Senin, 12 Maret 2018

Biaya Yang Perlu Diketahui Saat Transfer Saldo Rekening BRI

Biaya Yang Perlu Diketahui Saat Transfer Saldo Rekening BRI
Transfer Saldo Rekening BRI

Di jaman secanggih ini aktivitas transfer saldo mungkin sudah menjadi kegiatan (lumrah) sehari-hari bagi beberapa masyarakat baik langsung melalui kantor cabang Bank BRI ataupun memanfaatkan layanan e-banking yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi.

Fasilitas transaksi finansial transfer saldo bagi nasabah bank BRI secara grafik terus mengalami peningkatan didorong berbagai faktor salah satunya pemerataan digitalisasi perbankan dan tumbuhnya transaksi online sebut saja jual beli menggunakan media internet sehingga antara pembeli dengan penjual tidak perlu bertemu langsung begitu juga dengan pembayaran bisa melalui transfer saldo ke rekening bank.

Pembayaran melalui metode transfer saldo rekening bank memang menawarkan kemudahan namun sebagai nasabah kita juga perlu mengetahui beberapa hal terkait biaya ketika transfer saldo dilakukan melalui rekening BRI.

Biaya admin
Pihak Bank BRI membebankan biaya administrasi bagi setiap nasabah saat transaksi finansial transfer saldo dilakukan. Sebagai contoh ketika menggunakan layanan internet banking transfer saldo ke sesama nomor rekening Bank BRI dibebankan biaya admin sebesar Rp250. Sedangkan untuk transfer saldo antar bank atau nomor rekening Bank lainnya saat ini dikenakan biaya admin sebesar Rp6.500.

Baca: Cara Transfer Saldo BRIVA Internet Banking BRI

Sedikit berbeda memang Bank BRI turut membebankan biaya admin untuk transfer saldo ke sesama BRI di mana kebanyakan perusahaan perbankan lainnya tidak memberlakukan kebijakan ini alias gratis.

Metode transfer
Ada banyak pilihan metode transfer saldo dari rekening BRI mulai dari mesin anjungan tunai mandiri atau mesin ATM, langsung di kantor cabang BRI melalui teller, juga melalui layanan e-banking internet banking maupun SMS Banking BRI.

Jika nasabah transfer saldo rekening BRI melalui mesin ATM BRI tidak dikenakan biaya tambahan hanya biaya admin Rp250 seperti yang tersebut diatas untuk transfer ke sesama rekening BRI. Namun ketika menggunakan mesin ATM milik Bank lainnya nasabah kena biaya tambahan sesuai dengan jenis mesin ATM. Tarifnya berbeda-beda antara Rp3.000 sampai dengan Rp6.000 per transaksitransaksi.

Begitu juga ketika transfer saldo rekening BRI melalui SMS Banking dibebankan biaya SMS ketika mengirim format transaksi ke server Bank BRI. Besaran tarif SMS sesuai dengan operator telekomunikasi yang digunakan, rata-rata sekitar Rp500 per SMS. Dalam satu kali transaksi ada tiga kali aktivitas SMS pertama ketika mengirim format SMS, kedua membalas SMS respon dengan memasukkan kode PIN SMS Banking BRI, dan yang ketiga adalah menerima SMS notifikasi laporan terkait transaksi transfer saldo rekening BRI. Jika kita kalkulasi apabila dikenakan tarif Rp500 per SMS kemudian dikali 3 maka total biaya SMS adalah Rp1.500.

Tidak hanya melalui metode SMS Banking nasabah juga bisa dikenakan biaya untuk transaksi transfer saldo rekening BRI melalui layanan BRI Internet Banking. Biaya ini memang tidak berkaitan langsung ketika Internet Banking BRI diakses tetapi saat aktivitas finansial nasabah dikirim sebuah SMS autentikasi berupa kode mPIN BRI. Dan SMS inilah yang mengkonsumsi pulsa nominalnya sama dengan tarif pulsa SMS Banking BRI. Bedanya hanya dikirim satu buah SMS berisi satu kode mobile PIN BRI.

Itulah beberapa biaya yang perlu diketahui saat transfer saldo rekening BRI dan untuk mengurangi beban biaya admin serta biaya tambahan sebaiknya gunakan aplikasi BRI Mobile Banking dengan mengakses fitur Internet Banking.

BRI Mobile Banking
BRI Mobile Banking

Ketika kita transfer saldo menggunakan aplikasi BRI Mobile Banking di menu Internet Banking autentikasi hanya perlu memasukkan password Internet Banking berbeda ketika kita akses website BRI Internet Banking melalui web browser di perangkat komputer, laptop, ataupun smartphone akan dikirim sebuah SMS berupa mobile PIN BRI tentunya akan dikenakan tarif atau biaya SMS.

Baca juga: Penyebab Aplikasi BRI Mobile Banking Tidak Bisa Digunakan

Dengan BRI Internet Banking di aplikasi BRI Mobile maksimal beban biaya untuk transfer saldo rekening BRI adalah Rp250 untuk sesama rekening BRI sedangkan untuk transfer antar bank Rp6.500.

Biaya Yang Perlu Diketahui Saat Transfer Saldo Rekening BRI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra