Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Minggu, 11 Januari 2015

Cara Mengetahui Gejala Awal Penyakit Stroke

Cara Mengetahui Gejala Awal Penyakit Stroke - Popularitas penyakit tidak menular semakin meningkat salah satunya penyakit stroke. Penyakit stroke sendiri adalah gangguan yang terjadi pada pembuluh darah otak bisa berupa sumbatan maupun pecahnya pembuluh darah. Pada beberapa kasus penyakit stroke tidak saja menyebabkan gangguan sarap maupun mobilitas seseorang namun juga bisa berdampak buruk hingga menyebabkan kematian.

Cara Mengetahui Gejala Awal Penyakit Stroke
Hipertensi salah satu penyebab penyakit stroke

Salah satu faktor yang menyebabkan penderita penyakit stroke menjadi sulit untuk ditangani adalah keterlambatan terdeteksinya penyakit stroke itu sendiri, atau faktor individu dimana seseorang tidak terlalu peduli dengan status kesehatan jarang melakukan check up seperti halnya tekanan darah yang sebaiknya rutin dilakukan satu kali dalam sebulan.

Untuk bisa mengetahui gejala awal terjadinya penyakit stroke bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana. Berikut beberapa cara mengetahui gejala awal penyakit stroke.

Pusing

Cara Mengetahui Gejala Awal Penyakit Stroke Pusing
Ilustrasi pusing gejala awal penyakit stroke

Salah satu gejala awal yang umum dialami penderita penyakit stroke adalah pusing. Dimana organ otak mengalami penurunan asupan ksigen juga nutrisi ditambah terjadinya kerusakan jaringsn pembuluh darah otak mengakibatkan saraf tidak mampu bekerja dengan baik. Pusing terjadi tidak hanya sekali dua kali namun sangat sering.

Melihat senyuman

Cara Mengetahui Gejala Awal Penyakit Stroke Senyum
Ilustrasi bibir asimetris/tidak seimbang gejala penyakit stroke

Mintalah untuk tersenyum perhatikan garis bibir dan titik ujung kiri juga kanan pada bibir apakah simetris atau tidak. Apabila garis dan titik tersebut asimetris atau terlihat miring itu bisa dicurigai sebagai gejala awal dari penyakit stroke.

Gaya berjalan

Cara Mengetahui Gejala Awal Penyakit Stroke Berjalan
Ilustrasi berjalan

Pada seseorang yang telah mengalami gangguan vaskulerisasi jaringan saraf atau stroke kontrol keseimbangan badan dan mobilitas saat berjalan juga akan terganggu. Tanda-tandanya bisa berupa kesulitan menggerakkan ekstremitas baik tangan maupun kaki atau kehilangan keseimbangan saat berjalan.

Gejala tersebut bisa juga terjadi pada awal seseorang terserang penyakit stroke.

Bicara

Untuk mengetahui seseorang yang sudah memiliki gejala awal penyakit stroke bisa juga dilihat dari bagaimana dia bicara. Pergerakan lidah saat mengucapkan satu kata bisa menjadi sangat sulit atau terdengar tidak jelas, begitu juga dengan pergerakan bibir saat bicara terlihat kaku.

Apabila Anda menemukan gejala awal penyakit stroke seperti diatas pada salah satu kerabat maupun keluarga sebaiknya sesegera mungkin melakukan check up untuk memastikan kondisi kesehatan khususnya sistem sirkulasi darah pada otak.

Penyakit stroke menjadi salah satu dari 3 besar penyakit dengan tingkat kematian tertinggi bersama dengan penyakit jantung juga penyakit kencing manis atau yang biasa disebut dengan diabetes melitus.

Untuk itu sangat penting bagi kita sudut melakukan check up kesehatan agar bisa logo sticker status kesehatan, sekaligus sebagai pencegahan juga deteksi dini gejala awal penyakit stroke termasuk penyakit lainnya.

Cara Mengetahui Gejala Awal Penyakit Stroke Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra