Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 17 April 2015

Penyebab Penyakit Asma Sesak Nafas

Penyebab Penyakit Asma Sesak Nafas - Asma adalah penyakit pada sistem saluran pernapasan atas hingga bawah. Dari gejalanya tentu saja mengakibatkan terjadinya sesak nafas karena terganggunya saluran pernafasan juga pola kembang paru. Umumnya terjadi penyempitan pada area bronkus karena mendapatkan rangsangan dari antigen atau terjadinya proses alergi. Selain itu proses inflamasi juga biasa terjadi pada kasus penyakit asma.

Penyebab Penyakit Asma Sesak Nafas
Penyebab Penyakit Asma Sesak Nafas

Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit asma sesak nafas.

Faktor ekstrinsik atau alergi
Seseorang yang mengalami masalah kesehatan khususnya sistem autoimun dimana antibodi menyerahkan elemen yang tidak berbahaya dianggap sebagai sesuatu yang bisa merugikan tubuh, ini disebut sebagai alergi. Alergi pada asma bisa berupa alergi debu, alergi dingin, alergi terhadap bulu binatang, alergi makanan seperti telur dan kacang kacangan termasuk alergi minuman seperti susu.

Untuk memastikan apakah penyakit asma tersebut disebabkan karena gangguan autoimun harus dicari tahu dengan cara melakukan pemeriksaan laboratorium. Jika memang alergi menjadi faktor penyebabnya maka harus dilakukan tindakan untuk menghindari faktor predisposisi tersebut.

Perubahan cuaca
Perubahan cuaca juga bisa menjadi penyebab penyakit asma sesak nafas umumnya peralihan dari suhu udara yang panas ke lembab atau dingin. Pada situasi udara dingin saluran pernapasan akan mengalami vasokontriksi atau penyempitan sehingga hal ini mengganggu jalan oksigen masuk ke dalam paru-paru juga karbondioksida yang harus dikeluarkan melalui hidung.

Stres psikologis

Stres Penyebab Penyakit Asma Sesak Nafas
Stres Penyebab Penyakit Asma Sesak Nafas

Ketika pikiran memiliki beban kerja lebih tinggi maka akan terjadi peningkatan sistem kerja saraf. Faktor ini bisa memicu perubahan detak jantung dan sistem kerja pada paru-paru sehingga mengakibatkan terjadinya asma dan sesak nafas.

Infeksi bakteri atau kuman
Infeksi yang terjadi pada sistem saluran pernafasan khususnya bagian atas yang biasa disebut dengan ispa atau infeksi saluran pernapasan atas juga bisa menjadi penyebab penyakit asma sesak napas. Kuman, bakteri juga virus melakukan invasi dan mengganggu dari kerja otot saluran pernafasan mulai dari adanya pembengkakan, hipersekresi cairan saluran pernafasan, termasuk penyempitan saluran pernapasan dan tentu saja situasi ini menghambat jalannya oksigen ke paru-paru.

Aktivitas fisik
Aktivitas fisik terlalu berat juga bisa menjadi penyebab penyakit asma sesak nafas karena beban kerja jantung meningkat dan selaras dengan peningkatan kinerja sistem saluran pernapasan. Ketika kita aktif bergerak seluruh sel yang ada di dalam tubuh membutuhkan lebih banyak pasokan oksigen dan terjadi peningkatan proses metabolisme tubuh ini sudah pasti menghasilkan lebih banyak karbondioksida yang harus dibuang keluar tubuh melalui pernafasan.

Pada aktivitas fisik terlalu berat saluran pernapasan tidak bisa mengkompensasi dengan baik sehingga terjadilah asma sesak nafas.

Penggunaan obat obatan
Beberapa jenis obat juga bisa mengakibatkan timbulnya sesak nafas pada penyakit asma salah satunya adalah jenis obat aspirin dan juga epinefrin.

Itulah beberapa penyebab penyakit asma sesak nafas yang tidak selalu terjadi karena faktor alergi baik makanan maupun alergi minuman.

Penyebab Penyakit Asma Sesak Nafas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra