Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Selasa, 07 April 2015

Bagaimana Minum Kopi Bisa Memicu Hipertensi

Bagaimana Minum Kopi Bisa Memicu Hipertensi - Bangun di pagi hari dan langsung disuguhi minuman kopi hangat begitu diserubut pastilah nikmat terasa. Sudah berabad-abad kopi menemani masyarakat khususnya di Indonesia menemani dalam berbagai aspek kehidupan, menjadikan kopi sebagai minuman paling populer bahkan setiap kedai penjual makan selalu menyediakan hidangan kopi sebagai minuman pelengkap.

Bagaimana Minum Kopi Bisa Memicu Hipertensi
Bagaimana Minum Kopi Bisa Memicu Hipertensi

Secara ilmiah kandungan yang ada di dalam kopi memang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Namun perlu juga untuk diperhatikan bahwa konsumsi minuman kopi secara berlebihan yang biasa disebut "kecanduan" juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Seperti yang banyak orang ketahui dengan minum kopi mampu menjadikan tubuh tetap terjaga, ini yang membuat kopi sering diminum di malam hari. Proses kerjanya adalah zat kafein yang terkandung di dalam biji kopi meningkatkan kerja dari sistem saraf otak.

Selain kinerja pada area saraf otak meningkat kafein juga memacu irama jantung. Detak jantung menjadi lebih kencang sehingga mampu dengan optimal memompa darah ke seluruh tubuh lebih khususnya ke bagian otak. Menjadikan suplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh juga optimal.

Masalah yang muncul pada situasi tersebut adalah meningkatnya beban kerja jantung. Daya pompa jantung terus meningkat yang berujung pada peningkatan tekanan darah dalam bahasa medis disebut dengan hipertensi. Pada orang dewasa normal tekanan darah berkisar antara 120/90 mmHg, sedangkan yang mengalami masalah penyakit hipertensi bisa mencapai di atas 150/110 mmHg.


Memang secara umum penyakit hipertensi bisa disebabkan oleh banyak faktor mulai dari faktor internal yang tidak bisa diubah seperti jenis kelamin dimana kaum pria di usia 50 ke bawah lebih rentan mengalami hipertensi, begitu juga ada individu yang secara genetik memiliki "bakat" mengalami penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun minum kopi sebagai faktor eksternal yang bisa diubah juga menjadi faktor penting menimbulkan masalah hipertensi.

Untuk mencegah penyakit hipertensi bagi Anda yang hobi minum kopi mulai saat ini sebaiknya mengurangi konsumsi kopi dan lebih sering minum air putih. Secara rutin melakukan check up tekanan darah juga sangat dianjurkan untuk mendeteksi lebih dini apakah terjadi gejala hipertensi.

Penyakit hipertensi yang terjadi terlalu lama bisa menyebabkan masalah kesehatan pada bagian tubuh lainnya seperti penyakit stroke. Inilah yang perlu kita waspadai.

Itulah bagaimana minum kopi bisa memicu hipertensi apabila dikonsumsi berlebihan.

Bagaimana Minum Kopi Bisa Memicu Hipertensi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra