Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Luas Paru Paru Secara Keseluruhan

Luas Paru Paru Secara Keseluruhan - Paru-paru merupakan salah satu organ vital, berfungsi sebagai organ pernafasan tempat pertukaran antara oksigen dengan karbon dioksida. Paru-paru terletak di atas diafragma berdekatan dengan jantung jatuh cinta. Secara utuh ukuran paru paru pda orang dewasa tidak lebih dari 50 cm², namun jika dilihat luas paru paru secara keseluruhan bisa membuat kita kaget karena ukurannya melebihi dari apa yang kita bayangkan.

Tubuh kita membutuhkan oksigen 2-3 liter/menit, dan paru paru harus selalu siap memasoknya secara terus menerus jika tidak tubuh akan mengalami hipoksia atau kekurangan oksigen dalam jaringan. Jelas tidak mungkin jika luas paru paru hanya 50 cm² bisa memenuhi 2-3 liter oksigen permenit belum termasuk cadangan bisa mencapai 6 liter/menit. Untuk memungkinkan hal itu paru-paru harus berukuran 70 meter² atau seukuran lapangan tenis terkejut. Jangan kaget, karena memang benar luas paru paru secara keseluruhan sekitar 70 meter² [seluas lapangan tenis].

Gambar
paru_paru, alveoli

Paru paru memiliki sekitar 300 juta alveoli, alveoli ini yang terhubung dengan pembuluh darah tempat bertukarnya oksigen dari paru paru dengan karbon dioksida dari darah. Pada seorang perokok alveoli ini yang sering mengalami kerusakan, karena jumlahnya banyak rusak satu tidak akan terasa dampaknya, dalam jangka waktu lama kerusakan akan meluas dan menimbulkan gejala - Luas Paru Paru Secara Keseluruhan.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Jenis-jenis Hernia dan Gejala Hernia.

Posting Komentar untuk "Luas Paru Paru Secara Keseluruhan"