Yang Perlu Dilakukan Ketika Kartu ATM Hilang

Yang Perlu Dilakukan Ketika Kartu ATM Hilang
Kartu ATM

Yang Perlu Dilakukan Ketika Kartu ATM Hilang - Fasilitas kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau yang biasa disebut dengan kartu debit didapat nasabah perusahaan perbankan yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan berbagai transaksi finansial sebut saja di mesin ATM juga mesin EDC.

Seluruh kategori Bank besar yang ada di Indonesia saat ini sudah memfasilitasi nasabah mereka dengan kartu ATM. Memang tidak semua perusahaan perbankan memiliki jaringan mesin ATM secara luas, untuk tetap dapat melayani para nasabah perusahaan perbankan yang masih minim jaringan ATM akan bekerjasama dengan bank lain yang lebih besar agar kartu yang mereka terbitkan bisa digunakan lebih luas.

Kartu ATM yang dipegang oleh nasabah umumnya sudah dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis. Mulai dari penggunaan kode PIN sebelum bisa mengakses menu di mesin ATM sampai dengan penerapan sistem kartu ATM chip untuk meminimalisir duplikat data.

Ada satu masalah yang cukup umum terjadi dikalangan para nasabah Bank yaitu kartu ATM yang hilang atau mungkin tertelan di mesin ATM yang tidak bisa diambil.

Apabila kartu ATM hilang ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh nasabah:

Pertama, blokir kartu debit tersebut untuk menghindari penyalahgunaan kartu. Blokir kartu debit bisa dengan cara menghubungi layanan customer service Bank bersangkutan, atau gunakan cara konvensional dengan datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Kedua, urus surat kehilangan. Dokumen ini diperlukan sebagai dokumen pendukung yang wajib dilampirkan apabila nasabah ingin membuat kartu debit baru di kantor cabang Bank penerbit kartu debit.

Ketiga, unlink seluruh layanan yang terhubung dengan kartu debit hilang tersebut. Sebagai contoh nasabah yang menghubungkan kartu debit dengan sistem pembayaran online segera hapus nomor kartu debit yang hilang dan ganti dengan kartu debit baru.

Itulah tiga hal yang perlu dilakukan apabila kartu ATM atau kartu debit milik nasabah hilang atau tertelan mesin ATM.

Belum ada Komentar untuk "Yang Perlu Dilakukan Ketika Kartu ATM Hilang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel