Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kartu Debit Digital Untuk Nasabah BCA

Kartu Debit Digital Untuk Nasabah BCA
Kartu Debit BCA

Kartu Debit Digital Untuk Nasabah BCA - Lebih dari setahun yang lalu Bank BCA telah memberikan notifikasi kepada nasabah agar segera mengganti kartu debit non-chip atau yang masih menggunakan magnetik strip ke kartu debit BCA chip. Ini merupakan implementasi dari kebijakan Bank Indonesia (BI) yang mewajibkan seluruh nasabah perusahaan perbankan menggunakan kartu debit chip.

Nantinya terhitung mulai 31 Januari 2022 pengguna kartu debit non-chip tidak bisa lagi transaksi baik di mesin ATM maupun mesin EDC, tentu ini berlaku juga bagi nasabah Bank BCA.

Bank BCA sendiri berusaha memudahkan nasabah agar bisa mengganti kartu debit non-chip ke kartu debit BCA chip. Ada beberapa cara yang bisa dipilih diantaranya penggantian di cabang Bank BCA terdekat, penggantian kartu di mesin CS Digital BCA, dan penggantian melalui layanan Halo BCA.

Yang menjadi masalah adalah belum semua nasabah Bank BCA mengetahui informasi ini dan meskipun kartu debit BCA non-chip telah diblokir penggunaannya sejak 31 November 2021 beberapa nasabah masih enggan menggantinya ke kartu debit BCA chip. Alasannya beragam, toh masih ada fitur tarik tunai tanpa kartu debit di m-BCA.

Bahkan nantinya setelah penetapan pemblokiran seluruh kartu debit non-chip berlaku nasabah yang belum mengganti ke kartu debit BCA chip tetap bisa transaksi di layanan Mobile Banking BCA. Mengapa demikian?

Bank BCA tentu tidak mau ambil risiko melakukan pemblokiran begitu saja terhadap layanan BCA mobile yang mana mungkin saja nasabah belum sempat mengganti kartu debit salah satu contoh sedang berada di luar negeri. Sebagai solusi Bank BCA menerbitkan kartu debit digital yang terkoneksi dengan rekening BCA nasabah.

Nomor kartu debit digital BCA bisa dilihat melalui aplikasi BCA mobile tepatnya pada fitur m-BCA. Meski nasabah telah mendapatkan kartu debit digital tetap disarankan untuk segera mengganti kartu debit sebelumnya agar mendapatkan kartu debit fisik yang sudah menggunakan chip.

Dengan memiliki kartu debit fisik akan memudahkan aktivitas transaksi di mesin ATM maupun mesin EDC. Sebut saja transaksi transfer, pembayaran tagihan, pembelian seperti pulsa handphone, termasuk registrasi di layanan e-Channel BCA yang tidak mungkin dilakukan menggunakan kartu debit digital.

Apabila nanti layanan mobile banking ataupun internet banking milik nasabah terblokir dan nasabah melakukan buka blokir melalui layanan Halo BCA maka tidak bisa registrasi ulang di mesin ATM karena kartu debit yang dimiliki berbentuk digital. Solusi satu-satunya nasabah harus mendapatkan kartu debit chip.

Posting Komentar untuk "Kartu Debit Digital Untuk Nasabah BCA"