Rabu, 29 Agustus 2018

Biaya Tambahan Bayar Pesanan Dengan Kartu Kredit di Bukalapak

Biaya Tambahan Bayar Pesanan Dengan Kartu Kredit di Bukalapak
Bukalapak

Dari beberapa video yang sudah saya unggah di YouTube terkait transaksi belanja online di sana bisa kita lihat sebagian besar metode pembayaran yang sering saya gunakan adalah transfer perbankan khususnya pembayaran instan karena verifikasinya jauh lebih cepat dibandingkan transfer konvensional. Pembayaran instan ini contohnya adalah transfer ke virtual account.

Jajaran e-commerce ternama di Indonesia biasanya sudah support dengan sistem pembayaran tersebut termasuk di Bukalapak. Namun pada kesempatan kali ini saya coba bayar pesanan di Bukalapak menggunakan sistem cicilan menggunakan kartu kredit, sebelumnya ini belum pernah saya lakukan.

Kebetulan produk yang saya order memiliki nominal harga diatas Rp500.000 belum termasuk ongkos kirim jadi telah memenuhi syarat minimum order agar bisa dibayar dengan metode cicilan kartu kredit bunga 0%. Menarik memang kita bisa membayar dengan sistem angsuran tanpa dikenakan bunga. Namun sejauh ini saya selalu membayar secara cash takut kecanduan cicilan walau bungan 0%.

Meskipun bebas bunga untuk sistem pembayaran dengan metode cicilan dengan kartu kredit di Bukalapak customer dibebankan biaya tambahan atau kita sebut saja biaya administrasi. Besaran biaya administrasi ini dihitung dari jangka waktu cicilan, yang tersedia saat ini adalah cicilan 0% jangka waktu 3 bulan kemudian 6 bulan lalu 12 bulan sampai dengan 24 bulan. Untuk kartu kredit yang saya gunakan hanya support cicilan 0% 6 bulan dan 12 bulan.

Di sini pada halaman pembayaran saya coba pilih opsi kartu kredit cicilan 0% dengan jangka waktu 6 bulan. Di bagian bawah tertera detail pembayaran saya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp3.190 untuk total harga barang Rp610.000 ditambah dengan ongkos kirim Rp28.000. Jika dikalkulasi biaya tambahan yang harus saya bayar adalah 0,5% dihitung dari total harga barang ditambah dengan ongkos kirim. Lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah.

Biaya Pelayanan
Biaya Pelayanan

Ketika cicilan saya ubah jangka waktunya ke 12 bulan terjadi perubahan biaya administrasi atau biaya tambahan nominalnya menjadi 2,5% atau Rp15.950. Karena tidak ingin terlalu terbebani biaya tambahan jadi saya pilih opsi cicilan 0% jangka waktu 6 bulan saja, toh dengan harga segitu cicilan perbulan yang sudah sangat murah 100 ribuan.

Satu lagi yang menyenangkan dari transaksi ini karena saya berhasil menggunakan kode voucher untuk promo cashback senilai 5% dari total transaksi. Cashback ini tidak dimasukkan kedalam saldo kartu kredit tetapi ke saldo akun Bukalapak atau BukaDompet nantinya bisa digunakan untuk pembayaran transaksi berikutnya. Saldo cashback ini tidak masuk begitu saja ke BukaDompet, butuh waktu sampai transaksi berhasil dan dana pembelian diterima oleh pihak penjual. Dalam hal ini biasanya sesuai dengan estimasi pengiriman paket.

Baca juga: Biaya Admin Bayar Tagihan Kartu Kredit di Tokopedia

Jadi itu adalah nominal biaya tambahan ketika kita bayar pesanan menggunakan kartu kredit di Bukalapak yaitu 0,5% untuk cicilan 0% jangka waktu 6 bulan dihitung dari total harga barang dan ongkos kirim.

Biaya Tambahan Bayar Pesanan Dengan Kartu Kredit di Bukalapak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra