Kamis, 11 Januari 2018

Cara Aktivasi & Request PIN Kartu Kredit CIMB Niaga

Cara Aktivasi & Request PIN Kartu Kredit CIMB Niaga
Kartu Kredit CIMB Niaga

Kepemilikan kartu kredit di zaman sekarang ini memang dirasa sangat penting bagi beberapa kalangan tapi tidak sedikit juga yang skeptis jangankan memiliki baru mendengar saja sudah ada penilaian negatif. Karena memang kebanyakan dari kita kalau sudah membahas yang namanya kredit atau hutang tentu itu bukanlah sesuatu yang baik.

Namun demikian kartu kredit sesungguhnya bukanlah kartu hutang tetapi alat pembayaran. Jangan sekali-sekali menggunakan kartu kredit untuk berhutang apalagi pembelian produk kredit dengan sistem cicilan yang dikenakan bunga ketika tagihan kartu kredit datang.

Besaran nominal bunga yang dibebankan memang menjadi salah satu faktor seseorang memilih kartu kredit, namun demikian ada faktor lainnya yang juga saya pribadi utamakan yaitu bebas biaya iuran tahunan atau kalau orang orang bilang free annual fee. Dan kebetulan inilah yang ditawarkan oleh bank CIMB Niaga di mana seluruh kartu kredit berlogo MasterCard yang mereka terbitkan diberikan gratis biaya administrasi iuran tahunan seumur hidup.

Baca juga: Pengangguran Tanpa NPWP Bisa Punya Kartu Kredit

Setelah melalui proses pengajuan aplikasi kartu kredit hingga akhirnya di approve kartu saya terima dan sekarang saatnya berlakukan aktivasi kartu kredit CIMB Niaga sekaligus request PIN untuk transaksi. Berikut ini cara aktivasi dan request minta PIN kartu kredit CIMB Niaga.

Metode yang bisa digunakan adalah dengan menghubungi layanan call center CIMB Niaga atau melalui SMS dengan format dibawah ini:

Kirim SMS ke 1418
AKT(spasi)TCOK(spasi)4 digit terakhir kartu kredit(spasi)tanggal lahir DDMMYYYY

Contoh: AKT TCOK 1234 23041980

Sesaat kemudian kita akan menerima SMS konfirmasi. Sebelumnya pastikan nomor telepon yang digunakan adalah nomor terdaftar di kartu kredit CIMB Niaga juga memiliki cukup pulsa setidaknya Rp5.000. Dibawah ini contoh SMS notifikasi yang saya terima.

SMA Aktivasi
SMA Aktivasi


Selanjutnya adalah meminta atau request PIN kartu kredit CIMB Niaga. Caranya hampir sama kita kirim SMS ke 1418.

PIN(spasi)4 digit terakhir kartu kredit(spasi)tanggal lahir DDMMYYYY

Contoh: PIN 1234 23041980

Kode PIN akan diterima melalui SMS silakan disimpan dan nasabah wajib ganti PIN tersebut di mesin ATM CIMB Niaga paling lambat 14 Hari setelah SMS diterima. Berikut detail SMS kode PIN kartu kredit CIMB Niaga.

SMS Request PIN
SMS Request PIN
Sekadar informasi tambahan sebelum melakukan aktivasi dan request PIN kartu kredit CIMB Niaga Saya sempat menghubungi customer service bagian kartu kredit untuk menanyakan beberapa hal. Dijelaskan ada kebijakan baru terkait penggunaan kartu kredit CIMB Niaga tidak bisa digunakan untuk transaksi belanja maupun pembayaran online sebelum usia kartu minimal 3 bulan. Jadi ini cukup menyulitkan bagi saya yang tinggal di desa karena jarang sekali ada mesin EDC untuk transaksi offline di toko atau merchant.

Padahal awalnya mengajukan kartu kredit tujuannya untuk memudahkan proses pembayaran ketika transaksi online di mana beberapa website khususnya di luar negeri mewajibkan customer menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran. Saya sempat coba menggunakan VCN Bank BNI dan CIMB tetapi gagal.

Cara Aktivasi & Request PIN Kartu Kredit CIMB Niaga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra