Kamis, 31 Mei 2018

Dashboard Baru Amartha Lebih Mudah Pantau Portofolio Investasi P2P

Dashboard Baru Amartha Lebih Mudah Pantau Portofolio Investasi P2P
Amartha

Jika tidak salah sudah hampir satu bulan yang lalu Amartha memberikan kesempatan pada investor untuk mencoba tampilan halaman dashboard baru, namun karena saya belum terbiasa jadi tidak menggunakannya sebagai tampilan sehari-hari untuk mengakses website Amartha.com.

Sebelumnya berapa kali kita sudah membahas terkait Amartha yang merupakan perusahaan finansial teknologi bergerak di bidang investasi peer to peer lending (P2P). Di mana tujuannya mempertemukan pihak peminjam dana dengan para investor dengan sistem online yang keseluruhannya adalah ibu-ibu di pedesaan untuk mengembangkan UMKM serta pembiayaan konsumtif lainnya dalam upaya mencapai inklusi keuangan di Indonesia.

Di tampilan dashboard baru Amartha.com saya melihat ada menu tambahan nampaknya ini sangat bermanfaat untuk memantau status portofolio investasi dari dana yang kita tempatkan yaitu memungkinkan untuk download laporan bulanan. Fitur ini langsung saya coba begitu pertama kali mengakses dashboard baru Amartha, ternyata cukup komplit. Setelah didownload billing statement yang ditampilkan sangat detail mulai dari nama kita sebagai investor, tanggal cetak, ringkasan transaksi, ringkasan investasi, hingga ringkasan mitra usaha dengan status pembayarannya masing-masing.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap investasi mestilah memiliki risikonya masing-masing dan untuk investasi peer to peer lending risikonya tidak lain gagal bayar dari mitra usaha yang kita danai. Untuk pendanaan yang baru disalurkan ke beberapa mitra usaha mungkin akan mudah untuk memantaunya tapi beda ceritanya jika sudah mencapai puluhan dengan ringkasan transaksi mitra usaha bisa mencapai angka ratusan ringkasan transaksi setiap bulan pastilah akan merepotkan kita kroscek satu persatu.

Di sinilah keunggulan dari fitur tambahan di dashboard baru Amartha dimana kita ditampilkan secara detail status pembayaran sisa pokok juga status dari masing-masing mitra usaha. Dan syukur sejauh ini seluruh mitra usaha yang saya miliki berstatus "Lancar".

Billing Statement
Billing Statement

Ringkasan Mitra Usaha
Ringkasan Mitra Usaha

Meskipun fitur ini memudahkan untuk memantau laporan bulanan status portofolio di halaman dashboard baru Amartha sayang sekarang tidak ditampilkan cuplikan mitra usaha yang tersedia di marketplace dan untuk melihatnya kita harus mengakses menu marketplace di bagian atas. Jika tersedia banyak mitra usaha tentu menyenangkan namun apabila ternyata tidak tersedia untuk didanai maka siap-siap sedikit kecewa. Tidak demikian dengan tampilan dashboard lama menunjukkan sekilas mitra usaha tersedia di marketplace.

Secara keseluruhan dashboard baru Amartha menyajikan lebih banyak informasi portofolio investasi yang telah kita tempatkan selain menu download laporan bulanan kita juga ditampilkan sejarah investasi dan pengembalian dana selama menjadi investor di Amartha.com rentan 1 bulan terakhir atau 4 Minggu berjalan.

Baca juga: Penurunan Bunga Bagi Hasil Pinjaman Amartha Investasi P2P

Selain diluncurkannya dashboard baru patut juga kita nanti dengan adanya kebijakan terkait kenaikan suku bunga acuan kredit dari Bank Indonesia apakah akan berdampak juga pada peningkatan bagi hasil dengan sistem Syariah di investasi online peer to peer lending Amartha.

Dashboard Baru Amartha Lebih Mudah Pantau Portofolio Investasi P2P Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra