Rabu, 18 Juli 2018

Solusi Lupa Password Internet Banking BRI Terblokir

Solusi Lupa Password Internet Banking BRI Terblokir
Solusi Lupa Password Internet Banking BRI Terblokir

Salah satu penyebab menurunnya jumlah kunjungan ke kantor cabang Bank BRI dalam beberapa tahun terakhir khususnya untuk aktivitas transaksi finansial merupakan dampak dari hadirnya layanan digital sebut saja Jaringan mesin ATM BRI, SMS Banking, maupun Internet Banking BRI. Dari semua layanan tersebut sebagian besar transaksi finansial sudah ada di dalamnya.

Kita sebut saja BRI Internet Banking, bahkan untuk registrasi nasabah bisa melakukannya secara personal dengan mudah melalui mesin ATM BRI menggunakan kartu debit. Hanya saja untuk registrasi dan aktivasi awal BRI Internet Banking hanya diberikan akses transaksi non finansial seperti cek saldo rekening tabungan. Jika nasabah menginginkan transaksi finansial seperti transfer saldo maka wajib aktivasi transaksi finansial di kantor cabang BRI terdekat.

BRI Internet Banking bisa diakses nasabah melalui aplikasi BRI Mobile atau langsung access di website resmi menggunakan web browser pada perangkat smartphone ataupun komputer / laptop. Disana nasabah harus memasukkan user ID dan password agar bisa masuk ke halaman utama.

Perlu diperhatikan tiga kali salah memasukkan password di halaman login BRI Internet Banking maka status user ID nasabah langsung diblokir. Status diblokir tersebut mengakibatkan layanan BRI Internet Banking sementara waktu tidak bisa diakses sama sekali. Jika sudah berada dalam situasi seperti ini kita mesti meminta bantuan customer service.

Hanya saja untuk permasalahan lupa password di layanan bRI Internet Banking customer service melalui sambungan telepon di BRI call tidak akan bisa bantu untuk reset password. Lalu bagaimana solusinya? Langkah yang bisa ditempuh oleh nasabah adalah langsung ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa buku rekening tabungan, kartu debit / kartu ATM BRI, kartu identitas diri asli, smartphone yang memiliki koneksi internet dan telah terinstal aplikasi BRI Mobile, serta nomor telepon terdaftar di BRI Internet Banking.

Customer service di kantor cabang BRI akan bantu pemulihan password, nasabah akan diminta untuk coba login kembali dengan user ID yang sama. Prosesnya hampir serupa ketika pertama kali aktivasi di layanan BRI Internet Banking. Silakan buat password baru kemudian daftarkan alamat email selanjutnya verifikasi email tersebut. Apabila nasabah mengalami kesulitan selama proses pemulihan password sepenuhnya dibantu oleh customer service.

Sampai di sini sebenarnya proses pemulihan password di layanan BRI Internet Banking sudah selesai dan nasabah bisa login kembali dan menikmati berbagai fitur yang ada di dalamnya. Tidak dikenakan biaya administrasi ketika meminta bantuan pemulihan password BRI Internet Banking.

Untuk menghindari terjadinya kasus serupa di mana layanan BRI Internet Banking terblokir sebaiknya nasabah membuat password yang mudah diingat namun sulit ditebak oleh orang lain. Hindari menggunakan jajaran tanggal lahir. Terblokirnya layanan ini pernah saya alami meskipun password yang dimasukkan sudah benar sampai berulang lebih dari 3 kali dan ternyata penyebabnya adalah sistem dari BRI Internet Banking sedang mengalami gangguan sementara.

BRI Mobile
BRI Mobile

Sebagai informasi tambahan khususnya nasabah pengguna layanan BRI Internet Banking tepatnya aplikasi BRI Mobile di smartphone dengan dua slot SIM card pastikan nomor telepon atau kartu SIM yang terdaftar berada pada Slot SIM 1. Apabila ditempatkan di Slot SIM 2 aplikasi tidak akan bisa diakses. Kejadian seperti ini banyak dialami oleh nasabah baru penggunaan layanan BRI Internet Banking.

Baca juga: Penyebab Aplikasi BRI Mobile Banking Tidak Bisa Digunakan

Itu adalah solusi apabila lupa password internet banking BRI yang akhirnya terblokir karena lebih dari 3 kali. Sedangkan bagi nasabah yang lupa dengan user ID tapi masih ingat dengan password bisa menghubungi layanan call center customer service bank BRI nanti akan dibantu untuk informasi user ID tanpa perlu datang ke kantor cabang Bank BRI.

Solusi Lupa Password Internet Banking BRI Terblokir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra