Kamis, 28 Juni 2018

Cara Mengatasi Peringatan Pelanggaran Google AdSense

Pertengahan bulan Juni tahun ini akun Google Adsense saya mendapatkan peringatan dikirim ke alamat email. Padahal ketika itu tinggal nunggu beberapa jam waktunya "nomor cantik" keluar karena masih menggunakan sistem pembayaran Western Union biasa diambil di kantor Pos.

Tentu saja rasanya cukup kaget karena baru pertama ini mendapat laporan pelanggaran kebijakan pelayanan iklan oleh Google AdSense. Syukurnya alamat email yang jarang dibuka ini saya akses & kebetulan notifikasi tersebut baru dikirim beberapa jam yang lalu sehingga bisa lebih cepat untuk diselesaikan.

Email peringatan laporan kebijakan penayangan Google yang saya terima detailnya seperti di bawah ini:

Penayang yang terhormat,

Laporan Kebijakan Penayang Google ini memberikan ringkasan mengenai aktivitas terbaru terkait pelanggaran yang ditemukan di halaman tertentu pada situs Anda. Karena status penegakan dapat berubah dari waktu ke waktu, lihat bagian "Penerapan kebijakan tingkat halaman" di Pusat Kebijakan AdSense untuk daftar pelanggaran aktif saat ini.

Perhatikan bahwa laporan ini tidak mencakup pelanggaran yang mungkin terjadi di tingkat situs atau akun secara keseluruhan. Anda akan diberi tahu melalui email terpisah jika ditemukan pelanggaran tingkat situs atau akun. Iklan akan terus ditayangkan jika tidak ditemukan pelanggaran kebijakan, baik di tingkat halaman atau situs.

Dalam 24 jam terakhir:
Pelanggaran baru telah terdeteksi. Akibatnya, penayangan iklan telah dibatasi atau dinonaktifkan di halaman tempat pelanggaran Kebijakan Program AdSense ini ditemukan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menghapus konten yang melanggar dan meminta peninjauan, atau menghapus kode iklan dari halaman yang melanggar.


Detail lebih lanjut tentang penerapan dapat ditemukan di Pusat Bantuan AdSense. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kebijakan program kami, lihat Kebijakan AdSense Program.

Hormat kami,
Kebijakan Penayang Google

Dari keterangan tersebut kita belum bisa memastikan apa pelanggaran yang terjadi sehingga muncul peringatan. Sebenarnya ini adalah email otomatis dari robot milik Google AdSense selanjutnya halaman akan ditinjau kembali oleh tim Google jika tidak dilakukan perbaikan maka penayangan iklan akan dihentikan secara permanen terkait pelanggaran tersebut.

Dan berikut ini cara mengetahui detail pelanggaran serta cara mengatasi peringatan pelanggaran Google AdSenseAdSense:

Pertama baca secara detail email notifikasi peringatan laporan kebijakan pelayanan Google AdSense yang kita terima. Selanjutnya silakan akses dashboard atau halaman beranda akun Google AdSense. Pada menu utama silakan pilih "Setelan"

Pusat Kebijakan
Pusat Kebijakan

Lalu pilih "Pusat Kebijakan" seperti pada gambar diatas.

Sekarang kita akan ditampilkan halaman pusat kebijakan di sana tertera terkait penegakan kebijakan. Perhatikan ringkasan situs serta status situs juga penegakan kebijakan. Lanjut klik icon next pada halaman tersebut untuk melihat detail pelanggaran.

Situs Melanggar
Situs Melanggar

Maka kita akan ditampilkan halaman website atau blog juga pelanggaran yang terjadi termasuk status halaman biasanya penayangan iklan akan dibatasi atau dihentikan sementara. Di sana juga ditampilkan cara memperbaiki pelanggaran tersebut.

Pada kasus ini saya melanggar kebijakan Google AdSense karena menampilkan konten berhak cipta pada salah satu postingan tepatnya konten media yaitu gambar. Postingan artikel tersebut saya edit dengan menghapus gambar berhak cipta kemudian mempublikasikan ulang.

Detail & Peninjauan
Detail & Peninjauan

Setelah itu kita bisa centang box halaman yang ditandai melanggar kebijakan Google AdSense selanjutnya Klik tombol "Minta Peninjauan"

Pihak Google akan mereview konten yang telah diperbaiki jika mana telah sesuai dengan kebijakan pengiklanan peringatan tersebut akan dicabut lalu kita mendapatkan email terkait hasil peninjauan yang telah diajukan. Dari email yang saya terima detailnya seperti di bawah ini.

Dalam 24 jam terakhir:
1 permintaan peninjauan tingkat halaman diterima. Anda akan diberi tahu saat peninjauan selesai.
1 halaman telah ditinjau berdasarkan permintaan Anda dan tidak ditemukan pelanggaran kebijakan di halaman tersebut pada saat peninjauan. Penayangan iklan akan dipulihkan pada halaman tersebut dan pemakaian terhadap batas peninjauan bulanan Anda akan dihapus.

Sampai disini status pelanggaran kebijakan penayangan iklan Google AdSense pada salah satu blog yang saya kelola sudah clear dan kini iklan tayang dengan normal pada halaman tersebut. Agar terhindar dari pelanggaran kebijakan pelayanan Google AdSense sebaiknya hindari menggunakan konten berhak cipta. Atau untuk lebih detailnya bisa baca halaman kebijakan di website resmi Google AdSense.

Baca juga: Akhirnya My Blog Diaktifkan Kembali oleh Blogger

Semoga postingan ini bermanfaat bagi kawan-kawan yang mendapat masalah serupa ketika menempatkan iklan Google Adsense pada website atau blog masing-masing untuk mendapatkan pembayaran dari konten yang kita publikasikan.

Cara Mengatasi Peringatan Pelanggaran Google AdSense Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra