Cara Pengajuan Sambungan Baru Listrik PLN Online

Cara Pengajuan Sambungan Baru Listrik PLN Online
Cara Pengajuan Sambungan Baru Listrik PLN Online

PT Perusahaan Listrik Negara yang merupakan bagian dari BUMN memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan listrik PLN dengan menghadirkan layanan pelanggan online bisa diakses melalui website resmi PLN baik untuk permintaan pengajuan sambungan baru atau pemasangan baru listrik PLN maupun perubahan daya.

Di artikel sebelumnya saya sempat bahas cara ubah golongan listrik PLN di postingan "Cara Migrasi Listrik PLN Golongan R1 ke B1 Lebih Hemat". Kali ini kita akan coba mengajukan sambungan baru atau pemasangan baru meteran listrik PLN.

Dan berikut ini adalah langkah-langkah cara pengajuan sambungan baru listrik PLN online melalui website resmi PLN:


Pertama, silahkan akses website resmi PLN di www.pln.co.id pada kesempatan ini saya menggunakan web browser di perangkat komputer. Perhatikan pada menu utama bagian atas silakan pilih menu "Pelanggan"


Selanjutnya kita akan ditampilkan layanan online di sana langsung terlihat tampilan sambungan baru silahkan pilih "Pasang Sambungan"


Berikutnya silahkan klik "Setuju" pada syarat dan ketentuan pasang baru atau perubahan daya online yang ditampilkan oleh website PLN.


Lalu pada informasi tambahan yang ditampilkan tekan "OK"


Kita akan ditampilkan formulir sambungan baru di sana ada dua tab. Pertama, isi dengan lengkap bagian "Data Pelanggan" mulai dari nama, provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, kelurahan atau desa, alamat nomor telepon identitas bisa diisi KTP kemudian NPWP jika ada.


Jangan lupa isi juga pada formulir "Data Pemohon" jika memang sama dengan data pelanggan silahkan centang "Copy berdasarkan data pelanggan" maka kita tinggal memasukkan alamat email dan konfirmasi email pada kolom.

Di sini perlu diperhatikan harap cantumkan email yang masih aktif dan bisa diakses karena nanti akan menerima kode konfirmasi kode pembayaran.


Lanjut pada formulir tarif atau daya baru isi jenis produk layanan apakah Anda memilih prabayar atau pascabayar kemudian pilih peruntukan di sana ada pilihan sosial, rumah tangga, bisnis, publik, atau industri kemudian isi pada keperluan jika untuk rumah tangga silakan pilih aktivitas rumah tangga pilih daya yang ingin anda pasang mulai dari 450 sampai dengan 41500.

Pilih token perdana yang ingin diisi mulai dari Rp5.000 dengan Rp 1 juta kemudian pilih SLO "Tidak / belum ada SLO" kemudian kita bisa memilih ketersediaan LIT / TR silakan pilih salah satu perusahaan bebas mana saja.

Lanjut pada instalasi listrik pilih belum terpasang dan masukkan perkiraan instalasi listrik siap dipasang pilih tanggal kapan Anda siap untuk memasang meteran listrik kemudian pada metode pembayaran ada opsi Bank Mandiri atau transfer antar bank. Pada kesempatan kali ini saya pilih Bank Mandiri.

Jika semua data sudah diisi kita bisa klik tombol "Hitung Biaya" seperti pada gambar di atas.


Dibawahnya akan ditampilkan detail biaya di sana ada keterangan mulai dari biaya penyambungan, biaya token, biaya PPJ, biaya SLO termasuk PPN 10%, dan biaya materai sampai dengan biaya total yang harus dibayar.

Jika seluruh detail tersebut sudah sesuai silakan centang "Dengan ini saya menyatakan data yang saya isi adalah benar dan saya bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku di PT PLN (Persero)". Lanjut isi kode keamanan yang ditampilkan pada layar kemudian klik "Simpan Permohonan"


Berikutnya adalah konfirmasi detail permohonan sambungan baru listrik PLN Online pastikan semua data sudah sesuai kemudian klik "Yes"

Sampai disini permohonan pasang baru listrik PLN secara online sudah sukses silakan cek inbox pada email yang didaftarkan tadi.

Silahkan Konfirmasi Email

Kita akan menemukan email masuk dari PLN berisi permohonan instalasi pasang baru perhatikan pada detail email bahwa kita diminta untuk konfirmasi silakan buka link yang dicantumkan pada email dan masukkan kode transaksi pada kolom.


Ini adalah halaman ketika kita membuka link pada email tersebut masukkan kode konfirmasi kemudian klik "Simpan"


Halaman akan menampilkan konfirmasi berhasil di sana muncul kode booking nomor agenda jenis transaksi dan total biaya. Tugas kita selanjutnya adalah melakukan transfer sebesar total biaya ke rekening Mandiri seperti yang saya contohkan pada postingan ini dan pembayaran bisa dilakukan ketika tanggal siap pasang yang kita tentukan tadi di formulir.

Proses Pembayaran Via Bank Mandiri

Pada saat saya mengajukan pasang baru listrik PLN online adalah tanggal 29 Maret dan memilih siap melakukan pemasangan pada tanggal 1 April. Saya pikir pembayaran bisa dilakukan saat pengajuan yaitu tanggal 29 Maret. Ternyata tidak, saya harus menunggu sampai dengan 1 April barulah bisa melakukan pembayaran melalui Mandiri Virtual Account.

Sedikit tips bagi yang ingin melakukan pembayaran pengajuan pasang baru listrik PLN online melalui Bank Mandiri silakan akses website resmi Mandiri Internet Banking https://ibank.bankmandiri.co.id bagi nasabah yang belum terdaftar bisa baca di postingan "Cara Daftar Registrasi Internet Banking Mandiri di ATM".


Setelah berhasil login di Mandiri Internet Banking (Mandiri Online) pilih menu "Bayar" selanjutnya pilih "Multi Payment" pilih rekening asal pada kolom dari rekening dan masukan penyedia jasa pilih "PLN Iconpay" kemudian masukkan kode booking yang telah diberikan oleh PLN di kolom nomor virtual kemudian klik "Lanjutkan"


Kita akan ditampilkan detail transaksi Multi Payment pastikan sudah sesuai dengan pengajuan pasang baru listrik PLN kemudian centang pada keterangan penyambungan baru dan klik "Lanjutkan"


Lanjut masukan kode keamanan dari alat transaksi Token Mandiri klik lanjutkan dan transaksi berhasil. Simpan bukti transaksi yang mungkin diperlukan apabila pihak PLN meminta bukti bayar.

Petugas melakukan survei dan pemasangan

Dari pengalaman saya mengajukan pasang baru listrik PLN online beberapa jam setelah melakukan pembayaran pihak SLO menghubungi via telepon ingin mengkonfirmasi pemasangan baru meteran listrik PLN dan akan dilakukan peninjauan atau survei. Petugas akan langsung datang kerumah dan melakukan survei jika memang layak dilakukan pemasangan maka akan diberikan surat izin.


Selanjutnya kita juga akan dihubungi oleh bagian instalasi atau pemasangan sambungan listrik beserta meteran. Begitu saya konfirmasi bahwa benar saya mengajukan pemasangan baru instalasi listrik petugas langsung datang ke rumah dan melakukan instalasi sampai dengan meteran listrik terpasang dan siap digunakan.

Jadi seperti ini cara pengajuan sambungan baru listrik PLN online yang bisa kita minta hanya melalui website resmi PLN. Proses diatas memang terlihat sedikit ribet tapi sebenarnya jauh lebih praktis dibanding ketika kita menggunakan jasa pemasangan kalau orang-orang bilang adalah calo.

Beberapa orang juga biasanya melakukan permintaan pengajuan sambungan baru listrik PLN melalui sambungan telepon, tapi mengapa buang-buang pulsa jika kita punya paket data internet.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Pengajuan Sambungan Baru Listrik PLN Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel