Rabu, 04 April 2018

"Ngobrol" Bareng SABRINA Asisten Virtual Bank BRI

Ngobrol Bareng SABRINA Asisten Virtual Bank BRI
Asisten Virtual Bank BRI

Berlebel bank plat merah dengan jumlah nasabah terbesar di Indonesia contoh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus berupaya menghadirkan layanan perbankan terbaik baik melalui jaringan kantor cabang ataupun media digital yang memang saat ini lebih difavoritkan oleh nasabah.

Kita sebut saja produk teknologi perbankan Internet Banking juga Mobile Banking begitu digandrungi, tidak terkecuali nasabah yang baru mengenal perangkat smartphone kini sudah banyak install aplikasi BRI Mobile Banking karena memang menawarkan berbagai fitur mulai transaksi non finansial bahkan aktivitas finansial sekalipun.

Dan di awal tahun 2018 ini Bank BRI kembali meluncurkan layanan teknologi perbankan yang diberi nama SABRINA (Smart BRI New Asisten) yaitu layanan asisten digital berbasis informasi bisa dimanfaatkan oleh nasabah ataupun masyarakat umum untuk keperluan informasi produk dan layanan perbankan milik Bank BRI. Meskipun agak telat karena selama ini lebih sering akses langsung ke website resmi Bank BRI untuk mendapatkan informasi Akhirnya saya coba pelayanan SABRINA milik BRI.

Asisten digital BRI SABRINA sudah tersedia di beberapa platform seperti Facebook Messenger, WhatsApp dan Telegram. Pada kesempatan kali ini saya coba menggunakan layanan SABRINA melalui aplikasi chatting Telegram. Caranya cukup mudah kita cukup cari bot SABRINA BRI di alamat @BANKBRI_ID_BOT.

Memulai SABRINA
Memulai SABRINA

Kita akan ditampilkan asisten digital milik Bank BRI untuk memulainya silahkan tekan tombol "Start/Mulai". Sekarang kita bisa mulai mengajukan berbagai pertanyaan hanya dengan mengetik pesan teks seperti halnya ketika kita chatting dengan teman di kontak Telegram. Atau memanfaatkan menu yang tersedia dengan menekan tombol menu di pojok kanan bawah. Informasi yang ditampilkan merupakan standar informasi produk dan layanan BRI yang banyak digunakan. Seperti informasi produk simpanan, pinjaman, lokasi kantor cabang BRI, lokasi mesin ATM BRI, termasuk informasi promo.

Namun demikian asisten digital ini tidak bisa diminta untuk cek saldo rekening tabungan apalagi melakukan transaksi finansial transfer saldo. SABRINA tidak memiliki akses informasi nomor rekening nasabah apalagi sampai meminta kode rahasia PIN maupun password. Jadi harap berhati-hati Apabila ada pesan mengatasnamakan Bank BRI memindah data rahasia tersebut.

Baca juga: Biaya Yang Perlu Diketahui Saat Transfer Saldo Rekening BRI

Saya sempat mengirim pesan teks menanyakan dimana lokasi kantor cabang Bank BRI, setelah memberi lokasi sesuai dengan GPS asisten SABRINA langsung menampilkan daftar lokasi kantor cabang Bank BRI terdekat.

SABRINA Tunjukkan Lokasi ATM BRI
SABRINA Tunjukkan Lokasi ATM BRI

Namun tidak semua jenis teks berupa kalimat bisa dikenali, tentu saja demikian karena Ini adalah sebuah sistem virtual bukan human.

Belum Mengenali Kalimat Tertentu
Belum Mengenali Kalimat Tertentu

Kedepannya Bank BRI akan terus memperbarui layanan asisten digital SABRINA melengkapinya dengan kemampuan pengenalan suara jadi tidak perlu lagi mengetik teks kita tinggal ngobrol melalui suara yang langsung direspon untuk mendapatkan informasi.

Mungkin ke depannya akan semakin banyak perusahaan perbankan mengadopsi layanan sistem digital seperti ini apalagi kebanyakan nasabah sekarang lebih akrab dengan telepon komunikasi berbasis chatting baik itu Facebook Messenger, WhatsApp dan telegram. Bagi yang penasaran bisa dicoba, cukup menarik untuk bisa mendapatkan informasi produk perbankan milik Bank BRI.

"Ngobrol" Bareng SABRINA Asisten Virtual Bank BRI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra