Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 16 Februari 2013

Vitamin D Tidak Akan Aktif Tanpa Sinar Matahari

Vitamin D Tidak Akan Aktif Tanpa Sinar Matahari – Vitamin D [kalsiferol] adalah vitamin larut lemak yang berfungsi sebagai bahan dasar pembentuk tulang dan gigi bersama kalsium, fosfor dan beberapa zat lainnya. Seperti vitamin pada umumnya vitamin D juga harus dipasok dari luar tubuh yaitu dari makanan, namun tidak dapat langsung digunakan oleh tubuh karena masih dalam keadaan tidak aktif. Lalu bagaimana proses agar vitamin D menjadi aktif?

Vitamin D Tidak Akan Aktif Tanpa Sinar Matahari
Cholecalciferol, Sumber: Wikipedia

Vitamin D yang Kita dapat dari makanan [susu, daging, sayur hijau, dan buah-buahan] diserap oleh tubuh yang kemudian diproses di dalam organ hati selanjutnya disimpan pada jaringan di bawah kulit dalam bentuk tidak aktif.

Yang mampu membuat vitamin D menjadi aktif adalah sinar matahari khususnya sinar Ultra Violet [UV] ketika dia menyentuh kulit dan bereaksi dengan vitamin D yang belum aktif. Ada 2 jenis sinar UV yaitu UV A dan UV B. Sinar UV B lah yang membantu membentuk vitamin D dari keadaan tidak aktif menjadi aktif.

Vitamin D Tidak Akan Aktif Tanpa Sinar Matahari

Ini yang membuat betapa pentingnya bagi Kita untuk bisa terpapar sinar matahari, lalu kapan waktu yang paling tepat mendapatkan sinar UV B ini? Antara puku 6 – 9 pagi [sambil olahraga pagi] atau setelah jam 3 sore adalah waktu yang paling tepat mencari sinar matahari untuk dapat mengaktifkan vitamin D, dibutuhkan waktu sekitar 10 – 15 menit.

Ini juga yang menjadi alasan mengapa di tempat yang jarang mendapat paparan sinar matahari banyak masyarakatnya mengalami kekurangan vitamin D walaupun mereka selalu mengkonsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin D - Vitamin D Tidak Akan Aktif Tanpa Sinar Matahari.

Baca juga artikel dan informasi kesehatan Proses Awal Terjadinya Infeksi Pada Luka.

Vitamin D Tidak Akan Aktif Tanpa Sinar Matahari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra