Pajak Investasi di Investree Peer to Peer Lending

Pajak Investasi di Investree Peer to Peer Lending
Investree

Pajak Investasi di Investree Peer to Peer Lending - Sebagian dari Anda yang membaca postingan ini mungkin sudah mengenal apa itu Investree. Bagi yang belum tahu Investree adalah perusahaan finansial teknologi berbasis peer to peer lending memfasilitasi investor dan peminjam secara online.

Perusahaan telah meraih berbagai penghargaan skala nasional karena saat postingan ini di publish secara resmi sudah terdaftar dan mendapat izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) inilah mengapa Investree relatif aman untuk dijadikan plaform investasi meskipun tetap ada risiko yang patut dipahami oleh calon investor.

Terkait investasi di Investree sebenarnya saya juga belum begitu lama menempatkan dana di sana, Namun demikian banyak saya lihat pertanyaan terkait apakah menyalurkan pinjaman melalui layanan ini dikenakan pajak.

Jawabannya tentu saja Ya!

Karena Investree telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan serta diwajibkan mengikuti aturan yang berlaku terkait menghimpun dana masyarakat serta menyalurkan dalam bentuk investasi dan adanya imbal hasil atau return bagi investor maka dikenakan pajak penghasilan.

Pajak yang dipotong dari hasil investasi di Investree adalah sebesar 15%.

Sebagai contoh saya melakukan pendanaan sebesar Rp1.000.000 kepada sebuah perusahaan dengan bunga 16% pertahun. Di mana lama pinjaman atau tanggal jatuh tempo adalah 90 hari. Di akhir masa pinjaman saya akan mendapatkan dana pokok sebesar Rp1.000.000 dan bunga sebesar Rp45.000 sebelum dipotong pajak.

Bunga bersih yang akan saya dapat setelah dipotong pajak 15% dari Rp45.000 adalah sebesar Rp38.250.

Dana pokok pinjaman dan bunga bisa langsung ditarik ke rekening bank yang telah didaftarkan pada akun Investree. Saya pernah coba melakukan penarikan dana dari Investor di hari kerja masuk ke rekening bank sekitar 1 hari setelah pengajuan.

Baca juga: Pengalaman Deposit ke RDN Sinarmas Sekuritas

Bagi Anda yang baru memulai investasi online baik di Investree maupun perusahaan finansial teknologi lainnya ada baiknya memilih pinjaman dengan gread A terlebih dahulu meskipun bagi hasil / bunganya kecil namun relatif lebih minim risikonya walau tetap ada risiko investasi yang musti ditanggung investor contohnya adalah kredit macet atau perusahaan merugi alias bangkrut.

Untuk menjaga keamanan dana investor Investree telah menerapkan beberapa sistem keamanan berupa perlindungan seperti jaminan yang harus ditempatkan oleh peminjam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pajak Investasi di Investree Peer to Peer Lending"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel