Jumat, 24 Agustus 2018

Biaya Admin Bayar Tagihan Kartu Kredit di Tokopedia

Biaya Admin Bayar Tagihan Kartu Kredit di Tokopedia
Biaya Admin Bayar Tagihan Kartu Kredit di Tokopedia

Pengguna kartu kredit tanah air yang sering mampir ke e-commerce Tokopedia sebagian besar telah mengetahui bahwa toko jual beli ini mengadakan promo cukup menarik yaitu cash back ketika kita bayar produk digital salah satunya tagihan kartu kredit. Promo berbau cash back maupun diskon biasanya cepat menarik minat customer.

Sebenarnya program promo ini sudah berjalan beberapa bulan, syukur sejak dimulainya saya selalu memanfaatkannya meskipun terkadang jumlah cashback yang didapat tidak bisa mencapai nilai maksimal karena memang jumlah tagihan kartu kredit tidak terlalu besar.

Persentase cashback yang didapat sesuai dengan jumlah pembayaran tagihan kartu kredit. Terakhir yang saya dapat adalah 5% dengan maksimal cashback Rp50.000. Kadang ada juga customer sedikit nakal untuk bisa mendapatkan nominal maksimal dia membayar melebihi tagihan kartu kredit yang tertera di billing statement, toh nanti kelebihan pembayaran tersebut dikreditkan ke saldo kartu kredit.

Meskipun program promo cashback bayar kartu kredit di Tokopedia lumayan besar sampai dengan Rp50.000 namun disini nasabah juga perlu mengetahui bahwa dikenakan biaya administrasi sebesar Rp9.000. Detailnya telah dijelaskan ketika proses pembayaran tagihan di Tokopedia. Biaya admin ini akan masuk ke tagihan di bulan berikutnya, sesuai dengan billing statement yang saya terima sebulan kemudian akan muncul keterangan seperti di bawah:

"FEE PAYMENT VIA BNI 9,000.00"

Sepertinya pihak Tokopedia menggunakan jasa Bank BNI untuk meneruskan dana ke bank penerbit kartu kredit.

Tidak semua jenis kartu kredit
Hanya saja sayangnya sampai saat ini tidak semua jenis kartu kredit yang diterbitkan oleh perusahaan perbankan bisa menikmati program promo cashback di Tokopedia salah satunya adalah kartu kredit milik Bank Mandiri. Terakhir dari yang saya perhatikan pemegang kartu kredit Bank BCA juga belum bisa menikmatinya. Oh.. ya, bayar tagihan kartu kredit tidak bisa dengan metode pembayaan kartu kredit.

Satu hal yang perlu diperhatikan juga dan telah dicantumkan pada bagian keterangan oleh Tokopedia di mana nasabah sebaiknya melakukan pembayaran tagihan kartu kredit via Tokopedia tidak terlalu dekat dengan tanggal jatuh tempo karena dibutuhkan waktu proses setidaknya 3 hari kerja dana baru bisa diteruskan ke bank penerbit. Di hari Sabtu dan Minggu transaksi dipending baru diteruskan pada hari kerja.

Untuk bisa mendapatkan promo cashback bayar tagihan kartu kredit di Tokopedia kita perlu memantau setiap saat karena kode vouchernya kadang berbeda setiap bulannya. Untuk melihat kode voucher yang tersedia bisa melalui halaman berikut https://www.tokopedia.com/pulsa/

Baca juga: Nomor Mencurigakan SMS Paycode Kartu Kredit CIMB Niaga

Jadi lumayan menghemat dengan ikut program promo cashback bayar tagihan kartu kredit di Tokopedia meskipun dikenakan biaya administrasi. Tetapi jika nominal cashback yang didapat lebih kecil dari admin yang harus ditanggung sebaiknya jangan ambil promo ini.

Biaya Admin Bayar Tagihan Kartu Kredit di Tokopedia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra