Selasa, 27 Maret 2018

Mengapa Saya Jarang Menggunakan Go Mobile CIMB

Mengapa Saya Jarang Menggunakan Go Mobile CIMB
Go Mobile CIMB

Awal buka rekening tabungan di Bank CIMB Niaga Tabunganku saya pikir jenis simpanan ini hanya bebas biaya administrasi karena memang program dari pemerintah bekerjasama dengan perusahaan perbankan di Indonesia. Nyatanya rekening Tabunganku di Bank CIMB Niaga mendapatkan keistimewaan akses ke berbagai layanan e-banking.

Ini tampak jauh berbeda dengan rekening Tabunganku milik Bank BUMN yang fiturnya sangat terbatas hanya bisa tarik tunai saldo di mesin ATM tidak mendapatkan akses lebih jauh baik Internet Banking ataupun Mobile Banking.

Tabunganku CIMB Niaga memberikan semua fasilitas tersebut termasuk layanan Go Mobile CIMB. Layanan ini pun langsung saya aktifkan ketika buka rekening tabungan dibantu oleh customer service, sebelumnya saya sudah download aplikasi Go Mobile jadi tinggal aktivasi setelah registrasi langsung di kantor cabang. Meskipun fitur yang ada di dalam aplikasi Go Mobile CIMB memungkinkan kita sebagai nasabah cek informasi saldo serta mutasi rekening, transfer saldo, pembayaran maupun pembelian, rekening ponsel, termasuk kesempatan mendapatkan promo diskon saat belanja menggunakan Go Mobile. Namun saya tidak begitu sering menggunakannya.

Alasan utama jarang menggunakan Go Mobile CIMB karena saat mengaksesnya kita wajib memasukkan One Time Password atau biasa disebut kode OTP (mPIN). Metode login seperti ini tentu memberikan keamanan ekstra beda dengan password tunggal karena jenis autentikasi OTP kagak bisa digunakan sekali.

Baca juga: Solusi Lupa User ID Aplikasi Go Mobile CIMB Niaga

Hanya saja sayangnya kode keamanan ini dikirim melalui pesan singkat SMS dan dikenakan tarif pulsa nominalnya beda-beda setiap operator telekomunikasi. Mengaksesnya sekali atau dua kali dalam sehari mungkin tidak masalah tapi jika lebih dari itu bakal rakus pulsa nalangi kode OTP. Untuk mengurangi beban biaya SMS mau nggak mau saya pakai cara sedikit lebih ribet dengan akses internet banking CIMB Clicks.

Sedikit ribet karena pertama harus masukan user ID kemudian kode keamanan, lalu diikuti password untuk bisa login ke halaman utama CIMB Clicks. Bahkan jika ditanya kapan terakhir kali login di aplikasi Go Mobile CIMB saya nggak bakal bisa jawab, mungkin sudah lebih dari 6 bulan.

Bagi nasabah bank CIMB Niaga yang belum menggunakan aplikasi Go Mobile CIMB cara daftar sangat mudah seperti yang saya sebut di atas bisa minta bantuan customer service di kantor cabang atau langsung di aplikasi Go Mobile CIMB. Pertama download dulu aplikasinya di Google Play Store untuk pengguna Android tersedia juga untuk perangkat Apple di App Store juga BlackBerry. Kemudian tinggal pilih menu "Registrasi" dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Untuk fitur transfer saldo ke rekening sendiri tidak dibatasi tapi transaksi transfer ke rekening CIMB Niaga lain memiliki limit 200 juta Rupiah per transaksi per hari. Untuk cek informasi rekening tidak dikenakan biaya admin atau gratis. Oh ya, transaksi transfer ke bank lain dikenakan biaya admin Rp6.500, hampir sama dengan perusahaan perbankan lainnya.

Jika saja kode keamanan One Time Password untuk login di aplikasi Go Mobile CIMB diubah cara pengirimannya dari SMS ke metode pop up message atau biasa disebut Flash SMS seperti ketika menerima kode PIN otentikasi 3D secure transaksi kartu kredit yang tidak membebankan biaya SMS mungkin saja saya akan lebih sering menggunakan aplikasi Go Mobile CIMB.

Baca juga: Pengalaman Tukar Poin Xtra Kartu Kredit CIMB Niaga

Jadi seperti itu ya, pengiriman mobile PIN atau password untuk bisa login di aplikasi Go Mobile CIMB Niaga dikirim melalui SMS bakal dibebankan biaya SMS yang akhirnya membuat saya jarang menggunakannya.

Mengapa Saya Jarang Menggunakan Go Mobile CIMB Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra