Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 11 April 2015

Penyebab Penyakit Konstipasi Atau Sembelit

Penyebab Penyakit Konstipasi Atau Sembelit - Konstipasi yang juga biasa disebut sembelit merupakan masalah kesehatan yang terjadi di dalam saluran pencernaan. Pada kondisi normal seseorang akan mengalami defekasi atau buang air besar melalui rektum atau anus dengan proses lancar rata rata 1 kali sehari. Namun pada penderita penyakit konstipasi atau sembelit menjadi lebih keras sehingga menghambat proses pembuangan kotoran atau feces.

Penyebab Penyakit Konstipasi Atau Sembelit
Penyebab Penyakit Konstipasi Atau Sembelit

Penyakit konstipasi atau sembelit bisa terjadi pada semua usia dan populasinya cukup banyak pada wanita. Selain menimbulkan rasa kurang nyaman pada saluran pencernaan juga mengakibatkan masalah gizi dan nutrisi dimana proses mencerna tidak berlangsung dengan optimal.

Ada beberapa faktor atau etiologi penyebab penyakit konstipasi sembelit diantaranya:

Pola buang air besar
pola defekasi atau buang air besar BAB yang kurang teratur entah karena kesibukan atau alasan lainnya beberapa orang terpaksa menahan keinginan untuk buang air besar tanpa disadari ini sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan terjadinya konstipasi sulit BAB. Feses atau kotoran yang lama tertahan di dalam usus akan mudah mengeras sehingga semakin sulit dikeluarkan.

Faktor makanan minuman
Kurangnya konsumsi serat juga berpotensi menjadi penyebab penyakit konstipasi sembelit. Serat yang ada di dalam makanan juga minuman sangat bermanfaat untuk membantu proses kerja dari saluran pencernaan dimana dia berperan aktif dalam proses reabsorbsi cairan di dalam usus besar. Selain rendahnya konsumsi serat terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan hewani seperti daging juga susu akan meningkatkan potensi terserang penyakit konstipasi.

Aktivitas fisik
Kurangnya aktivitas fisik pada seseorang seperti terlalu banyak duduk atau bedrest total berkepanjangan contohnya pasien yang tidak bisa bergerak di rumah sakit sangat rentan mengalami konstipasi. Pada orang dengan keadaan seperti ini biasanya membutuhkan bantuan untuk bisa melancarkan proses buang air besar atau defekasi yaitu pemberian obat-obatan juga huknah untuk meningkatkan peristaltik usus sekaligus mengencerkan kotoran.

Penggunaan obat-obatan
Penyebab penyakit konstipasi atau sembelit juga bisa karena faktor konsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang lama salah satu contohnya adalah jenis obat penenang dan zat besi dengan dosis tinggi.

Usia
Faktor usia juga bisa menjadi penyebab penyakit konstipasi sembelit dimana kecenderungan seseorang dengan lanjut usia lebih berisiko mengalami masalah saluran pencernaan khususnya buang air besar. Karena memang di usia lanjut aktivitas seseorang jelas akan mengalami penurunan juga menurunnya aktivitas kerja dari saluran pencernaan.

Dehidrasi
Selain bisa mengganggu konsentrasi dan daya tahan fisik kekurangan cairan tubuh atau terhidrasi bisa juga menjadi penyebab penyakit konstipasi sembelit karena proses absorpsi dan reabsorpsi cairan di dalam usus terganggu menjadikan kotoran atau feces lebih keras.

Masalah saluran pencernaan
Terjadinya penyakit yang langsung mengenai saluran pencernaan seperti gangguan pada hepar atau liver bahkan penyakit tumor usus juga bisa menjadi penyebab penyakit konstipasi sembelit.

Itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit konstipasi atau sembelit sehingga menjadikan kita lebih memahami bagaimana penyakit ini bisa terjadi dan menjadikannya acuan untuk bisa menghindarinya.

Penyebab Penyakit Konstipasi Atau Sembelit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra