Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan - Lebih populer digunakan sebagai bumbu masakan dapur ternyata bawang putih juga memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh. Bahkan pemakaian bawang putih sebagai ramuan obat telah diterapkan Sejak jaman dahulu kala. Baik dikonsumsi secara langsung maupun diolah dikombinasikan dengan bahan bahan lainnya.

Berikut ini 5 manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh.

5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan
5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Mengatasi jerawat
Dengan memanfaatkan bawang putih Risa murakami gejala jerawat. Cara kerjanya bisa mengurangi inflamasi pada jaringan kulit karena di dalam bawang merah terkandung zat antibiotik. Namun demikian bawang merah hanya bisa membantu mengurangi gejala jerawat tidak mengobati secara penuh.

Kesehatan kardiovaskuler
Masalah kesehatan yang sering terjadi pada kardiovaskuler atau organ dan jaringan jantung adalah penimbunan lemak berlebihan yang biasanya didominasi oleh lemak kolesterol jahat. Disinilah peranan bawang merah karena bermanfaat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Menurunkan resiko kanker
Penyakit kanker adalah gangguan kesehatan di mana pertumbuhan sel di dalam tubuh tidak terkontrol sehingga ukurannya terus bertambah besar. Salah satu manfaat bawang putih adalah menurunkan potensi terjadinya penyakit kanker, dimana dia menghambat cikal bakal dari sel kanker itu sendiri.

Mencegah sariawan
Selain mengandung zat antibiotik bawang putih juga memiliki kandungan vitamin C. Seperti yang kita ketahui vitamin C membantu menjaga kesehatan saluran pernafasan termasuk mukosa di jaringan rongga mulut sehingga mampu mencegah munculnya sariawan.

Solusi bagi diabetes melitus
Beberapa penelitian menunjukkan hasil bahwa pemberian bawang putih pada penderita diabetes melitus mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Tentu saja ini akan membantu kinerja dari insulin yang acapkali mengalami penurunan produksi ketika seseorang terserang penyakit diabetes melitus. [Baca juga: Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Jantung]

Walaupun aroma bawang putih tidak terlalu disukai Namun ternyata dia memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.