Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Rabu, 18 Januari 2017

Review Hasil Uji Coba Investasi Peer to Peer Lending

Review Hasil Uji Coba Investasi Peer to Peer Lending - Beberapa waktu yang lalu saya sudah memposting terkait mencari pengalaman penanaman modal investasi peer to peer "Coba Cari Pengalaman Investasi di Peer to Peer Fintech" yang saat ini sedang ngetren di kalangan masyarakat seiring meningkatnya jumlah pengguna internet khususnya di Indonesia.

Peer to Peer Lending adalah salah satu aktivitas investasi peminta modal dan pemberi dana secara online yang memiliki sistem keamanan seleksi calon peminjam sangat ketat.

Review Hasil Uji Coba Investasi Peer to Peer Lending
Review Hasil Uji Coba Investasi Peer to Peer Lending

Seperti yang sudah diposting sebelumnya karena ini masih tahap pembelajaran dengan kata lain mencari pengalaman jadi tidak banyak modal yang saya tempatkan untuk disalurkan ke peminjam. Peminjam pun saya seleksi hanya memilih yang termasuk katagori aman sesuai dengan peringkat yang diberikan oleh perusahaan penyedia layanan Peer to Peer Lending.

Di bawah ini adalah hasil pembiayaan yang telah saya lakukan dimana peminjam mengembalikan dana pokok setiap minggu dengan waktu tenor 1 tahun atau 50 minggu beserta biaya imbal hasil. Syukurlah selama satu bulan pertama atau empat kali angsuran kredit berjalan lancar baik dana pokok juga imbal hasil dibayar tepat waktu oleh peminjam.

Review Hasil Uji Coba Investasi Peer to Peer Lending
Pembayaran Kredit Lancar

Dari gambar diatas terlihat bunga imbal hasil yang saya terima adalah 19% per tahun atau 1,58% setiap bulannya. Sebenarnya imbal hasil yang harusnya diterima adalah 24% per tahun atau 2% per bulan tetapi dipotong biaya administrasi atau fee untuk perusahaan penyedia Peer to Peer Lending.

Dan di bawah ini adalah dana yang saya tempatkan di plaform lainnya yang juga merupakan investasi Peer to Peer Lending. Hanya saja bedanya di tempat ini peminjam mengembalikan dana 1 bulan sekali dengan perincian bunga sebesar 16% perbulan dipotong biaya administrasi atau fee untuk perusahaan.

Review Hasil Uji Coba Investasi Peer to Peer Lending
Tenor 12 Bulan

Sedikit review dari uji coba ini saya melihat banyak peminjam yang mengajukan kredit baik sektor UMKM maupun perusahaan yang sudah berbentuk perseroan terbatas. Jumlahnya pun bisa mencapai ribuan peminjam setiap bulannya.

Dari sini bisa kita simpulkan aliran dana investasi cukup banyak pada bisnis Peer to Peer Lending. Hanya saja yang namanya investasi pasti memiliki risiko dalam penanaman modal dan ini patut dipahami bagi setiap individu sebelum memutuskan terjun ke dalamnya. Sebelumnya saya sudah mencari beberapa review terkait perusahaan Peer to Peer Lending tempat menanam modal syukurnya hampir 99,95% kredit lancar dan yang satunya berani memberi jaminan pengembalian modal apabila terjadi kredit macet khususnya untuk katagori peminjam risiko rendah.

Hanya saja beberapa waktu yang lalu sistem salah satu tempat Saya menaruh dana mengalami masalah dimana saldo yang seharusnya cukup untuk memberikan dana terbaca oleh sistem tidak mencukupi. Saya pun mengajukan tiket melaporkan masalah ini kemudian ditangani oleh customer service dan teknisi, sekarang sistemnya sudah kembali normal.

Meskipun sudah mendapatkan pengembalian dana pokok serta imbal hasil sebagai bunga kredit saya belum melakukan penarikan dana. Karena bunga pokok dan imbal hasil yang sudah diterima saya salurkan kembali kepada peminjam lainnya.

Jadi itulah sedikit review hasil uji coba investasi di Peer to Peer Lending semoga pengalaman ini bermanfaat bagi Anda yang ingin dan berminat terjun di bisnis ini.

Review Hasil Uji Coba Investasi Peer to Peer Lending Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra