Kamis, 29 Maret 2018

Penyebab Gagal Beli & Kirim iTunes Gift Card

Penyebab Gagal Beli & Kirim iTunes Gift Card
iTunes Gift Card

Jika penggunaan sistem operasi Android lebih sering dimanja dengan aplikasi gratisan tinggal download di Google Play Store. Sedikit berbeda dengan penggunaan produk Apple baik perangkat dengan sistem operasi iMac juga iOS pada iPhone. Mereka sudah terbiasa ditawarkan aplikasi berbayar dengan beberapa pilihan metode pembayaran atau menggunakan redeem iTunes Gift Card.

Tidak hanya aplikasi untuk pembelian musik di iTunes pengguna perangkat Apple juga harus membayar untuk bisa diputar meskipun tidak semua. Bahkan karena terbatasnya storage pada perangkat Apple pengguna dan juga harus membeli layanan penyimpanan digital berbasis cloud dan lagi-lagi bayar untuk berlangganan sesuai dengan kapasitas.

Walaupun saya tidak memiliki perangkat Apple baik komputer iMac ataupun iPhone tapi punya Apple ID karena pada perangkat komputer terinstall aplikasi iTunes untuk sistem operasi Windows. Di sini kita bisa dengar lagu-lagu favorit juga ada fitur kirim iTunes Gift Card (IGC) ke saudara atau teman melalui email dan tentu saja semua itu harus bayar. Pengalaman pertama ketika coba kirim IGC selalu gagal padahal semua informasi yang dimasukkan sudah benar mulai dari kartu kredit dan alamat tagihan.

Saya pun sempat menghubungi iTunes Support dan diminta menghubungi pihak bank penerbit kartu kredit karena di sistem mereka tidak ada kendala. Begitu pihak bank penerbit saya tanyakan karena selalu gagal beli iTunes Gift Card dijelaskan itu mungkin karena usia kartu kredit belum 3 bulan karena persyaratan dari bank penerbit untuk transaksi online minimal tiga bulan. Anehnya selama ini normal-normal saja digunakan untuk belanja online.

Baca juga: Kartu Kredit CIMB Niaga Tidak Bisa Digunakan Belanja Online Sebelum 3 Bulan

Ya sudah saya sabar hingga 3 bulan kemudian coba untuk beli iTunes Gift Card via aplikasi iTunes di perangkat PC dan sukses. Saya pikir benar juga kata mbak customer service bank harus nunggu 3 bulan. Eh.. Tapi tidak juga karena setelah transaksi pertama pembelian berikutnya selalu gagal muncul keterangan "Your Purchase Could Not Be Completed. Contact iTunes Store Support to complete this transaction."

Your Purchase Could Not Be Completed. Contact iTunes Store Support to complete this transaction.
Pembelian Gagal

Sekarang tambah bingung apa yang salah?

iTunes Support kembali saya hubungi diminta menunggu untuk dilakukan pengecekan sampai akhirnya mendapat respon Apple ID saya sudah bisa kembali melakukan pembelian. Langsung dicoba saat itu juga dan berhasil kirim iTunes Gift Card. Namun lagi-lagi (bikin stres) hanya bisa kirim untuk dua alamat email selanjutnya gagal lagi gagal lagi dengan keterangan yang sama seperti di atas.

Tidak malu-malu iTunes Support saya hubungi lagi dan seperti sebelumnya diminta menunggu kemudian Apple ID sudah bisa kembali digunakan. Celaka untuk kedua kalinya hanya satu pembelian berhasil selanjutnya gagal. Email dari iTunes Support saya balas dengan melampirkan screenshot bahwa transaksi pembelian IGC kembali tidak bisa diproses.

Karena ini masalah sudah berulang-ulang keluhan diteruskan ke bagian iTunes Support senior seluruh kasus diambil alih. Karena sudah menunggu hampir 2 hari, saya inisiatif cari-cari mungkin ada kesalahan pada Apple ID sehingga tidak diizinkan untuk melakukan pembelian IGC. Saya cek satu persatu dari memastikan software iTunes terbaru lalu lanjut pada menu account Apple ID mulai dari informasi pembayaran kartu kredit sudah terinput dengan benar juga dengan alamat tagihan atau billing address diikuti dengan country region sudah sesuai dengan negara Indonesia.

Lalu saya lihat ada sesuatu yang janggal pada Computer Authorisation, di sana tanpa ada dua buah komputer yang terautentikasi dengan Apple ID milik saya. Mungkin saja ini salah satu faktor mengapa sistem pada iTunes membatasi pembelian IGC karena mengenali dua komputer berbeda di mana perangkat yang satunya adalah komputer PC yang saat ini sedang rusak dan harus instal ulang Windows.

Kemudian saya hapus authorised pada kedua perangkat tersebut kemudian melakukan pengesahan ulang perangkat laptop yang saat ini digunakan agar tidak terdeteksi authorised di dua perangkat. Bagi yang belum tahu cara pengesahan perangkat untuk iTunes caranya cukup mudah.

Perangkat Disahkan
Perangkat Disahkan

Pertama silakan buka aplikasi iTunes untuk perangkat PC ataupun laptop. Kemudian pada menu utama bagian atas klik tombol "Akun" disana ada menu "Pengesahan" lalu pilih "Sahkan komputer ini".

Pengesahan Perangkat
Pengesahan Perangkat

Selanjutnya tinggal login menggunakan email dan password Apple ID anda maka pengesahan akan diproses sampai berhasil.

Setelah itu aplikasi iTunes saya tutup kemudian buka kembali dan coba melakukan pembelian iTunes Gift Card akhirnya berhasil bahkan untuk percobaan pembelian berikutnya tidak ada kendala.

Pembelian IGC Berhasil
Pembelian IGC Berhasil

Jadi bagi Anda yang kemungkinan mengalami masalah serupa seperti saya tidak bisa beli dan kirim iTunes Gift Card ke alamat email teman ataupun keluarga mungkin beberapa poin di atas bisa menjadi penyebabnya. Coba cek kembali pastikan informasi yang Anda input sudah valid mulai dari informasi kartu kredit atau kartu debit sampai dengan autentikasi perangkat yang digunakan. Jika memang masalah tidak terselesaikan jangan sungkan-sungkan menghubungi customer service iTunes Support bisa langsung melalui website resmi Apple dan pilih negara Indonesia saat mengajukan pertanyaan.

Oke sekian dulu itu cerita pengalaman saya ketika tidak bisa beli dan kirim iTunes Gift Card melalui aplikasi iTunes di perangkat laptop dengan sistem operasi Windows 10.

Penyebab Gagal Beli & Kirim iTunes Gift Card Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra