Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Sabtu, 18 Februari 2017

6 Penyebab Aplikasi Mobile Banking BCA Tidak Bisa Digunakan

6 Penyebab Aplikasi Mobile Banking BCA Tidak Bisa Digunakan - PT Bank Central Asia Tbk sebagai perusahaan perbankan swasta terbesar di Indonesia telah memiliki berbagai produk dan layanan konsumen berbasis teknologi salah satunya adalah layanan Mobile Banking BCA dimana nasabah bisa melakukan berbagai transaksi baik finansial maupun non finansial.

Pada dasarnya aplikasi Mobile Banking BCA memanfaatkan fitur SMS banking dan internet banking KlikBCA untuk berkomunikasi dengan server Bank BCA sehingga nasabah bisa melakukan transaksi lebih praktis secara personal.

6 Penyebab Aplikasi Mobile Banking BCA Tidak Bisa Digunakan
6 Penyebab Aplikasi Mobile Banking BCA Tidak Bisa Digunakan

Aplikasi BCA Mobile bisa didownload gratis untuk smartphone Android dan juga Apple iOS di masing-masing toko aplikasi resmi agar lebih terjamin keamanannya ketika digunakan. Tetapi kadang ada beberapa nasabah yang mengalami kendala ketika menggunakan aplikasi Mobile Banking BCA atau BCA Mobile baik untuk fitur SMS banking maupun internet banking KlikBCA.

Berikut ini 6 faktor yang bisa menjadi penyebab aplikasi Mobile Banking BCA tidak bisa digunakan:

Belum terdaftar
Seperti yang kita ketahui di atas untuk bisa menggunakan aplikasi BCA mobile tentu nasabah sebelumnya harus melakukan registrasi SMS banking BCA juga internet banking KlikBCA. Jika tidak aplikasi yang telah diinstal pada smartphone tidak akan bisa digunakan untuk login di masing-masing layanan.

Tidak cukup pulsa
Khusus untuk akses ke layanan SMS banking BCA melalui aplikasi Mobile Banking BCA atau BCA mobile membutuhkan biaya pulsa sesuai dengan operator telekomunikasi yang digunakan agar bisa berkomunikasi dengan server Bank BCA.

Seperti contohnya ketika nasabah ingin melakukan cek saldo rekening tabungan BCA maupun transaksi transfer saldo. Seperti halnya menggunakan layanan SMS banking BCA secara manual hanya saja dengan menggunakan aplikasi BCA mobile prosesnya menjadi lebih simpel tetapi tetap saja membutuhkan pulsa. Untuk mengatasi masalah ini tentu saja Anda harus melakukan isi ulang pulsa setidaknya Rp5.000.

Tidak hanya masalah pulsa pelanggan juga harus memperhatikan bahwa nomor telepon masih dalam masa aktif karena memiliki banyak pulsa namun telah memasuki masa tenggang tentu saja tidak akan bisa digunakan untuk melakukan aktivitas kirim SMS.

Masalah koneksi internet
Jika mengakses SMS banking BCA melalui aplikasi BCA mobile kita membutuhkan pulsa maka untuk bisa menggunakan layanan internet banking KlikBCA tentu saja sambungan data internet pada smartphone harus aktif atau melalui jaringan wifi.

Untuk itu pastikan sambungan data internet telah aktif dan nomor telepon yang digunakan terdaftar di paket data internet maupun terkoneksi di jaringan wifi.

Salah User ID dan password
Ketika melakukan transaksi finansial pada layanan SMS banking BCA melalui BCA mobile nasabah diminta memasukkan nomor PIN jika nomor yang di input tidak benar tentu saja transaksi tidak akan diproses lalu aplikasi BCA mobile akan menunjukkan pesan transaksi gagal.

Itu bisa terjadi juga ketika menggunakan layanan internet banking KlikBCA yang diakses melalui BCA mobile dimana nasabah harus login terlebih dahulu menggunakan user ID dan password.

Masalah SIM card

6 Penyebab Aplikasi Mobile Banking BCA Tidak Bisa Digunakan
Dual SIM Card

Untuk beberapa jenis smartphone khususnya yang support dua SIM card mewajibkan nomor handphone yang terdaftar di layanan SMS banking BCA ditempatkan atau diposisikan pada slot SIM 1. Jika ditempatkan pada Slot SIM 2 maka aplikasi Mobile Banking BCA tidak akan bisa digunakan.

Seperti yang kita ketahui di atas untuk bisa berkomunikasi dengan server BCA Melalui aplikasi BCA mobile nomor handphone akan mengirim pesan melalui SMS. Jadi jika anda mengalami masalah aplikasi Mobile Banking BCA tidak bisa digunakan untuk akses SMS banking coba pindah kartu ke Slot SIM 1.

Pengaturan pada aplikasi
Beberapa jenis smartphone juga menerapkan sistem keamanan cukup ketat khususnya untuk akses informasi bagi aplikasi pihak ketiga Tentu saja Ini berlaku ketika aplikasi BCA mobile yang telah diinstall. Terkadang sistem operasi pada smartphone tidak mengizinkan aplikasi BCA mobile untuk mengirim SMS.

Ini yang perlu di seting secara manual oleh pengguna aplikasi BCA mobile. Berikut ini ada contoh pengaturannya pada smartphone Xiaomi yang tidak bisa menggunakan aplikasi BRI Mobile bisa baca pada halaman berikut Solusi Cara Mengatasi Aplikasi BRI Mobile Tidak Bisa SMS Banking di Xiaomi.

Masalah pada server
Kadang pihak bank BCA melakukan maintenance atau perawatan jaringan baik pada layanan SMS banking BCA maupun internet banking KlikBCA atau bahkan pada aplikasi BCA mobile itu sendiri. Jika hal ini terjadi tentu saja aplikasi tidak akan bisa digunakan secara maksimal khususnya untuk mengakses kedua layanan tersebut.

Untuk bisa kembali menggunakan aplikasi BCA mobile tentu nasabah harus sedikit bersabar menunggu sampai perawatan jaringan selesai dilakukan biasanya tidak lebih dari 24 jam.

Jadi itulah 6 faktor yang bisa menjadi kenyataan aplikasi Mobile Banking BCA tidak bisa digunakan. Jika membutuhkan bantuan terkait masalah tersebut bisa langsung menghubungi Halo BCA atau ke kantor cabang BCA terdekat dengan membawa buku rekening tabungan, kartu identitas diri KTP asli, serta smartphone yang telah di instal aplikasi BCA mobile.

6 Penyebab Aplikasi Mobile Banking BCA Tidak Bisa Digunakan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra