Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 02 September 2015

Cara Mencegah Penyakit Mata Plus dan Minus

Cara Mencegah Penyakit Mata Plus dan Minus - Mungkin tidak terlalu disadari bahwasanya setiap bagian tubuh yang terletak di bagian kepala merupakan organ vital salah satunya adalah mata. Kita tidak bisa mengelak seberapa besar fungsi dari mata dalam kehidupan karena dia merupakan jendela dunia. Namun apabila tidak mendapatkan perhatian khususnya dari segi kesehatan maka besar potensi organ mata mengalami gangguan penglihatan.

Masalah kesehatan umum yang sering terjadi pada bagian mata adalah penurunan visus atau penurunan tajam penglihatan. 2 penurunan tajam penglihatan populer adalah penyakit mata minus penyakit mata plus.

Cara Mencegah Penyakit Mata Plus dan Minus
Cara Mencegah Penyakit Mata Plus dan Minus

Sebagai informasi tambahan penyakit mata minus adalah gangguan penglihatan dimana seseorang tidak mampu melihat dengan jelas objek atau benda yang jaraknya cukup atau sangat jauh. Sedangkan penyakit mata plus adalah gangguan penglihatan dimana seseorang tidak mampu melihat benda atau objek dengan jelas dari jarak dekat.

Secara umum ada beberapa tips mencegah penyakit mata plus dan minus yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini cara mencegah penyakit mata plus dan minus.

Latihan fokus mata
Penyakit mata plus dan minus biasanya terjadi karena seseorang terlalu sering melihat atau benda dari jarak terlalu dekat atau jauh dalam rentang waktu yang cukup lama. Jadi untuk mengurangi potensi terjadinya gangguan tajam penglihatan mata lakukan latihan fokus mata.

Caranya dengan bergantian melihat benda atau objek dari jarak dekat dan jauh. Contohnya ketika menggunakan komputer, 30 menit menatap layar monitor komputer maupun laptop segera alihkan pandangan benda yang berjarak jauh sekitar 30 detik. Ini bertujuan untuk melatih fokus mata dari benda yang berjarak dekat ke objek yang berjarak jauh.

Cukup sinar
Seringkali kita mengabaikan adanya pencahayaan yang memadai baik saat membaca buku menonton TV. Mata kita bisa melihat karena benda atau objek terpapar oleh sinar apabila tidak tentu saja tidak akan terlihat alias gelap. Apabila situasi itu terjadi terlalu lama maka akan meningkatkan beban kerja dari otot lensa mata yang disebut dengan otot siliaris. Lambat laun otot ini bisa mengalami penurunan fungsi sehingga lensa tidak bisa mengembang dengan baik maka potensi yang bisa terjadi adalah penurunan ketajaman penglihatan mata bisa mata plus atau minus.

Jadi ini merupakan salah satu cara untuk mencegah penyakit mata plus dan minus yaitu membaca, menulis maupun melihat benda di tempat yang memiliki cukup cahaya. Terlalu banyak cahaya atau sebaliknya bisa merusak tajam penglihatan mata.

Posisi membaca
Membaca buku koran maupun tulisan ataupun gambar sebaiknya Jangan dilakukan dalam posisi tidur. Karena hal tersebut bisa membebani mata lebih berat khususnya area lensa dan otot siliaris sehingga jika terjadi dalam rentang waktu lama bisa mengurangi kemampuan lensa mata dalam mengatur sinar dari objek atau benda agar tepat jatuh di retina. Apabila China tersebut tidak tepat jatuh pada retina maka yang terjadi adalah penyakit mata plus dan minus.

Gizi dan nutrisi
Organ mata merupakan salah satu organ yang cukup unik dimana separuh dari bagian belakang mata membutuhkan asupan atau suplai oksigen melalui pembuluh darah sedangkan sebagian kecil di bagian depan tidak memiliki pembuluh darah salah satunya adalah kornea. Jadi penting sekali untuk menjaga nutrisi bagi mata pertama melalui makanan dengan mengkonsumsi lebih banyak vitamin A yang secara ilmiah mampu membantu meningkatkan kinerja retina mata.

Begitu juga dengan kebutuhan oksigen pada kornea bagi Anda yang hobi menggunakan lensa kontak hanya untuk kegiatan fashion sebaiknya dikurangi karena bisa mengurangi paparan oksigen pada area kornea. Ini juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit mata plus atau minus.

Rutin cek kesehatan
Seperti halnya dengan organ pencernaan khususnya gigi dan mulut yang dianjurkan untuk rutin dicek 6 bulan sekali begitu juga dengan kesehatan mata. Meskipun tidak ada gangguan penglihatan Hal ini penting dilakukan sebagai pencegahan.

Apalagi saat ini gangguan kesehatan mata bisa terjadi karena banyak faktor contohnya penyakit diabetes melitus di mana adanya penumpukan kadar gula dalam darah dan hal tersebut bisa berdampak pada lensa mata bening berubah menjadi keruh sehingga pandangan mata menjadi kabur. [Baca juga: 6 Gejala Mata Mengalami Infeksi]

Jadi itulah beberapa cara mencegah penyakit mata plus dan minus untuk menghindari masalah kesehatan pada mata.

Cara Mencegah Penyakit Mata Plus dan Minus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra