Senin, 09 Juli 2018

Pilih Investasi Emas Perhiasan atau Emas Batangan?

Pilih Investasi Emas Perhiasan atau Emas Batangan?
Pilih Investasi Emas Perhiasan atau Emas Batangan?

Logam mulia emas sudah menjadi alat transaksi serta penanda status sosial seseorang di masyarakat sudah sejak zaman prasejarah. Ini berlanjut sampai di zaman modern apalagi lahan untuk mendapatkan biji emas semakin sulit menjadikannya media investasi di mana nilainya cenderung mengalami peningkatan setiap tahun.

Simple saja, kita ambil contoh ibu-ibu di pedesaan sebagian besar memilih emas sebagai alternatif dari menabung karena memang keberadaan bank belum begitu familiar. Selain sebagai media investasi fungsi dari emas menjadi properti fashion untuk digunakan sehari-hari.

Ketika kita berbicara investasi maka tujuannya adalah menjadikan materi nilainya terus mengalami peningkatan dalam rentan waktu tertentu. Karena logam mulia emas nilainya cenderung mengalami peningkatan khususnya jangka panjang maka sudah dipastikan dia bisa memberikan profit untuk investasi. Tetapi, tidak sampai di sana saja karena seperti yang kita tahu emas ada dalam berapa bentuk contohnya adalah emas perhiasan dan emas batangan yang belum diolah.

"Lalu jika kita buat pertanyaan, mana yang akan dipilih apakah investasi emas perhiasan atau emas batangan yang lebih menguntungkan?"

Pertama kita bahas emas perhiasan. Jenis emas yang satu ini lebih mudah ditemukan kita bisa membeli secara bebas di toko-toko atau secara personal. Baik berupa kalung, anting-anting, juga cincin kadang kali diberi hiasan permata untuk menambah nilai jual. Karena emas jenis perhiasan sudah diberikan motif serta tambahan bahan lainnya maka berdampak pada nilainya jauh akan lebih mahal.

Sedangkan untuk emas batangan memang lebih sulit untuk didapat biasanya kita bisa membeli emas jenis ini melalui Antam atau tersedia di kantor Pegadaian dengan surat-surat resmi. Sesuai dengan namanya emas ini berbentuk batang kandungan emas atau kadar didalamnya biasanya lebih murni persentase lebih tinggi.

Investasi emas mengikuti harga jual dan harga beli tentu ketika kita membelinya harganya sedikit lebih mahal dibandingkan saat emas tersebut dijual. Untuk emas perhiasan yang sebagian besar kadarnya diturunkan dan dicampur dengan bahan sejenis serta biaya desain seperti dibentuk cincin membuatnya jadi lebih mahal dan ketika dijual harganya jauh menurun drastis apalagi bentuk dari cincin tersebut dianggap ketinggalan zaman. Belum lagi biaya perawatan "cuci emas"

Sedangkan emas batangan tidak membutuhkan biaya pengolahan jadi harganya tidak akan jatuh jauh dari harga jual pasaran. Maka dari ini saya sendiri menilai investasi emas batangan lebih memberikan profit ketimbang investasi emas perhiasan. Sisi lebih dari emas perhiasan seperti yang tersebut diatas bisa digunakan sehari-hari contohnya ketika hari raya atau ada acara undangan.

Berbicara investasi emas sebenarnya di zaman sekarang ini kita tidak perlu terlalu ribet karena sudah semakin banyak perusahaan menyediakan investasi emas digital. Baca: 3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Investasi Emas

Investasi emas melalui media digital contohnya sudah diadopsi oleh perusahaan BUMN yaitu Pegadaian dengan menghadirkan produk tabungan emas. Jadi kita sebagai masyarakat bisa menabung di Pegadaian dalam bentuk mas. Contohnya saat ini harga emas adalah Rp500.000 dan kita menabung sebesar Rp1.000.000 maka itu akan dihitung 2 gram emas, ketika tabungan tersebut mengendap selama 2 tahun lalu kemudian saat ingin menarik dana tersebut harga jual emas telah naik menjadi Rp700.000 per gram maka yang akan kita terima adalah Rp1.400.000.

Selain Pegadaian ada juga beberapa e-commerce menawarkan fitur investasi emas, di sana kita bisa membeli emas secara online dan memantau harganya setiap hari. Ketika nanti harganya naik bisa kita jual secara real time, tentu saja mengikuti harga jual dan harga beli. Selama ini saya lihat selisih adalah harga jual dengan harga beli sekitar 7% sampai 10% dimana harga beli lebih tinggi.

Jadi, inti dari postingan ini investasi emas dalam bentuk perhiasan baik untuk jangka panjang tapi tidak sebaik emas batangan untuk urusan profit. Sedangkan cara paling praktis untuk investasi emas adalah membeli produk emas secara digital. Dan saya terus mewanti-wanti mengingatkan bahwa setiap investasi pastilah memiliki risikonya masing-masing, jangan sampai tergiur keuntungan semata. Pelajari secara teliti sebelum kita menempatkan dana untuk investasi.
Pilih Investasi Emas Perhiasan atau Emas Batangan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra