Sabtu, 07 Juli 2018

Jadikan Deposito Sebagai Jaminan Untuk Mendapatkan Kartu Kredit

Kartu Kredit
Kartu Kredit

Kartu kredit di awal kemunculannya di Indonesia banyak orang yang salah paham menjadikannya memiliki citra negatif. Saat ini semakin bertambahnya wawasan masyarakat terkait produk finansial kepemilikan kartu kredit mulai mengalami peningkatan setiap tahunnya meskipun sejak terbitnya kebijakan pemerintah terkait pembatasan kepemilikan kartu kredit juga potensi transaksi di intip oleh direktorat Pajak pertumbuhannya memang sempat mengalami penurunan.

Bagi beberapa orang dari kita untuk bisa mendapatkan kartu kredit kadang semudah membalikkan telapak tangan, namun banyak juga yang harus rela mencoba berulang kali mengajukan aplikasi kartu kredit bahkan hingga ke beberapa bank penerbit yang ternyata tidak membuahkan hasil sama sekali. Kejadian seperti ini pernah saya alami sendiri, 2 perusahaan perbankan besar meskipun menjadi nasabah aplikasi ditolak bahkan sebelum diajukan ke bagian analis.

Sekitar 2 tahun kemudian setelah kejadian tersebut saya buka rekening tabungan baru di salah satu perusahaan perbankan swasta. Ketika itu tujuannya hanya untuk mendapatkan program promo menarik khususnya ketika belanja online salah satu produk mereka menawarkan potongan harga berupa voucher diskon. Karena ketika proses buka rekening tabungan terpikir untuk coba mengajukan aplikasi kartu kredit saya pun mengisi formulir kartu kredit.

Ketika itu tidak begitu yakin, ya.. bisa dibilang trauma "cinta ditolak" oleh bank hingga sampai saat ini belum memiliki kartu kredit. Sebenarnya alasan bank menolak aplikasi kartu kredit yang saya ajukan cukup logis karena belum memiliki slip gaji dimana ini salah satu dokumen penting. Hingga akhirnya Saya memutuskan untuk menjadikan tabungan deposito sebagai "tahanan" karena sejatinya pihak bank bisa dibilang tidak peduli apakah ada orang yang memiliki banyak uang atau tidak tapi mereka perlu data dan itu harus kita tunjukkan.

Beberapa perusahaan bank penerbit kartu kredit memang memiliki layanan yang namanya secure credit card yang artinya kartu kredit tersebut didapat dengan jalur yang sedikit lebih aman dari sisi pihak bank sebagai penerbit karena nasabah menempatkan sejumlah dana sebagai jaminan baik itu saldo rekening tabungan ataupun simpanan deposito. Apabila kartu kredit tersebut gagal bayar tentu jaminan tersebut akan diambil oleh pihak bank penerbit. Hanya saja tidak seluruh nominal dari jaminan bisa dijadikan limit maksimal hanya 80%.

Deposito
Deposito

Contohnya, anda memiliki simpanan deposito sebesar 50 juta Rupiah kemudian dijadikan sebagai jaminan ketika mengajukan aplikasi kartu kredit maka batas maksimal limit pada kartu kredit tersebut adalah 40 juta rupiah. Tentu saja bank tidak akan mengambil risiko dengan memberikan debit senilai 100% dari jumlah jaminan.

Teknik menggunakan simpanan deposito sebagai jaminan ketika mengajukan aplikasi kartu kredit memang memiliki peluang lebih besar untuk diterima atau approve, namun tidak menutup kemungkinan pengajuan ditolak dan itu sepenuhnya kewenangan dari analis kartu kredit karena banyak data serta dokumen menjadi faktor penentu.

Dari metode yang saya gunakan ini akhirnya pengajuan aplikasi kartu kredit diterima, meskipun sempat mengalami kendala saat proses pengiriman kartu kredit ke alamat tempat tinggal akhirnya kartu diterima sekitar 2 bulan kemudian. Saya pun sempat menghubungi customer service bank penerbit menanyakan terkait simpanan deposito yang dijadikan jaminan apakah nanti bisa dicairkan jika status pembayaran kartu kredit lancar setelah rentang waktu beberapa bulan. Customer service menjelaskan itu bisa saja namun syaratnya minimal usia kartu 1 tahun penggunaan serta status pembayaran kredit lancar.

Biasanya proses kepemilikan kartu kredit dari satu bank ke bank lainnya bisa dibilang berantai. Apabila kita telah memiliki setidaknya 1 kartu kredit dari perusahaan penerbit dengan usia minimal 1 tahun maka besar kemungkinan diterima juga di bank lainnya karena ini dijadikan referensi apalagi status pembayaran tagihan kartu kredit Anda lancar. Saya sendiri belum berminat mengajukan kartu di bank penerbit lain, karena dipikir-pikir lebih baik berkarir sehingga bisa meningkatkan limit kartu kredit yang sudah dipegang daripada capek-capek ajukan aplikasi di tempat lain.

Baca juga: Penyebab Gagal Beli & Kirim iTunes Gift Card

Bagi pengguna baru kartu kredit seperti saya wajib berhati-hati meskipun ini adalah produk untuk "berhutang" namun sejatinya ini hanyalah sebagai alat pembayaran bukan dana darurat jadi jangan digunakan apabila kita tidak sanggup untuk bayar tagihan. Perlu diingat, bunga pada kartu kredit sangat tinggi belum lagi biaya keterlambatan ini merupakan peringatan agar penggunanya lebih bijak ketik bertransaksi memakai kartu kredit.

Jadikan Deposito Sebagai Jaminan Untuk Mendapatkan Kartu Kredit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra