Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sepak Bola Bukan Hanya Sekadar Olahraga

Sepak Bola Bukan Hanya Sekadar Olahraga - Sepak bola adalah olahraga paling populer di dunia termasuk Indonesia. Olahraga yang sampai saat ini masih diperdebatkan sejarah asal muasalnya dimana Brazil dan Inggris adalah dua negara yang sama-sama mengklaim bahwa di sanalah pertama kali sepak bola dimainkan, terlepas dari ”konflik” sejarah tersebut sekarang sepak bola telah berkembang pesat yang membuat banyak aspek telah mesuk ke dalamnya.

Sepak Bola Bukan Hanya Sekedar Olahraga

Sepak bola kini telah menjadi olahraga universal yang bisa dijadikan media dalam menyampaikan berbagai pesan termasuk pesan perdamaian dengan mengadakan pertandingan amal dan persahabatan antar negara juga kompetisi global seperti World Cup. Sepak bola juga adalah sebuah bisnis dimana investor para pencari ”dolar” menanamkan modalnya dengan harapan bisa mendapatkan income dari tiket penonton, peningkatan saham, penjualan merchandise, dan keuntungan finan sial seperti penjualan pemain termasuk popularitas tim.

Bahkan sepak bola juga menjadi tunggangan politik banyak politikus yang mencari popularitas dengan masuk ke dunia persepak bolaan. Awalnya sepak bola hanyalah sebuah permainan dimana para pemainnya sangat senang dan menikmati permainan tersebut namun kini sudah mulai bergeser, yang benar-benar menikmati pertandingan sepak bola adalah penonton yang menyaksikannya. Mereka bersorak, bergembira, sedih, sampai rela bentrok saling bunuh demi tim kesayangan, bahkan masyarakat di Inggris berani menyebut sepak bola seperti Agama kedua.

Fenomena inilah yang mulai merasuki Tim Nasional Sepak Bola Kita, kepentingan bisnis, politik, dan personalisasi memecah organisasi yang seharusnya menjadi pemersatu perbedaan. Sedih rasanya melihat para petinggi saling sikut demi sebuah hak namun mengabaikan kewajiban. Semoga krisis kepemimpinan ini segera berakhir demi kepentingan bersama. - Sepak Bola Bukan Hanya Sekadar Olahraga.

Baca juga artikel Miss Call, Layanan Customer Service Ala SmartFren.