Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nasabah Perbankan Waspadai Penipuan SIM Card Swapping

Nasabah Perbankan Waspadai Penipuan SIM Card Swiping
SIM Card Swapping

Nasabah Perbankan Waspadai Penipuan SIM Card Swapping - Di awal popularitas perangkat seluler sebenarnya sudah sangat mulai muncul kasus penipuan yang berujung pembobolan rekening perbankan dengan bermacam-macam metode seperti menghubungi nasabah dengan mengatasnamakan perusahaan perbankan dan meminta berbagai data rahasia terkait rekening.

Saat ini modus penipuan semakin beragam bahkan tanpa perlu berkomunikasi secara langsung dengan calon korban, satu diantaranya adalah SIM Card Swapping di mana para penipu mengambil alih SIM card handphone korban. Seperti yang kita ketahui layanan digital banking menjadikan data nomor telepon nasabah sebagai metode verifikasi transaksi.

Tentu saja nasabah perusahaan perbankan wajib waspadai hal ini. Dan Berikut ini adalah beberapa modus penipuan dengan metode SIM Card Swapping:
  • Pelaku pada umumnya mengumpulkan informasi data nasabah kemudian mengunjungi kantor operator telekomunikasi yang digunakan meminta penggantian kartu SIM milik nasabah menggunakan data diri palsu yang terdaftar di kartu tersebut.
  • Setelah berhasil mengambil alih nomor kartu SIM nasabah selanjutnya pelaku bisa dengan leluasa bertransaksi melalui layanan digital banking seperti mobile banking dan SMS banking.

Untuk menghindari tindak penipuan SIM Card Swapping ini berikut ada beberapa tips bagi nasabah:
  • Jangan pernah mempublikasikan data rekening baik nomor ponsel di media sosial. Apabila memungkinkan gunakan nomor ponsel berbeda antara kebutuhan komunikasi dengan nomor yang terdaftar di rekening bank.
  • Apabila nomor SIM Card tiba-tiba tidak aktif nasabah baiknya segera melapor ke layanan customer service perbankan dan customer service operator telekomunikasi yang digunakan untuk mendapatkan konfirmasi.
  • Selalu aktifkan layanan SMS notifikasi ataupun email notifikasi agar transaksi rekening bisa dipantau secara real time.
  • Jangan pernah membagikan kode rahasia seperti kode OTP dan password kepada pihak manapun bahkan yang mengatasnamakan layanan customer service bank sekalipun.
  • Jangan gunakan data diri orang lain untuk registrasi nomor SIM Card untuk menjaga personalisasi dan keamanan data dari nomor telepon.

Itulah beberapa tips untuk meminimalisir kasus penipuan SIM Card Swapping yang masih marak terjadi di dalam upaya pembobolan rekening perbankan milik nasabah.

Posting Komentar untuk "Nasabah Perbankan Waspadai Penipuan SIM Card Swapping"