Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Selasa, 14 Februari 2017

Kartu Badung Sehat Vs Kartu Indonesia Sehat

Kartu Badung Sehat Vs Kartu Indonesia Sehat - Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa pemerintah Kabupaten Badung Provinsi Bali meluncurkan program jaminan kesehatan berupa asuransi gratis yang diberi nama Kartu Badung Sehat atau biasa disingkat KBS - KIS.

Kartu Badung Sehat bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan dan fasilitas medis di seluruh pusat pelayanan kesehatan di Kabupaten Badung yang berpusat di Rumah Sakit Umum Mangusada di Desa Kapal Kecamatan Mengwi.

Kartu Badung Sehat Vs Kartu Indonesia Sehat
Kartu Badung Sehat Vs Kartu Indonesia Sehat

Peserta yang memegang Kartu Badung Sehat mendapatkan pelayanan kesehatan fasilitas kelas 3 dan biayanya sepenuhnya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Badung. [Baca juga: Perkiraan Anggaran Dana Untuk Kartu Badung Sehat]

Tetapi kemudian tidak sedikit masyarakat bertanya setelah peluncuran Kartu Badung Sehat atau KBS pemerintah juga membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) termasuk bagi masyarakat Kabupaten Badung.

Mana dari kedua kartu ini yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan lebih baik?

Sebenarnya kedua kartu ini adalah sama khususnya bagi masyarakat yang sebelumnya tidak terdaftar di BPJS Kesehatan. Bagi masyarakat Badung yang telah menerima Kartu Badung Sehat juga Kartu Indonesia Sehat coba perhatikan pada bagian nomor kartu di sana akan tertera nomor registrasi yang sama.

Kartu Badung Sehat Vs Kartu Indonesia Sehat
Nomor Kartu Sama

Begitu juga ketika di gunakan untuk registrasi di aplikasi BPJS Kesehatan di smartphone keanggotaan atau peserta juga akan berada dalam satu data.

Lalu saat berobat mana yang harus dibawa?

Ketika ingin mendapatkan pelayanan medis seperti berobat di Puskesmas atau ke dokter umum yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan kedua kartu ini memiliki kekuatan yang sama begitu juga dengan kelas layanan yang nantinya akan didapat. Tetapi jika pasien membutuhkan fasilitas dan layanan medis di luar wilayah Kabupaten Badung sebaiknya membawa Kartu Indonesia Sehat karena kemungkinan petugas nanti kebingungan jika diberi Kartu Badung Sehat.

Perlu diingat setiap peserta Kartu Badung Sehat maupun Kartu Indonesia Sehat yang tergabung dalam BPJS Kesehatan masing-masing memiliki tenaga medis dokter umum dan dokter gigi.

Inilah yang kadang banyak dipertanyakan oleh masyarakat ada dokter praktek umum maupun spesialis dengan papan bertuliskan "Menerima BPJS Kesehatan" namun ketika pasien menunjukkan kartu KBS maupun kartu KIS ditolak dengan alasan tidak terdaftar.

Kartu Badung Sehat Vs Kartu Indonesia Sehat
Detail Peserta BPJS Kesehatan

Untuk mengetahui dokter umum dan dokter gigi masing-masing peserta pemegang Kartu Badung Sehat dan Kartu Indonesia Sehat bisa melalui aplikasi BPJS Kesehatan atau di kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Baca: Cara Registrasi BPJS Kesehatan Dengan Kartu Bandung Sehat

Bagaimana cara menggunakan Kartu Badung Sehat dan Kartu Indonesia Sehat?

Cara penggunaanya tetap sama dengan melalui prosedur pertama untuk kondisi tanpa keadaan darurat Silahkan datang ke dokter yang telah terdaftar sesuai nomer kartu yang telah disebut diatas atau ke Puskesmas terdekat. Jika dibutuhkan tindakan lebih lanjut maka Puskesmas akan memberikan rujukan ke Rumah Sakit Umum Mangusada. Selama mengikuti prosedur dan persyaratan pasien tidak akan dikenakan biaya berobat atau gratis sesuai dengan daftar obat dan layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan.

Untuk pasien yang membutuhkan tindakan medis darurat atau emergency bisa datang langsung ke bagian Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Manhusada tanpa membutuhkan rujukkan.

Jadi bagi masyarakat Kabupaten Badung yang menerima dua kartu yaitu Kartu Badung Sehat dan Kartu Indonesia Sehat tidak perlu khawatir terkait penggunaannya karena keduanya saling tersingkron. Hanya saja bagi masyarakat yang telah menjadi anggota BPJS Kesehatan di tempat bekerja bisa saja akan mendapatkan dua buah Kartu Indonesia Sehat satunya tersinkron dengan kartu KBS dan satunya lagi berdiri sendiri sesuai dengan yang didaftarkan oleh perusahaan tempat bekerja.

Kartu Badung Sehat Vs Kartu Indonesia Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra