Senin, 19 Maret 2018

Pengalaman Tukar Poin Xtra Kartu Kredit CIMB Niaga

Pengalaman Tukar Poin Xtra Kartu Kredit CIMB Niaga
Poin Xtra CIMB

Awal pengajuan kartu kredit CIMB Niaga saya tidak tahu menahu terkait adanya program reward Point Xtra ketika card holder bertransaksi secara offline di merchant-merchant maupun transaksi online dengan nominal tertentu.

Pada kartu kredit yang saya nggak pegang berlogo MasterCard yaitu kartu kredit CIMB Gold untuk setiap transaksi Rp5.000 dan kelipatannya mendapatkan Reward Point Xtra sebanyak 1 poin.

Poin yang telah berhasil dikumpulkan bisa ditukarkan, dimana syarat minimumnya telah memiliki 5000 Poin Xtra . Kebetulan selama 2 bulan menggunakan kartu kredit CIMB Niaga Gold MasterCard ini saya memiliki 6382 Poin Xtra . Sempat bingung dengan cara penukaran Poin akhirnya saya menghubungi customer service melalui sambungan telepon menanyakan informasi terkait penukaran Poin Xtra.

Customer service menjelaskan Point Xtra yang didapat nasabah bisa ditukar dengan voucher belanja di beberapa merchant partnership Bank CIMB Niaga. Tapi saya berharap Poin tersebut bisa dijadikan saldo untuk dimasukkan ke rekening tabungan. Kemudian dijelaskan bahwa Poin Xtra bisa saja dimasukkan ke dalam saldo kartu kredit yang nantinya difungsikan untuk tambahan pembayaran tagihan kartu kredit CIMB Niaga.

Saya langsung minta customer service untuk bantu proses tukar Poin Xtra dengan dijadikan saldo pada satu kredit sehingga mengurangi biaya tagihan di bulan berikutnya. Karena Poin yang telah terkumpul sudah mencapai 6302 Poin Xtra dan ada mekanisme poin bisa ditukar dengan kelipatan 3000 poin (tetap dengan syarat punya minimal 5000 Poin) jadi saya tukarkan semuanya dengan skema 2 x 3000 Point Xtra daripada tukar 5000 poin nanti menyisakan 1302 poin.

Pengalaman Tukar Poin Xtra Kartu Kredit CIMB Niaga
Total Poin Xtra

Setelah menunggu beberapa saat permintaan tukar Poin Xtra dari hasil transaksi kartu kredit CIMB Niaga telah berhasil dan butuh waktu sekitar 3 sampai dengan 5 hari kerja. Poin Xtra akan terkredit secara otomatis dan muncul di e-statemen tagihan kartu kredit CIMB Niaga di bulan berikutnya.

Customer service juga sempat menjelaskan bahwa tidak semua jenis kartu kredit CIMB Niaga Poin Xtra bisa ditukar menjadi saldo untuk mengurangi tagihan.

2 hari setelah pengajuan penukaran Poin Xtra kartu kredit CIMB Niaga saya coba cek informasi kartu kredit melalui internet banking CIMB Clicks di sana sudah nampak ada pemotongan Poin Xtra sebanyak 6000 poin. Untuk status kredit ke saldo kartu kredit akan saya update pada postingan berikutnya setelah muncul tagihan di bulan April.

Pengalaman Tukar Poin Xtra Kartu Kredit CIMB Niaga
Point Xtra Setelah Ditukar

Sekadar informasi tambahan seluruh transaksi dengan minimal Rp5.000 dan kelipatannya akan mendapatkan Poin Xtra ketika menggunakan metode pembayaran kartu kredit baik itu pembayaran cash maupun cicilan. Sesuai dengan keterangan di website CIMB Niaga terkait Point Xtra di sana tertera untuk 5000 Poin Xtra bisa ditukarkan menjadi saldo ke kartu kredit sebesar Rp50.000. Ini artinya 1 poin Xtra harganya sama dengan Rp10.

Untuk cek status poin extra yang telah didapat bisa langsung di internet banking CIMB Niaga Clicks pada bagian nomor rekening kartu kredit, atau dengan menghubungi layanan customer service melalui sambungan telepon. Poin Xtra memiliki masa berlaku 2 tahun, maka jika ingin menukarkan usahakan jangan sampai melewati batas waktu expired.

Sejak memiliki kartu kredit saya lebih sering menggunakannya untuk keperluan pembayaran transaksi khususnya secara online karena memang tidak pernah gesek kartu di mesin EDC offline. Selain bisa mendapatkan poin Xtra terkadang ada promo diskon menarik, sekaligus "berkarir" agar nantinya lebih mudah mendapatkan kenaikan limit. Sebagai pengguna baru pengajuan naik limit baru bisa dilakukan setelah kartu berusia beberapa bulan.

Baca juga: Pengajuan Naik Limit Kartu Kredit CIMB Niaga

Jadi jika Anda pengguna kartu kredit CIMB Niaga dan telah memiliki setidaknya 5000 Poin Xtra segera tukarkan, bisa dengan voucher diskon atau saldo ke kartu kredit untuk mengurangi biaya tagihan.

Pengalaman Tukar Poin Xtra Kartu Kredit CIMB Niaga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra