Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 29 Agustus 2015

Gejala Awal Diabetes Yang Jarang Diketahui

Gejala Awal Diabetes Yang Jarang Diketahui - Dalam bahasa Indonesia Penyakit ini populer dengan sebutan penyakit kencing manis atau kencing gula. Merupakan penyakit metabolik dimana terjadi gangguan kesehatan pada metabolisme glukosa. Sebenarnya glukosa dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi dimana 1 gram glukosa menghasilkan 4 kilo kalorinya. Glukosa di dalam tubuh biasanya hasil olahan dari beberapa sumber makanan seperti karbohidrat.

Pada penderita penyakit diabetes melitus yang biasanya juga disingkat dengan penyakit DM terjadi penimbunan kadar gula di dalam darah yang angkanya bisa melebihi 200 mg/dl.

Gejala Awal Diabetes Yang Jarang Diketahui
Gatal-gatal Gejala Awal Diabetes Yang Jarang Diketahui

Sebenarnya penyakit diabetes melitus menunjukkan gejala gejala awal yang terkadang tidak terlalu diperhatikan sehingga akhirnya terlambat mendapatkan penanganan.

Berikut ini gejala awal diabetes yang jarang diketahui.

Perubahan dermatologis
Dermatology artinya bagian kulit dari tubuh. Pada kasus diabetes melitus perubahan tekstur kulit yang menjadi sedikit lebih kasar dan juga adanya perubahan warna pada kuku menjadi sedikit kehitaman.

Kulit bagian wajah juga cenderung terlihat lebih pucat menurunnya pasokan kalori. Menurunnya kadar insulin di dalam darah khususnya diabetes Tipe 1 juga bisa menyebabkan timbulnya bercak bercak hitam pada kulit.

Penurunan visus mata
Organ penglihatan menjadi salah satu organ yang terkena efek buruk meningkatnya kadar gula di dalam darah. Ini karena pembuluh darah di dalam organ mata ukurannya relatif kecil. Selain itu di antara lensa mata terdapat cairan bening yang apabila terpapar banyak glukosa menjadi lebih keruh sehingga visus atau tajam penglihatan turun.

Muncul rasa gatal
Pada kasus diabetes melitus kadar gula darah tinggi juga berpotensi terjadinya metabolisme ketoasidosis. Dimana terjadi penumpukan zat keton ujung ujungnya bisa membuat organ kulit menjadi terasa gatal.

Bau mulut kurang sedap
Selain bisa menyebabkan rasa gatal pada permukaan kulit zat keton juga bisa menimbulkan bau mulut yang kurang sedap. Ini merupakan salah satu gejala awal penyakit diabetes melitus.

Diabetes melitus saat ini merupakan penyakit dengan tingkat kematian tertinggi kedua di dunia setelah penyakit jantung koroner. Jadi penting sekali bagi kita untuk lebih waspada agar terhindar dari penyakit DM. [Baca juga: Penyebab Penderita Diabetes Bisa Lemas dan Pingsan Mendadak]

Itulah beberapa gejala awal diabetes melitus yang jarang diketahui.

Gejala Awal Diabetes Yang Jarang Diketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra