Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Selasa, 17 Januari 2017

Perkiraan Anggaran Dana Untuk Kartu Badung Sehat

Perkiraan Anggaran Dana Untuk Kartu Badung Sehat - Seperti yang telah kita bahas sebelumnya terkait pembagian secara resmi Kartu Badung Sehat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Badung yang telah melakukan pendataan sebelumnya. Sekarang kartu ini sudah bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan medis seperti berobat maupun rawat inap dan rawat jalan di layanan kesehatan milik Pemda Badung.

Program kartu KBS ini diluncurkan oleh pemerintah Kabupaten Badung dalam rangka memberikan jaminan sosial berupa asuransi kesehatan gratis dengan menanggung seluruh biaya.

Perkiraan Anggaran Dana Untuk Kartu Badung Sehat
Perkiraan Anggaran Dana Untuk Kartu Badung Sehat

Kartu Badung Sehat merupakan kerjasama pemerintah Pemda Badung dengan Pemerintah Pusat yang telah memiliki Kartu Indonesia Sehat. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa pemegang kartu KBS-KIS nantinya mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan kelas 3, Jika dilihat dari daftar iuran JKN untuk kelas 3 adalah sebesar Rp25.500 di mana biaya ini ditanggung sepenuhnya oleh Pemda Badung. [Baca: Fasilitas Kelas 3 Untuk Pengguna Kartu Bandung Sehat]

Dari sini muncul pertanyaan "Kira-kira berapa perkiraan anggaran dana untuk Kartu Badung Sehat yang telah dikeluarkan oleh Pemda Badung?"

Berikut saya coba mengkalkulasi secara personal menggunakan patokan populasi jumlah penduduk Kabupaten Badung Provinsi Bali pada tahun 2014-2015 yang mencapai angka sekitar 590.000 jiwa.

Kita tinggal kalikan Rp25.500 dengan 590.000 jumlah penduduk kabupaten Badung sehingga didapatkan angka Rp15.045.000.000.

Jadi perkiraan anggaran untuk memberikan jaminan kesehatan gratis berupa kartu KBS oleh Pemda Banung mengeluarkan dana kurang lebih 15 miliar rupiah setiap bulannya. Perhitungan ini baru mencakup biaya iuran bulanan belum termasuk biaya operasional lainnya tentu angkanya akan lebih besar lagi.

Dengan perkiraan anggaran dana sebesar itu untuk program Kartu Bandung Sehat setiap bulannya tentu bukanlah angka yang besar bagi Kabupaten Badung yang memiliki pendapatan perkapita dan APBD masuk 10 besar di Indonesia.

Sebagai masyarakat Kabupaten Badung Provinsi Bali kita patut mengapresiasi dan bersyukur bisa mendapatkan jaminan kesehatan gratis meskipun hanya fasilitas kelas 3. Dan tentu semua dari kita berharap semoga kartu KBS ini bisa digunakan untuk berobat di rumah sakit lainnya selain fasilitas di Kabupaten Badung termasuk rumah sakit swasta yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dimana kartu KBS ini juga tersinkronisasi di dalamnya.

Perkiraan Anggaran Dana Untuk Kartu Badung Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra