Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 30 November 2012

Proses Awal Terjadinya Infeksi Pada Luka

Proses Awal Terjadinya Infeksi Pada Luka - Infeksi adalah terjadinya invasi yang dilakukan oleh mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan parasit. Infeksi bisa terjadi pada luka terbuka maupun luka tertutup hanya saja luka terbuka lebih rentan mengalami infeksi. Faktor paling banyak penyebab infeksi pada luka adalah kurangnya higienisitas mulai dari awal terjadinya luka sampai pada saat dilakukan perawatan.

Proses Awal Terjadinya Infeksi Pada Luka

Ketika sebuah jaringan mengalami luka terbuka invasi dimulai ketika luka tersebut mengalami kontak langsung dengan mikroorganisme patogen [mikroorganisme yang bersifat membahayakan] ada dua kemungkin kontak ini terjadi pertama karena kontak langsung saat terjadi luka misalkan terjatuh di jalanan yang kotor dan banyak terdapat bakteri masuk ke dalam luka, kemungkinan kedua karena terkontaminasi ketika luka itu ditangani. Mikroorganisme juga bisa hidup dengan sendirinya pada luka jika tidak mendapatkan perawatan yang baik.

Begitu mikroorganisme sudah berada di dalam luka mereka mulai melakukan invasi kemudian reproduksi memperbanyak koloni, pada tahap ini umumnya antibody dalam tubuh Kita sudah mendeteksi adanya antigen [kuman, virus, parasit, dll] masuk melakukan invasi, bila antibody tubuh kurang responsive mikroorganisme bisa dengan leluasa bereproduksi.

Ketika antigen bereaksi dengan antibody akan menimbulkan gejala-gejala [nanti Saya jelaskan di bawah 5 tanda dan gejala infeksi]. Masa ketika mikroorganisme masuk sampai dengan dia bereaksi dengan antibody yang akhirnya menimbulkan gejala infeksi disebut masa inkubasi.

Perang antigen dengan antibody akan terjadi sesaat setelah tubuh memproduksi lebih banyak antibody ditujukan ke daerah luka yang diinvasi oleh mikroorganisme tadi. Disinilah mengapa sangat penting bagi Kita mengkonsumsi banyak nutrisi yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, protein juga menjadi sangat penting karena protein berfungsi membangun sel jaringan pada luka.

Untuk menghentikan invasi dan inflamasi oleh mikroorganisme kekuatan antibody saja belum cukup, luka harus mendapatkan perawatan yang baik, baik teknik perawatan maupun dengan pemberian obat-obatan. Jika mikroorganisme berhasil dilumpuhkan gejala-gejala infeksi akan berkurang dibarengi dengan penyembuhan lukan namun bila mereka kuat dan terus mampu bereproduksi tentu saja akan memperparah infeksi pada luka dan berpotensi menginvasi jaringan lainnya. - Proses Awal Terjadinya Infeksi Pada Luka.

Baca juga artikel dan informasi kesehatan Apa Saja 5 Tanda-tanda dan Gejala Infeksi Pada Luka.

Proses Awal Terjadinya Infeksi Pada Luka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra