Sabtu, 05 Mei 2018

Fitur Baru Notifikasi SMS Transfer Saldo Bank BRI

Fitur Baru Notifikasi SMS Transfer Saldo Bank BRI
Layanan Bank BRI

Tentu beritanya masih hangat dibahas oleh media massa terkait adanya skiming terhadap beberapa nasabah perusahaan perbankan terkemuka di Indonesia salah satunya adalah milik Bank BRI, tidak tanggung-tanggung jumlahnya bahkan melebihi hitungan jari kita. Mau tidak mau pihak bank juga harus ganti rugi karena nasabah kehilangan saldo bukan karena kesalahan sendiri.

Meskipun kasus skiming ini telah menemukan titik terang dan para pelaku telah ditangkap tetap saja memunculkan kewaspadaan agar kejadian serupa bisa terhindar. Bank BRI sendiri telah melakukan beberapa upaya untuk menghindari penyalahgunaan rekening satu yang baru saya terima adalah notifikasi SMS setelah transfer saldo berhasil di sini saya menggunakan fasilitas layanan internet banking BRI.

Jika tidak salah sekitar seminggu yang lalu terakhir kali saya transfer saldo menggunakan layanan internet banking BRI fitur SMS notifikasi ini belum ada, yang tadi pagi tepatnya tanggal 5 Mei 2018 setelah transfer saldo ke sesama rekening BRI berhasil barulah muncul SMS notifikasi berisi detail transaksi tanpa perlu registrasi terlebih dahulu seperti di bawah.

Fitur Baru Notifikasi SMS Transfer Saldo Bank BRI
Notifikasi SMS

Ternyata oh.. ternyata
Ini adalah fitur gratis sementara dari BRI sampai dengan 31 Mei 2018, selanjutnya dikenakan tarif pulsa atau kita bisa unreg untuk berhenti mendapatkan SMS notifikasi. Hehehe..!

Info Fitur Baru
Info Fitur Baru

Fitur seperti ini nampak sangat penting sebagai "alarm" bagi nasabah selaku pemilik nomor rekening ketika ada transaksi finansial khususnya saldo keluar baik terkait transfer saldo juga pembayaran dan pembelian termasuk tarik tunai saldo. Hanya saja saya belum tahu pasti apakah ada minimal nominal transfer untuk mendapatkan SMS notifikasi ini. Di beberapa perusahaan bank lainnya juga ada fitur seperti ini hanya saja kita perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan menentukan sendiri nominal minimal transaksi sebagai contoh SMS notifikasi baru akan diterima jika ada transaksi lebih dari Rp500.000. Sebab dikenakan biaya SMS ketika SMS notifikasi diterima.

Di sini pun saya tidak bisa memastikan apakah fitur baru SMS notifikasi setelah transfer saldo Bank BRI ini dikenakan tarif SMS atau tidak karena belum sempat cek sisa pulsa.

Sebelum fitur SMS notifikasi ini ada sebenarnya Bank BRI telah memberikan pesan kepada nasabah setelah transfer saldo berhasil khususnya melalui layanan BRI Internet Banking yang dikirim ke alamat email terdaftar. Hanya saja kadang nasabah tidak begitu memperhatikan pesan inbox pada email apalagi eksesnya tidak semudah ketika kita membaca SMS. Berikut ini contoh notifikasi transfer dana dari rekening BRI yang dikirim ke alamat email.

Email Report
Email Report

Lalu bagaimana jika SMS notifikasi ini diterima padahal tidak melakukan aktivitas financial tersebut?

Tentu sebaiknya nasabah segera menghubungi layanan call center customer service Bank BRI, apabila di hari kerja bisa langsung ke kantor cabang terdekat. Namun, di luar jam operasional atau hari libur bisa menghubungi contact center via sambungan telepon dilayani 24 jam.

Agar terhindar dari tindak kriminal pencurian data atau skiming di mesin ATM sebaiknya teliti sebelum menggunakan ATM. Pertama pastikan tidak ada benda mencurigakan di bagian slot kartu ATM, yang kedua tutup tangan Anda ketika memencet kode PIN, dan yang ketiga ganti password atau PIN kartu ATM secara berkala. Ada cara yang lebih aman yaitu ganti kartu ATM lama dengan sistem chip, saat ini pihak bank sedang agresif mempromosikan ada nasabah segera berlari ke kartu ATM atau kartu debit jenis ini.

Baca juga: Penyebab Aplikasi BRI Mobile Banking Tidak Bisa Digunakan

Cukup menyenangkan dengan adanya tambahan fitur baru SMS notifikasi seperti ini dari Bank BRI ketika transaksi finansial khususnya transfer saldo juga transaksi tarik tunai untuk memberikan rasa aman bagi nasabah.

Fitur Baru Notifikasi SMS Transfer Saldo Bank BRI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra