir oleh sistem. Di sini artinya nasabah sama sekali tidak bisa menggunakan kartu ATM tersebut baik di mesin ATM ataupun mesin EDC.

Untuk membuka blokir kartu ATM BCA karena salah memasukkan PIN lebih dari 3x nasabah harus datang ke kantor cabang Bank BCA terdekat. Syarat dokumen yang diperlukan diantaranya buku rekening tabungan, kartu debit atau kartu ATM yang terblokir, dan kartu identitas diri aslinya. Di kantor cabang BCA silakan ambil nomor antrian untuk layanan customer service.

Selanjutnya jelaskan pada customer service Anda ingin buka blokir kartu ATM BCA, petugas akan meminta dokumen di atas sebagai verifikasi data kemudian dilanjutkan untuk buka blokir kartu ATM BCA melalui sistem. Tugas nasabah selanjutnya adalah membuat PIN baru melalui mesin EDC di customer service. Sampai disini kartu ATM BCA sudah aktif kembali hanya saja kadang butuh waktu setidaknya 1 jam untuk bisa digunakan bertransaksi.

Tidak dikenakan biaya administrasi ketika buka blokir kartu ATM BCA hanya saja nasabah harus meluangkan waktu untuk bisa datang ke kantor cabang Bank BCA. Pembukaan blokir tidak bisa melalui layanan call center Halo BCA.

Sekadar informasi tambahan, kadang kali banyak nasabah menyiasati agar terhindar dari pemblokiran maka PIN kartu ATM BCA disimpan dalam bentuk catatan yang biasa ditaruh di dompet. Sebaiknya hindari kebiasaan ini karena banyak sudah terjadi kasus penyalahgunaan kartu ATM. Bisa dibayangkan jika kartu ATM berada dalam dompet yang juga memiliki catatan nomor PIN kemudian hilang. Cara sederhana buatlah kode PIN yang mudah Anda ingat dan tidak menggunakan jajaran tanggal lahir atau deretan angka secara berurutan yang mungkin saja mudah ditebak oleh orang lain.

Perhatikan juga tips menggunakan kartu debit atau kartu ATM ketika transaksi. Untuk transaksi di mesin ATM usahakan pilihan yang memang ramai dikunjungi dan setidaknya memiliki sistem keamanan kamera CCTV, ini bisa kita ketahui dengan memperhatikan di bagian atas ruang mesin ATM. Sedangkan untuk transaksi dengan gesek kartu ATM di mesin EDC pastikan ukuran alatnya standar dan kartu Anda hanya digesek 1 kali dan memasukkan kode PIN nya sendiri bukan oleh petugas.

Kewaspadaan ini sangat penting bagi nasabah karena akhir-akhir ini semakin marak terjadi skimming pada kartu ATM. Sebenarnya ada cara untuk meminimalisir kejahatan skimming yaitu upgrade kartu Anda ke kartu model baru yang telah menggunakan chip. Kartu ATM jenis ini lebih sulit untuk dibobol dan memang perusahaan perbankan sangat menganjurkan nasabah untuk segera mengganti kartu yang masih menggunakan pita ke kartu berteknologi chip.

Hanya saja ketika kita ganti kartu ATM bCA akan dikenakan biaya administrasi sesuai dengan jenis kartu. Namun jika dibandingkan nilainya tidak akan seberapa dibandingkan dengan fitur keamanan jauh lebih baik akan kita dapatkan. Agar bisa memiliki kartu ATM BCA dengan sistem chip bisa didapat di kantor cabang Bank BCA terdekat dengan membawa syarat dokumen sama seperti tersebut di atas.

Baca juga: Limit Batas Tarik Tunai Saldo di ATM BCA

Jadi itulah cara buka blokir kartu ATM BCA karena salah memasukkan PIN lebih dari 3 kali.

Cara Buka Blokir kartu ATM BCA Karena Salah PIN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra