Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Deposit ke RDN Sinarmas Sekuritas

Pengalaman Deposit ke RDN Sinarmas Sekuritas
RDN Sinarmas Sekuritas

Pengalaman Deposit ke RDN Sinarmas Sekuritas - Rekening Dana Nasabah (RDN) Sinarmas Sekuritas merupakan nomor rekening berguna untuk deposit dana investasi yang selanjutnya bisa diapai transaksi trading saham di aplikasi aplikasi Simas Equity. Rekening RDN akan aktif beberapa hari setelah rekening Sinarmas Sekuritas nasabah aktif dan langsung bisa top up saldo atau deposit.

Karena ini adalah kesempatan pertama saya untuk top up saldo atau deposit ke rekening RDN Sinarmas Sekuritas jadi patut rasanya dibagikan.

Pada kesempatan kali ini saya melakukan deposit ke rekening RDN Sinarmas Sekuritas melalui transfer saldo antar bank dari rekening Permata Bank menggunakan aplikasi Permata Mobile X. Kenapa saya menggunakan metode transfer saldo dari Permata Bank? Karena bebas biaya administrasi transfer ke rekening bank lainnya menggunakan rekening PermataMe.

Cara deposit ke rekening RDN Sinarmas Sekuritas dari rekening Permata Bank cukup mudah melalui metode transfer saldo apalagi dengan memanfaatkan layanan internet Banking PermataNet di aplikasi Permata Mobile X.

Langkah pertama seperti biasa bisa login di aplikasi Permata Mobile X, selanjutnya dengan memilih menu "Transfer" dan pilih rekening bank tujuan adalah "Bank Sinarmas" kemudian masukkan nomor rekening RDN Sinarmas Sekuritas aplikasi otomatis mendeteksi nomor rekening beserta nama pemilik rekening.

Langkah berikutnya dengan memasukkan nominal transfer saldonya yang ingin di deposit terakhir isi kode keamanan sebagai otentikasi transaksi transfer saldo.

Sampai di sini saya sudah berhasil transfer saldo ke rekening RDN Sinarmas Sekuritas, tidak lupa screenshot bukti transaksi saya simpan siapa tahu dibutuhkan untuk keperluan di lain waktu jika diminta oleh pihak Sinarmas Sekuritas.

Pengalaman Deposit ke RDN Sinarmas Sekuritas
Transfer

Begitu saya buka aplikasi Sinarmas Equity kemudian cek di menu portofolio ternyata di bagian deposit angkanya masih 0. Saya pikir karena transfer antar bank jadi butuh Waktu setidaknya 1 sampai 2 hari kerja apalagi ini adalah jenis rekening RDN yang bisa saja membutuhkan verifikasi dari pihak Sinarmas Sekuritas.

Oh ya, ketika itu saya transfer saldo sekitar pukul 8 pagi. Untuk kedua kalinya saya coba cek menu portofolio di aplikasi Simas Equity setelah pukul 9 pagi, dari sana langsung muncul notifikasi dalam bentuk pop up bahwa ada deposit masuk sebesar nominal saldo yang tadi sudah saya transfer.

Begitu halaman portofolio saya refresh deposit yang tadinya menunjukkan angka 0 kini berubah menjadi 500.000 sesuai dengan nominal transfer dari rekening Permata Bank tanpa dikenakan potongan dari pihak Sinarmas Sekuritas.

Karena ini adalah saldo pertama jadi langsung saya gunakan untuk transaksi pembelian saham setelah memilih berdasar analisis fundamental dan analisa teknikal, saya putuskan untuk membeli salah satu saham perusahaan perbankan. Dari segi fundamental perusahaan ini terlihat bagus apalagi setiap tahunnya rutin memberikan dividen kepada pemegang saham. Namun bukan berarti nantinya perusahaan keuangan ini benar-benar bagus. Meski demikian saya tidak terlalu mengkhawatirkan pergerakan harga sahamnya sebab tujuan saya disini adalah investasi saham atau menabung saham untuk jangka panjang bukan trading saham.

Dari penjelasan para master di dunia saham untuk pemain saham pemula seperti saya sebaiknya melakukan diversifikasi pembelian saham untuk mengurangi risiko kerugian yang nantinya bisa terjadi, membagi portofolio di dua atau tiga perusahaan. Tapi di sini saya hanya memilih satu perusahaan keuangan agar bisa fokus menganalisis perusahaan tersebut karena ini masih proses belajar.

Di sini saya tidak ingin membahas panjang lebar tentang saham toh juga belum begitu paham. Tapi lebih ke proses deposit ke rekening RDN Sinarmas Sekuritas.

Ada beberapa poin perlu diperhatikan nasabah sebelum memutuskan deposit RDN Sinarmas Sekuritas, diantaranya:

Waktu terbaik untuk deposit
Karena transaksi jual beli saham menggunakan jam operasional dan ini sudah ketentuan dari bursa Efek Indonesia sebaiknya top up saldo atau deposit ke rekening RDN Sinarmas Sekuritas di jam operasional adalah pukul 09:00 WIB sampai dengan pukul 14:00 WIB di hari kerja antara hari Senin sampai dengan hari Jumat. Meskipun di luar jam operasional saldo deposit bisa langsung masuk namun lebih baik kita pilih jam operasional.

Perhatikan jadwal online offline bank
Biasanya setiap perusahaan perbankan memiliki jadwal sistematis untuk transaksi finansial contohnya transfer saldo. Seperti halnya Bank BCA akan melakukan offline pada sistem transaksi finansial yaitu pada pukul 21:00 - 01:00 WIB di hari Senin sampai dengan hari Jumat. Setiap perusahaan perbankan memiliki jam offline dan online berbeda jadi wajib dikonfirmasi terlebih dahulu khususnya bagi nasabah yang ingin deposit ke rekening VCN BNI debit online melalui metode transfer saldo dari rekening bank lainnya.

Nomor rekening RDN
Meskipun kelihatannya sepele tetapi nasabah juga wajib memastikan nomor rekening RDN Sinarmas Sekuritas yang diinput ketika transfer saldo untuk top up saldo RDN agar diperhatikan dengan betul. Pastikan nomor rekening RDN dan nama Nasabah di Sinarmas Sekuritas sesuai, apabila saldo telah ditransfer dan kemudian baru diketahui nomor rekening salah transaksi tidak bisa dibatalkan.

Baca juga: Hati-hati! Tips Memilih Tempat Investasi Peer to Peer Lending

Jadi itu adalah sedikit pengalaman dan cara deposit ke rekening RDN Sinarmas Sekuritas yang melalui metode transfer saldo antar bank dari rekening permata Bank.

26 komentar untuk "Pengalaman Deposit ke RDN Sinarmas Sekuritas"

  1. makasih banyak kak sumpah ngebantu banget. aku bingung ampe skrg soalnya deposit aku blm masuk.. aku jg pke mbanking

    BalasHapus
  2. Gimana sih caranya tau no rdn dari sinarmasnya. Kan saya udah isi formulir dll dan udah ada konfirmasi. Terus masuk ke apps simas equality mau cari no rdnnya ga ada? Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rekening RDN didapat beberapa hari setelah berhasil registrasi di Sinarmas Sekuritas.

      Hapus
  3. Klo narik uang yg di deposito gmn caranya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa withdraw melalui aplikasi Simas Equity.

      Hapus
    2. Klo withdraw lake simas equity, nanti dananya masuk (di transfer) ke rek apa ya, cz d app simas equity nya g ada muncul rek pribadi saya,

      Hapus
  4. Klo withdraw lake simas equity, nanti dananya masuk (di transfer) ke rek apa ya, cz d app simas equity nya g ada muncul rek pribadi saya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk ke rekening yang dulu didaftarkan ketika buka rekening sekuritas.

      Hapus
  5. Halo , saya mau nanya kemarin smpet jual stock trus mau narik ke reject trus
    Itu kenapa ya?

    BalasHapus
  6. Saya barusan test deposit ke RDN Sinarmas 50rb bisambisa ga kira kira

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah coba Rp50.000 tapi sepertinya bisa.

      Hapus
  7. halo kk, saya mau tanya saat pendaftaran sinarmas sekuritas wajib dilampirkan foto buku tabungan , jadi saya memakai PERMATAME belum ada buku tabungan nya jadi gimana solusi kk ?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk PermataMe bisa print out eStatement yang dikirim setiap bulan ke email.

      Hapus
  8. Min, saya sudah berhasil buka Akun Sinarmas Sekuritas, tetapi cara lihat no RDN dimana ya? sudah bisa login di aplikasi sinarmas maupun stockbit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rekening RDN biasanya membutuhkan waktu 1-2 hari kerja nanti akan dikirim ke email terdaftar.

      Hapus
  9. Cara penarika dana gimana ya? Kenapa withdraw saldo bisa jadi minus...padahal ada cash power🙄🙄

    BalasHapus
  10. Kalo withdraw ke rek bank lain kena biaya gk min? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari pengalaman tarik ke rekening bank lain tidak dikenakan biaya admin.

      Hapus
  11. Saya baru saja daftar di aplikasi stockbit dengan RDN sinarmas. Saya melakukan top up perdana setelah account RDN dinyatakan aktif via email. Satu hari setelah dinyatakan aktif kebetulan hari minggu saya melakukan top up dan berhasil. Tapi saldo blom juga masuk sampai sekarang hari senin pagi jam 07.30 wib. Pertanyaan saya berapa lama waktu yg dibutuhkan oleh pihak sinarmas untuk memverifikasi top up yg kita lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya maksimal itu 24 jam di hari kerja. Apabila melebihi waktu tersebut dana belum juga masuk sebaiknya hubungi customer service.

      Hapus
  12. Min saya mau nnya, pihak sinarmas sudah email no RDN saya, saya top up jg sudah bisa, tetapi account portfolio saya no RDN saya kosong, cuman ada saldo. Itu kenapa ya?
    Terus saya coba WD sebagian jg gagal, apakah karena saya top up dan wd di hri yg sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ditunggu dulu biasanya butuh waktu beberapa jam saldo masuk ke rekening RDN di hari kerja.

      Hapus
  13. Saya top up saldo siminvest melalui bank neo juga belum2 masuk masuk di aplikasi siminvest sama Sinarmas equity, di hari sabtu apakah senin akan masuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transaksi top up ke RDN baru akan diproses pada hari kerja bursa, coba tunggu sampai hari Senin.

      Hapus