Sabtu, 07 April 2018

Cara Transfer ke Mandiri Virtual Account Via Internet Banking

Cara Transfer ke Mandiri Virtual Account Via Internet Banking
Mandiri Virtual Account

Secara konvensional pengiriman uang paling mudah dibandingkan dengan metode transfer di kantor bank yaitu transfer menggunakan layanan digital baik mesin ATM juga e-banking Internet Banking. Cukup dengan memasukkan nomor rekening tujuan serta nominal saldo maka uang siap untuk dikirim.

Nomor rekening biasanya tersingkron dengan tabungan nasabah jadi untuk satu tabungan memiliki satu nomor rekening. Kini pihak perbankan telah berinovasi dengan menghadirkan nomor rekening virtual atau biasa disebut Virtual Account (VA) dan ini juga telah dimiliki oleh Bank Mandiri.

Virtual account memiliki keuntungan dari segi personal autentikasi contohnya pada sebuah instansi seperti kampus di mana ada banyak mahasiswa jika dibuatkan nomor rekening tabungan satu per satu tentu prosesnya akan sangat lama bahkan bisa dibilang ribet. Tetapi dengan adanya virtual account bisa lebih mudah tanpa perlu buka rekening tabungan setiap mahasiswa sudah bisa memiliki rekening masing-masih sebagai tujuan pembayaran. Jadi ketika melakukan pembayaran seperti uang semester setiap mahasiswa diberikan satu nomor rekening VA untuk ditransfer.

Atau bagi yang sering belanja online di beberapa website e-commerce sudah menerapkan virtual account sebagai metode pembayaran agar lebih mudah diverifikasi.

Baik, kali ini kita coba transfer saldo ke Mandiri virtual account via internet banking. Prosesnya sangat mudah silahkan ikuti langkah-langkah di bawah:

Pertama pastikan Anda telah terdaftar di layanan Mandiri Internet Banking jika belum bisa di kantor cabang Bank Mandiri terdekat minta bantuan customer service atau registrasi sendiri di mesin ATM Bank Mandiri. Lalu request alat transaksi Token PIN Mandiri atau Mobile PIN bagi pengguna smartphone agar bisa melakukan transaksi finansial.

Oke, lanjut ke langkah berikutnya silakan akses halaman web resmi Bank Mandiri di www.bankmandiri.co.id kemudian tekan tombol "Login" untuk menuju halaman Mandiri Internet Banking.

Silahkan login menggunakan User ID dan password Anda sehingga sampai pada halaman utama Mandiri Internet Banking.

Halaman Utama
Halaman Utama

Pada halaman utama perhatikan menu di sisi kiri di sana ada dan pilih "Bayar" kita akan ditampilkan formulir Multi Payment silakan pilih nomor rekening sumber dana pada bagian "Dari Rekening" kemudian pilih penyedia jasa, di sana ada banyak penyedia jasa silakan pilih sesuai dengan perusahaan atau instansi virtual account yang ingin ditransfer saldo.

v
Multi Payment

Lalu masukkan nomor rekening Mandiri virtual account pada kolom "Kode Bayar" jika ingin menyimpannya centang "Simpan di Daftar Pembayaran" kemudian isi detail pada bagian keterangan dan untuk proses berikutnya silahkan klik tombol "Lanjutkan"

Kemudian kita akan ditampilkan detail transaksi Multi Payment mulai dari rekening sumber dana, kode penyedia jasa, nama penyedia jasa, merchant, nama pembayar, kemudian nomor rekening Mandiri virtual account.

Detail Transaksi
Detail Transaksi

Untuk detail tagihan pastikan jumlah tagihan sudah benar kemudian centang pada mata uang "IDR" maka akan ditampilkan jumlah tagihan, kemudian biaya, serta jumlah pembayaran selanjutnya klik tombol "Lanjutkan"

Halaman berikutnya adalah detail secara keseluruhan, pastikan semua data tersebut valid kemudian langkah terakhir masukkan chellenge code respon APPLI 1 Token PIN Mandiri pada kolom "Konfirmasi (Metode APPLI 1)" dan akhiri dengan klik tombol "Kirim"

Konfirmasi
Konfirmasi

Tunggu beberapa saat proses transfer saldo ke rekening Mandiri virtual account diproses apabila berhasil kita akan ditampilkan halaman konfirmasi berisi keterangan "Transaksi Anda Telah Berhasil" beserta nomor transaksi atau nomor referensi. Halaman tersebut bisa dicetak atau disimpan ke media penyimpanan perangkat sebagai bukti transaksi.

Transaksi Berhasil
Transaksi Berhasil

Untuk memastikan Apakah saldo telah benar-benar berhasil di transfer ke Mandiri virtual account kita bisa cek mutasi rekening tabungan pada menu informasi rekening di Mandiri Internet Banking. Di sana akan muncul saldo terdebet sesuai dengan nominal pembayaran pada hari tersebut.

Baca juga: Cara Bayar Tagihan Kartu Pasca Bayar Via Mandiri Internet Banking

Jadi seperti itu langkah-langkah cara transfer ke Mandiri virtual account via internet banking Bank Mandiri.

Cara Transfer ke Mandiri Virtual Account Via Internet Banking Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra