Jumat, 06 Juli 2018

KlikBCA Tidak Bisa Diakses di Smartphone Lawas

KlikBCA Tidak Bisa Diakses di Smartphone Lawas
KlikBCA Tidak Bisa Diakses di Smartphone Lawas

Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika terus mengalami penurunan, situasi ini sangat dikhawatirkan oleh para pebisnis khususnya importir. Status pergerakan Rupiah sudah bertebaran di media massa, saya sendiri lebih sering mendapatkan updatenya melalui halaman utama internet banking KlikBCA.

Bagi nasabah yang sering mengakses KlikBCA internet banking tentu sudah sering mendapatkan informasi tersebut. Dan beberapa hari terakhir di halaman utama tersebut muncul sebuah banner cukup menarik terkait kebijakan dari layanan e-channel Bank BCA. Penampakan banner tersebut seperti dibawah ini.


Bank BCA memperbaharui kebijakan terkait perangkat maupun sistem operasi yang bisa mengakses layanan Klik BCA juga layanan digital lainnya dari BCA berlaku mulai 23 Juli 2018. Begitu halaman informasi tersebut saya buka langsung muncul artikel dengan capsion "Minimum Browser dan OS Ponsel Bagi Pengguna e-channel BCA". Di sana terdapat tabel daftar minimum jenis perangkat atau smartphone juga sistem operasi termasuk versi web Browser yang nantinya bisa digunakan untuk mengakses layanan digital Bank BCA.

Dari halaman tersebut Berikut saya rampung daftar perangkat serta sistem operasi minimum yang mendukung layanan e-channel Bank BCA:

Android: 4.4 atau lebih tinggi
iOS: 5.0 atau lebih tinggi
BlackBerry: BB 10.3.3
Windows Phone: WP 8.1

Android 4.4
Google Chrome v38
Mozilla Firefox/ Waterfox v34
Internet Explorer 8 (Desktop) / Internet Explorer 11 (Mobile)
Safari 8
Opera v20

Kebijakan seperti ini mulai banyak diterapkan oleh perusahaan digital. Sebelumnya saya juga mendapatkan notifikasi dari aplikasi Traveloka ketika coba melakukan order dan menggunakan metode pembayaran kartu kredit tidak bisa dilakukan karena Traveloka sekarang menerapkan kebijakan minimal menggunakan sistem operasi Android versi 5 atau Lollipop jika ingin menggunakan kartu kredit sebagai pembayaran di Traveloka. Di mana perangkat Android yang saya gunakan saat ini hanyalah Android versi KitKat.

Terkait keikutsertaan Bank BCA dalam menerapkan minimum requesment sistem operasi perangkat dalam mengakses layanan digital Bank BCA maka ini penting untuk diketahui oleh seluruh nasabah. Karena kedepannya pasti banyak nasabah kebingungan mengapa tiba-tiba tidak bisa mengakses layanan seperti KlikBCA. Sebaiknya segera update pembaruan sistem operasi pada perangkat Anda jika memungkinkan. Namun apabila mentok di sistem operasi saat ini berada di minimum requesment Bank BCA maka jalan satu-satunya adalah mengupgrade perangkat tersebut dengan kata lain beli baru.

Bank BCA memberlakukan kebijakan seperti ini tentu tujuannya tidak lain untuk kenyamanan dan keamanan transaksi para nasabah karena semakin lawas perangkat maupun sistem operasi maka semakin banyak pula celah yang ada di dalamnya. Bagi saya sendiri nampaknya harus upgrade perangkat karena usianya sudah mencapai 5 tahun dan sistem operasi tidak bisa di-update.

Baca juga: 6 Penyebab Aplikasi Mobile Banking BCA Tidak Bisa Digunakan

Oh ya saya lupa, kebijakan minimum requesment dari Bank BCA ini belum berlaku untuk perangkat komputer PC dengan sistem operasi apapun tetap bisa mengakses layanan e-channel BCA. Namun ada baiknya selalu gunakan versi terbaru khususnya web browser.

KlikBCA Tidak Bisa Diakses di Smartphone Lawas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra