Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Selasa, 23 September 2014

6 Gejala Mata Mengalami Infeksi

6 Gejala Mata Mengalami Infeksi - Hampir semua organ yang terdapat di bagian kepala merupakan organ yang cukup vital bagi tubuh termasuk penglihatan yaitu mata. Mata sendiri merupakan sensor yang berfungsi sebagai penangkap sebuah objek atau cahaya yang nantinya akan diteruskan ke bagian otak oleh saraf optikus, kemudian dipersepsikan oleh otak menjadilah bayangan atau wujud sebuah benda. Ketika organ mata mengalami gangguan seperti peradangan atau infeksi tentu hal tersebut akan mengganggu sistem kerja dari mata itu sendiri.

6 Gejala Mata Mengalami Infeksi
6 Gejala Mata Mengalami Infeksi

Seringkali seseorang mengabaikan tanda dan gejala awal infeksi pada mata sehingga membuatnya bisa berkembang menjadi lebih parah tentu saja akan menyebabkan proses penanganan dan tingkat kesembuhan menjadi lebih sulit.

Berikut 6 tanda gejala infeksi secara umum pada mata

Terasa gatal
Pada area mata khususnya kelopak mata akan mulai terasa gatal dan di barengi dengan warna kemerahan juga rasa nyeri. Ini terkait dengan proses immunologi tubuh terhadap terjadinya serangan dari antigen yang berasal dari luar.

Air mata berlebihan
Pada saat proses inflamasi bakteri di area mata secara otomatis organ mata akan memproduksi lebih banyak air dengan maksud "mengusir" antigen penyebab infeksi keluar dari mata. Ini juga terkait dengan peningkatan aktivitas jaringan di area mata saat terjadi infeksi.

Terjadi pembengkakan
Tanda gejala infeksi pada mata yang lain adalah area mata akan mulai mengalami pembengkakan ketika proses infeksi terjadi karena sistem daya tahan tubuh secara autoimun meningkatkan aliran darah ke bagian mata yang mengalami infeksi. Tujuannya adalah memerangi bakteri atau kuman atau bahkan virus yang menyebabkan infeksi sehingga bisa lebih cepat untuk dimusnahkan.

Penurunan visus
Visus mata sendiri merupakan tajam penglihatan seseorang. Di saat mata mengalami inflamasi atau peradangan secara langsung akan mempengaruhi tingkat tajam penglihatan yang mengalami penurunan.

Takut cahaya
Istilah ini biasa juga disebut dengan photophobia dimana mata akan terasa perih apabila mendapat paparan cahaya dengan intensitas sedang atau tinggi. Untuk mengatasi situasi ini sebaiknya gunakan kacamata berwarna gelap atau hindari mata dari paparan sinar matahari secara langsung.

Gangguan pendengaran
Pada beberapa kasus infeksi pada mata terkadang muncul tanda dan gejala berupa gangguan pendengaran dimana telinga terasa mendengung. Ini bisa terjadi karena ada sebuah saluran antara mata - hidung - telinga jika satu bagian mengalami masalah maka berpotensi memberi efek yang sama pada area yang lain.

Itulah 6 gejala mata mengalami infeksi. Tips Agar Terhindar Dari Penyakit Mata Katarak

6 Gejala Mata Mengalami Infeksi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra