Pengalaman Cara Buka Rekening Sinarmas Sekuritas

Pengalaman Cara Buka Rekening Sinarmas Sekuritas
Formulir Pembukaan Rekening Sinarmas Sekuritas

Pengalaman Cara Buka Rekening Sinarmas Sekuritas - Setelah sempat trauma dengan investasi Cryptocurrency Bitcoin beberapa tahun yang lalu membuat saya kehilangan hampir 90% dana investasi ternyata tidak menurunkan minat untuk belajar di investasi saham. Sebelumnya pernah juga menempatkan dana untuk saham hanya saja masih mengandalkan manager investasi, yang pernah baca postingannya mungkin sudah tahu ketika itu menempatkan dana di Bareksa tempat jual beli reksadana saham. Baca: Pengalaman Beli Reksadana Saham Online di Bareksa

Dulunya kurang begitu paham apa beda reksadana saham dengan investasi saham, namanya mirip banget tapi ternyata sistem kerjanya beda jauh. Reksadana saham kita mengandalkan manager investasi untuk mendapatkan dana, kasarannya kita tinggal kasih uang atau dana ke manager investasi kemudian dia yang mengelola dan kita tinggal ambil untung jika dapat profit dan jika rugi ya ditanggung sendiri. Sedangkan investasi saham khususnya melalui perusahaan sekuritas saya jadi bisa belajar lebih banyak terkait saham dan bagaimana cara menganalisisnya.

Hasil browsing dan streaming YouTube saya putuskan untuk buka rekening di Sinarmas Sekuritas. Ini bukan iklan ya, alasan paling kuat karena perusahaan ini sudah cukup lama bergerak di sektor sekuritas dan kantornya pun ada di kota tempatnya tinggal saat ini jadi cukup mudah nantinya tanya jawab dengan customer service jika ada hal yang kurang dipahami atau bisa langsung telepon ke kantornya saja.

Saya buka rekening Sinarmas Sekuritas dengan cara registrasi online di website resmi http://sinarmassekuritas.co.id. Kadang kali webnya sangat sulit diakses mungkin ini karena masalah IP internet yang saya gunakan.

Untuk buka rekening Sinarmas Sekuritas sepertinya tidak terlalu sulit begitu halaman website resmi Sinarmas Sekuritas berhasil kita buka menggunakan web browser di pojok kanan atas kita langsung disambut tombol "Daftar" silakan klik di sana dan mulai buka rekening didahului dengan memilih jenis bahasa yang akan ditampilkan oleh website.

Masukkan seluruh data yang diminta sesuai formulir yang ditampilkan, seperti halnya buka rekening tabungan bank diminta nama lengkap, alamat, nomor identitas diri dalam hal ini bisa KTP, nomor telepon sebagai kontak yang bisa dihubungi, alamat email valid karena dibutuhkan nanti untuk verifikasi, nomor NPWP, dll.

Untuk NPWP saya belum punya jadi nanti ada surat pernyataan belum memiliki NPWP dan itu kita tanda tangan di kantor Sinarmas Sekuritas setelah rampung mengisi formulir di halaman website. Silahkan ikuti seluruh intruksi dari website Sinarmas Sekuritas sampai dengan kita mendapat notifikasi bahwa registrasi berhasil, selanjutnya diminta untuk cek email dan unduh berkas atau formulir pengajuan buka rekening Sinarmas Sekuritas filenya dalam bentuk PDF.

Ketika itu langsung saya download file dokumen pengajuan buka rekening Sinarmas Sekuritas ternyata cukup banyak lanjut diprint. Sesuai dengan perintah pada email registrasi dokumen tersebut di bawa ke kantor Sinarmas Sekuritas terdekat dan bawa juga fotokopi kartu identitas diri KTP termasuk KTP asli.

Sekitar 2 hari kemudian saya menuju ke kantor Sinarmas Sekuritas sampai di sana dilayani oleh customer service dan bilang ingin buka rekening Sinarmas Sekuritas, saya tunjukkan nomor registrasi pendaftaran melalui website juga formulir serta dokumen KTP. Customer service selanjutnya bantu untuk proses aktivasi rekening Sinarmas Sekuritas. Proses terakhir diminta tanda tangan pada beberapa dokumen salah satunya setuju dengan syarat dan kebijakan yang berlaku di Sinarmas Sekuritas.

Tidak sampai 10 menit permohonan buka rekening Sinarmas Sekuritas telah diajukan ke Sinarmas Sekuritas Pusat di Jakarta tentunya. Setelah menunggu 4 hari kerja rekeningnya belum juga aktif, akhirnya saya hubungi customer service dengan mengirim pertanyaan ke email Sinarmas Sekuritas. Dari sana mendapatkan jawaban bahwa beberapa data yang diinput pada formulir buka rekening Sinarmas Sekuritas tidak memenuhi persyaratan yaitu data keluarga yang bisa dihubungi ternyata tidak boleh di alamat yang sama dengan calon pemilik rekening, jadi saya ganti dengan data diri kakak yang kebetulan sudah menikah dan tinggal beda alamat. Perubahan data tersebut setelah dihubungi kantor cabang Sinarmas Sekuritas tempat menitipkan dokumen, saat dihubungi via sambungan telepon.

Email Konfirmasi Rekening Aktif
Email Konfirmasi Rekening Aktif

Sekitar 2 hari kemudian saya kembali menerima email dari Sinarmas Sekuritas menyatakan bahwa rekening Sinarmas Sekuritas telah aktif, kemudian baru bisa melakukan transaksi pembelian saham setelah rekening dana nasabah (RDN) aktif.

Awalnya bingung RDN ini apaan? Customer service kemudian menjelaskan melalui email bahwa rekening ini diperlukan untuk menampung dana investasi. Rekening RDN Sinarmas Sekuritas aktif sekitar 4 hari kerja setelah rekening Sinarmas Sekuritas berstatus aktif.

Sampai di sini akhirnya saya resmi terdaftar dan berhasil buka rekening Sinarmas Sekuritas selanjutnya bisa melakukan transaksi jual beli saham dengan syarat saham yang bisa dibeli adalah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Saya juga sempat cek banyak sekali daftar perusahaan tersedia untuk diperdagangkan melalui Sinarmas Sekuritas.

Begitu rekening dan RDN Sinarmas Sekuritas aktif tidak langsung saya top up dana karena masih terlalu awal. Intinya yang terpenting sudah memiliki rekening sekuritas untuk transaksi bisa belakangan jika kesiapan secara fisik psikologis dan dana sudah benar-benar matang hehehe..!

Untuk deposit atau topup dana ke nomor rekening RDN Sinarmas Sekuritas bisa dengan metode transfer saldo dari rekening bank lainnya, ini karena saya memilih transaksi secara online bukan menggunakan jasa Broker yang ada di kantor Sinarmas Sekuritas. Mengapa saya memilih transaksi jual beli saham online melalui Sinarmas Sekuritas? Seperti saya sebut di atas untuk lebih banyak belajar lagipula fee ketika kita menjual atau membeli saham lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jasa Broker secara offline.

Sesuai dengan informasi di website resmi Sinarmas Sekuritas petugas customer service di kantor cabang juga menjelaskan bahwa minimum deposit atau top up saldo ke rekening RDN Sinarmas Sekuritas adalah Rp500.000. Kalau saya lihat-lihat di artikel atau video YouTube jika transaksi transfer online bebas saja bahkan boleh di bawah Rp500.000 tapi kemudian saya tidak berani ambil risiko takut dananya "nyangkut" tidak masuk jadi ketika top up saldo deposit ke rekening RDN Sinarmas Sekuritas saya isi Rp500.000.

Deposit pertama kali ke rekening RDN Sinarmas Sekuritas melalui transfer saldo dari rekening Bank Permata menggunakan aplikasi Permata Mobile X. Saya pikir saldo deposit baru akan masuk setidaknya 1 sampai 2 hari kerja karena begitu transaksi transfer saya cek bagian portofolio deposit masih 0 meski halaman sudah di refresh. Nominal deposit kemudian baru muncul setelah jam trading dibuka yaitu pukul 09:00 WIB.

Software Simas Equity
Software Simas Equity

Oh ya saya lupa, cek menu portofolio melalui aplikasi Sinarmas Equity. Sinarmas equity sudah saya download begitu rekening Sinarmas Sekuritas aktif sehingga bisa login hanya saja tidak bisa transaksi karena ketika itu rekening RDN Sinarmas Sekuritas masih dalam proses aktivasi.

Baca juga: Pilih Investasi Emas Perhiasan atau Emas Batangan?

Jadi ini adalah sedikit cerita pengalaman cara buka rekening Sinarmas Sekuritas yang memungkinkan kita untuk melakukan investasi saham baik dengan tujuan menabung saham atau trading saham (for living). Dalam hal ini karena sebagai pemula saya hanya akan fokus nabung saham di emiten dengan mengedepankan fundamental perusahaan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengalaman Cara Buka Rekening Sinarmas Sekuritas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel